Sukses


Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Olahraga

Bola.com, Jakarta - Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga banyak dicari. Pasalnya, tak bisa dimungkiri, banyak orang ingin memiliki berat badan ideal, tetapi tak mau berusaha keras, termasuk rutin berolahraga.

Tidak semua orang senang dan bisa berolahraga, itulah mengapa cara menurunkan berat badan secara alami banyak dicari.

Meski begitu, Anda tetap harus aktif bergerak mengingat ada 'aktivitas pengganti olahraga' yang tetap harus Anda lakukan jika ingin punya berat badan ideal.

Ada beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, yang bisa Anda lakukan. Hanya, itu semua tidak serta merta menjadikan berat badan turun. Anda harus konsisten dan disiplin dalam melakukannya, juga dibarengi pola hidup sehat lainnya.

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, di antaranya mengurangi keinginan makan dengan menggunakan peppermint.

Dilansir dari Dailysmash, sebuah penelitian yang diterbitkan baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang mencium aroma peppermint setiap dua jam dapat menurunkan setidaknya 2,2 kg setiap bulan.

Nah, berikut beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, dikutip dari Dailysmash, Rabu (5/10/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Olahraga

1. Kecilkan Ukuran Piring

Dengan menggunakan piring yang lebih kecil, Anda secara otomatis akan makan lebih sedikit karena Anda tidak akan menaruh banyak makanan di piring Anda. 

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang beralih ke piring yang hanya berdiameter 9 hingga 10 inci mampu menurunkan 8 kg dalam setahun!

2. Minum sebelum Makan

Sekitar setengah jam sebelum Anda duduk untuk makan malam, mulailah minum segelas air setengah liter. 

Dengan minum banyak air sebelum makan, Anda akan makan lebih sedikit karena perut Anda penuh dengan air dan air juga akan membantu memastikan metabolisme Anda bekerja, yang membuat Anda membakar lebih banyak kalori.

3. Menukar Makanan Tidak Sehat

Dengan melakukan beberapa pertukaran sederhana dengan pilihan makanan Anda, Anda dapat mengurangi jumlah kalori Anda tanpa usaha ekstra.

Misalnya, memilih susu almond daripada susu skim akan mengurangi jumlah kalori Anda dari susu sekitar 75 persen. Memilih anggur daripada kismis akan mengurangi jumlah camilan itu, dan makan roti kalkun daripada daging sapi pada burger Anda akan mengurangi jumlah kalori Anda hingga 50 persen.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Olahraga

 

4. Dark Chocolate sebagai Makanan Penutup

Memilih dark chocolate untuk pencuci mulut Anda adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori dan gula Anda. Satu ons cokelat hitam memiliki 170 kalori dibandingkan dengan cokelat susu yang memiliki 220 kalori. Perbedaan jumlah gula bahkan lebih besar. 

Manfaat lain dari makan dark chocolate adalah Anda masih mendapatkan kesempatan untuk menikmati camilan yang akan mengurangi keinginan mengidam gula dan dapat mencegah makan berlebihan yang dialami banyak orang dengan diet ketat.

5. Lebih Aktif Bergerak

Makin banyak Anda bergerak, makin banyak kalori yang akan Anda bakar dan makin baik perasaan Anda, tetapi ini tidak berarti pergi ke gym selama dus jam sehari atau bangun satu jam lebih awal untuk berlari. 

Hal ini berarti Anda harus naik tangga daripada lift atau eskalator dan parkir lebih jauh dari gedung, dan sebagainya.

Anda akan terkejut melihat berapa banyak kalori ekstra yang akan Anda bakar saat Anda mulai lebih aktif bergerak.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Olahraga

6. Makan Lebih Sering

Cara ini mungkin terdengar aneh karena selama ini banyak anggapan, banyak makan bisa menambah berat badan. Namun, membagi tiga kali makan normal Anda menjadi lima hingga enam kali sehari sebenarnya akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Hal ini karena ketika Anda makan dalam jumlah besar, tubuh Anda tidak dapat mencerna dan langsung menggunakan semua kalori yang dibutuhkan, yang berarti menyimpan sebagian untuk lemak.

Jadi, ketika Anda makan beberapa kali dalam porsi kecil sepanjang hari, tubuh Anda dapat menggunakan semua energi dari makanan itu dan mulai bekerja pada cadangan lemak Anda sampai Anda mendapatkan makanan kecil berikutnya.

7. Cukup Tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur terlalu sedikit dan tidur terlalu banyak dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah. 

Tidur terlalu sedikit berarti Anda akan merasa lelah yang menyebabkan lebih banyak mengidam makanan karena tubuh Anda perlu menebus energi yang tidak diperoleh saat tidur. 

Tidur terlalu banyak dapat memperlambat metabolisme dan menyebabkan lebih banyak makanan disimpan sebagai lemak. Jadi, pastikan Anda mendapatkan tidur sekitar 7-8 jam setiap malam.

 

Sumber: Dailysmash

Silakan klik tautan ini untuk artikel cara dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer