Sukses


Cara Ampuh Hilangkan Mata Sembab setelah Menangis

Bola.com, Jakarta - Menangis merupakan respons alami yang dimiliki manusia terhadap berbagai emosi. Pada umumnya, seseorang akan menangis ketika ia merasa sedih.

Menangis identik dengan kesedihan mendalam, cengeng, sifat lemah, atau kerapuhan. Meski, ada juga orang yang menangis karena merasa sangat bahagia.

Mungkin ada sebagian orang yang menganggap menangis adalah satu di antara simbol kelemahan, apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh pria.

Kemudian setelah menangis biasanya mata jadi bengkak atau sembap. Kondisi ini kerap membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri.

Mata sembap akan membuat penampilan menjadi berbeda. Maka, tak heran banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan mata sembap ini.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mata sembab setelah menangis, disadaur dari Liputan6, Jumat (7/10/2022).

2 dari 6 halaman

Kompres dengan Sendok Dingin

Apabila kamu memiliki cukup waktu sebelum kembali melakukan aktivitas setelah menangis, kamu bisa meredakan mata sembap akibat menangis dengan menggunakan sendok dingin.

Kamu hanya perlu memasukkan sendok bersih ke dalam freezer kulkas selama 10-20 menit.

Setelah itu, tekan sendok dengan lembut langsung di bawah mata kamu, mulai bagian mata dalam dan pijat mengarah ke luar.

Lakukan secara bergantian untuk mata yang satunya. Pada saat yang sama, kamu bisa memijat lembut batang hidung kamu selama beberapa menit sambil menutup mata.

3 dari 6 halaman

Kompres dengan Air Dingin

Cara menghilangkan mata sembap berikutnya adalah dengan kompres air dingin. Kamu bisa melakukannya dengan menuangkan air ke dalam mangkuk secukupnya.

Kemudian masukkan 4-5 potong es batu berukuran kecil-kecil ke mangkuk tersebut. Ambil kain atau tisu, celupkan ke dalam air es tersebut.

Setelah itu mulailah untuk mengompres mata yang dimulai dari sudut bagian dalam mata, tekan ke bawah kulit sampai kamu mencapai sudut luar mata. Pijat ringan selama sekitar lima menit. Ulangi prosedur ini beberapa kali.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jari-jari yang sudah dibersihkan, dengan menggenggam beberapa es batu, kemudian pijat mata sembap kamu dengan cara yang sama.

4 dari 6 halaman

Kompres dengan Irisan Timun atau Kentang

Cara menghilangkan mata sembap berikutnya adalah dengan menggunakan irisan timun. Cara ini sudah menjadi pedoman turun-temurun bagi banyak orang.

Kamu bisa melakukannya dengan memotong dua iris mentimun. Kemudian tempelkan pada bagian atas masing-masing mata. Biarkan selama 10-15 menit. Sensasi dingin pada mentimun bisa mengencangkan pembuluh darah.

Untuk mengempiskan kantong mata, irisan timun tersebut harus ditindaklanjuti dengan kentang. 

5 dari 6 halaman

Kompres dengan Kantong Teh

Penggunaan teh celup untuk mengurangi bahkan menghilangkan mata yang sembap termasuk dianjurkan. Pasalnya, teh celup bisa membantu menyempitkan pembuluh datah sehingga mengurangi bengkak.

Cara mempraktikkannya cukup mudah, kamu hanya perlu mencelupkan dua kantong teh ke dalam air es selama sepuluh menit.

Kemudian aplikasikan kantong tersebut ke mata. Tekan ke kulit bawah mata sampai kamu mencapai sudut luar mata kamu. Pijat ringan selama sekitar lima menit.

6 dari 6 halaman

Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Saat mata dalam kondisi dikompres atau hendak tidur, pastikan posisi kepala kamu lebih tinggi dari badan. Kamu bisa meletakkan dua sampai tiga bantal di kepala. Kondisi ini bisa membantu menurunkan tekanan darah di daerah mata.

Perlu diketahui, langsung tidur setelah menangis bisa membuat efek bengkak pada keesokan harinya dan makin parah.

Maka itu, ada baiknya untuk melakukan beberapa cara di atas untuk membantu mengurangi sekaligus menghilangkan mata sembap karena menangis.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Nisa Mutia Sari, Editor: Rizky Mandasari. Published: 24/7/2019).

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer