Sukses


Cara Menolak Pernyataan Cinta secara Halus

Bola.com, Jakarta - Cara menolak pernyataan cinta secara halus perlu mendapat perhatian. Bagi kebanyakan orang, menerima pernyataan cinta merupakan hal menyenangkan.

Hal itu berarti ada orang lain yang dapat melihat dirimu yang sesungguhnya dan ingin bersamamu dalam menjalani hari-hari, dengan segala kekurangan dan kelebihanmu.

Akan tetapi, lain ceritanya apabila kamu tidak memiliki perasaan yang sama dengan dia yang menaruh hati kepadamu. Kamu tentu berterima kasih atas perasaan yang ditujukannya kepada, akan tetapi kamu tak bisa membalasnya.

Situasi semacam itu terkadang menimbulkan perasaan canggung, bingung, dan bahkan khawatir. Itulah mengapa, cara menolak pernyataan cinta dengan halus banyak dicari.

Pada prinsipnya, apa pun yang kamu lakukan dalam rangka menolak cintanya, akan menyakiti si dia. Namun, penting bagimu untuk menjaga dan menghargai perasaannya. Jangan sampai pula ia menjadi benci atau dendam denganmu.

Nah, berikut ini beberapa cara menolak pernyataan cinta secara halus, yang bisa kamu terapkan, disadur dari Klikdokter, Sabtu (8/10/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menolak Cinta dengan Halus

Beri Apresiasi

Saat ingin menolak pengakuan cinta, hal utama yang perlu diingat adalah kebaikan orang tersebut. 

Kamu perlu terlebih dahulu mendengarkan maksud dan tujuannya dalam menyatakan perasaan cintanya. 

Kamu pun perlu memberikan apresiasi dari hal yang telah diucapkannya, misalnya dengan berkata, 'Terima kasih sudah jujur tentang perasaanmu' atau 'Terima kasih sudah berani mengatakannya. Saya sangat mengapresiasi hal itu'.

Pastikan tidak menyalahkan, mengejek, atau merendahkan, sekalipun kamu tidak menyukai orang tersebut. 

Beri Pujian

Saat menolak cintanya, pastikan untuk melontarkan kata-kata halus sambil sedikit memberikan pujian sederhana. Hal ini dapat membuat sakit hati yang dirasakannya sedikit berkurang.

Cobalah untuk mencari sisi positif dari orang tersebut. Kamu bisa sedikit memberikan pujian terhadap penampilan, keberanian, atau kecerdasannya. 

 

3 dari 3 halaman

Cara Menolak Cinta dengan Halus

Bicara Jujur

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menolak cintanya dengan cara lembut dan jujur.

Sampaikan juga alasan utama mengapa kamu menolak cintanya, apakah karena memang belum siap atau karena masih belum yakin dengan orang tersebut. 

Hindari menjanjikan hal apa pun dan membuat orang yang menyatakan cintanya kepada kamu menunggu tanpa kepastian jelas. Sebab, hal tersebut akan membuatnya berharap lebih.

Kamu pun perlu menyampaikan perasaan kepadanya. Sampaikan kalau memang kamu lebih nyaman dalam hubungan sebatas teman. Pastikan untuk memberikan perasaan yang konkret.

Setelah menolak, tekankan kalau masih bisa berteman dengan baik. Tujuannya agar ia mengetahui bahwa dirinya ditolak karena berkaitan dengan hubungan romantis, bukan lantaran ingin menyudahi pertemanan.

Terima Fakta Kamu Akan Menyakitinya

Kamu sebaiknya menerima bahwa apa pun yang dikatakan saat menolak cintanya, hal itu pasti akan menyakiti hati orang tersebut. 

Atas dasar itu, cobalah untuk bersikap bijak untuk menerima keputusan mereka setelah kamu menolak cintanya. 

Jika orang tersebut menghindar atau menjaga jarak denganmu setelah kejadian, cobalah untuk menghargai keputusannya.

Juga memang ia memutuskan untuk berteman denganmu, cobalah untuk lebih menjaga perasaannya. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 20/3/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel cara dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer