Sukses


Daftar Buah yang Bagus untuk Kulit Tubuh, Bikin Sehat dan Bercahaya

Bola.com, Jakarta - Kulit yang sehat dan bercahaya idaman semua orang. Sebab, memiliki kulit yang sehat dan bercahaya bisa membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

Untuk memiliki kulit sehat dan bercahaya Anda tidak harus merogoh kocek untuk melakukan perawat di klinik kecantikan. Anda cukup menjalankan gaya hidup, satu di antaranya mengonsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan.

Mengonsumsi buah-buahan mampu menunjang kesehatan kulit yang bekerja dari dalam tubuh. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit tubuh.

Lalu, buah apa yang bagus dikonsumsi untuk membuat kulit kita sehat dan bercahaya?

Berikut ini daftar buah yang bagus untuk kulit, dikutip dari laman Healthline dan Bebeautiful, Kamis (6/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Bagus untuk Kulit Tubuh

1. Stroberi 

Stroberi membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Selain itu, stroberi meningkatkan produksi kalogen, meminimalkan garis halus dan kerutan. 

Kandungan asam lemak omega-3 dalam stroberi membantu mencerahkan warna kulit.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda campur satu sendok makan bubuk kakao, satu sendok makan madu, dan stroberi segar lalu tumbuk sampai halus. Anda oleskan ramuan tersebut ke wajah dan diamkan selama 15 menit.

2. Jeruk

Jika Anda memiliki masalah kulit, Anda bisa mengatasinya dengan jeruk. Buah ini dikenal dapat meringankan warna pada kulit, mengurangi noda, dan mengobati jerawat. Selain itu, mengonsumsi buah jeruk secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya.

3. Jambu Biji

Jambu biji mungkin menjadi satu di antara buah yang juga populer di Indonesia. Jambu biji juga menjadi buah sehat yang bisa Anda konsumsi. 

Jambu biji, bersama buah tropis lain (mangga, kiwi, dan nanas), menjadi sumber vitamin C yang baik. Konsumsi vitamin C telah dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen. Selain itu, jambu biji memiliki sedikit zinc, satu di antara faktor untuk produksi kolagen.  

3 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Bagus untuk Kulit Tubuh

4. Alpukat 

Buah tinggi kalori ini mengandung antioksidan seperti lutein dan beta karoten. Alpukat membantu melembutkan dan melembabkan kulit jika dioleskan. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup menggunakan masker alpukat yang dicampur dengan satu sendok teh madu. 

Selain digunakan sebagai masker, Anda bisa mengonsumsi alpukat secara langsung atau dicampur ke dalam salad sehat.

5. Pisang

Pisang juga menjadi buah untuk kesehatan kulit yang bisa dikonsumsi. Kandungan asam amino pada pisang dipercaya dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Kabar baiknya, pisang juga mengandung zinc dan kalium. Zinc bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat. Sementara, kalium diyakini mampu menghidrasi kulit.

Bahkan, kulit pisang tidak kalah bermanfaat. Menggosokkan bagian dalam kulit pisang secara teratur dapat membantu mencerahkan kulit kusam.

6. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B. Buah ini dapat menjadi pelembab alami bagi kulit dan kulit akan menjadi lembut. Selain itu pepaya dapat memperlancar pencernaan.

4 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Bagus untuk Kulit Tubuh

7. Apel

Buah apel mampu mencerahkan kulit kusam sekaligus efektif menghilangkan patogen dan minyak berlebih di wajah.

8. Semangka

Buah semangka bukan hanya menyegarkan tenggorokan, tetapi juga kulit. Semangka mengandung zat yang secara alami dapat mengencangkan kulit. Selain itu, buah semangka dapat merevitalisasi kulit kusam menjadi lebih cerah.

9. Delima

Buah delima bekerja baik untuk kulit. Selain mencerahkan, buah delima membantu menyamarkan garis-garis wajah dan bintik-bintik jika digunakan secara teratur.

Buang delima mengandung polifenol yang mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan aliran darah. Hal ini membuat kulit lebih sehat melalui detoksifikasi.

Delima mampu mencegah dan mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari. Mengonsumsi kulit delima bersamaan dengan bijinya, mampu mendorong pertumbuhan sel dan menghambat munculnya keriput secara alami.

 

Sumber: Healthline, Bebeautiful

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer