Sukses


Contoh Teks Moderator yang Bisa Dijadikan Referensi Belajar

Bola.com, Jakarta - Peran moderator penting dalam suatu acara, seperti diskusi atau presentasi. Bisa dikatakan kesuksesan sebuah acara tidak bisa lepas dari peran moderator.

Adapun peran utama seorang moderator adalah mengendalikan sesi presentasi dari narasumber (narsum) dan sesi tanya jawab atau diskusi.

Namun, menjadi seorang moderator bukan hal yang mudah. Apabila moderator yang ditentukan kurang cakap dalam memimpin suatu diskusi atau presentasi, biasanya suasana akan terasa canggung dan membosankan.

Maka tak heran banyak orang yang mencari dan mempelajari contoh teks moderator terlebih dahulu sebelum acara diskusi atau presentasi dimulai.

Ada banyak contoh teks moderator yang bisa dijadikan referensi belajar.

Berikut ini beberapa contoh teks moderator, dikutip dari laman Sekolahnesia dan Salamadian, Kamis (6/10/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Moderator 1

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak dan ibu guru yang saya hormati serta teman-teman tercinta, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. atas nikmat iman dan Islam serta kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di sini. Tak lupa, kita sampaikan selawat dan salam kepada junjungan kita yang mulia, Nabi Muhammad saw.

Pada pagi ini, Kamis, 6 Oktober 2022, kita akan bersama-sama melaksanakan kegiatan diskusi yang mengangkat tema "Sumbangsih Ilmuwan Muslim pada Peradaban Dunia".

Sebagaimana telah disampaikan oleh pembawa acara, narasumber kita kali ini adalah Bapak Drs. Ilham Setiadi, M.Sc., yang akan segera kita simak pemaparannya. Setelah nanti Bapak Ilham menyampaikan materinya, saya akan memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk bertanya.

Untuk mengefektifkan waktu, kepada Bapak Drs. Ilham Setiadi, M.Sc. saya persilakan.

Baiklah, demikian tadi materi dari narasumber kita hari ini dan sekarang kita memasuki sesi tanya-jawab. Adapun peraturan untuk sesi ini adalah penanya terlebih dahulu memperkenalkan diri dan setiap penanya hanya boleh memberikan satu pertanyaan.

Alhamdulillahirabbil alamin, sesi tanya-jawab sudah selesai. Dari hasil diskusi tadi, saya simpulkan bahwa ………………………………..

Sekian diskusi kita hari ini, terima kasih saya ucapkan kepada narasumber dan seluruh peserta atas partisipasinya sehingga acara ini bisa berjalan dengan sukses. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan, dan acara saya kembalikan kepada pembawa acara.

Wabillahitaufiq walhidayah, wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Moderator 2

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Kelas,

Yang saya banggakan kepada teman-teman sekalian.

Perkenalkan saya Ardiyan Fikrianoor perwakilan dari Kelompok 3 akan memimpin acara diskusi kita pada pagi hari ini. Alhamdulillah, pada pagi hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan kita yaitu penyampaian makalah dari Kelompok 2 oleh saudara Ahmad Sarwani dan Muhammad Agus Ari Prasetia, yang akan membahas tentang Urgensi Manajemen Kelas.

Susunan acara, pada diskusi kita hari ini di antaranya:

  • Pembukaan
  • Penyampaian materi
  • Sesi tanya jawab
  • Masukan/arahan dari dosen pembimbing
  • Penutup

Baik teman-teman, langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama, yakni pembukaan. Marilah kita buka acara ini dengan mengucapkan basmalah bersama-sama. Selanjutnya, penyampaian dan penyajian materi, saya persilakan untuk Bunga membacakan materi yang pertama.

Terima kasih kelompok dua atas materinya. Itulah penyampaian dari pemateri tentang Urgensi Manajemen Kelas.

Memasuki sesi berikutnya yaitu tanya jawab.

Pada diskusi ini akan dibuka dua sesi untuk bertanya. Tiga penanya setiap sesinya. Kepada teman-teman yang ingin bertanya agar bisa mengacungkan tangan.

Demikian tadi presentasi kelompok dua, mari kita mengucapkan Alhamdulillah. Saya sebagai moderator mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih untuk perhatiannya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Moderator 3

Assalaamualaikkum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak-bapak dan ibu-ibu peserta Sosialisasi Sensus Ekonomi 2022 yang saya hormati.

Baiklah, mari kita lanjutkan acara sosialisasi ini dengan mendengarkan pemaparan dari narasumber kita kali ini, yaitu Bapak/Ibu …………………….. (sebutkan namanya) dari ……………………….. (sebutkan instansi atau lembaganya).

Namun, sebelumnya, saya informasikan bahwa acara sosialisasi ini terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi pertama pemaparan materi oleh narasumber dan sesi kedua tanya-jawab. Selanjutnya, mari kita simak bersama pemaparan dari narasumber. Kepada Bapak/Ibu ……………………. saya persilakan.

Terima kasih atas pemaparannya, kita berikan tepuk tangan sekali lagi untuk narasumber.

Selanjutnya, kita masuki sesi tanya-jawab. Untuk termin pertama, saya akan memberikan kesempatan kepada tiga orang penanya. Kepada bapak dan ibu yang ingin bertanya harap menyebutkan nama dan instansinya.

Terima kasih atas pertanyaannya, silakan Bapak/Ibu ………………. menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ketiga peserta yang telah mengajukan pertanyaan.

Terima kasih atas jawaban yang diberikan, semoga cukup jelas bagi penanya.

Bapak dan ibu sekalian, demikianlah acara sosialisasi Sensus Ekonomi 2022 pada hari ini. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, kegiatan sensus ekonomi tahun 2017 dapat berjalan dengan lancar.

Akhir kata, saya mohon maaf jika terdapat kekurangan selama acara ini berjalan. Selanjutnya, saya kembalikan kepada pembawa acara.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Sekolahnesia, Salamadian

Dapatkan kumpulan artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer