Sukses


Contoh-Contoh Toleransi Antarumat Beragama di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Contoh toleransi antarumat beragama perlu dimengerti. Dengan begitu, kamu akan berusaha mengimplentasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Istilah 'toleransi' sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak perbedaan, seperti suku, agama, ras, dan golongan. Akan tetapi, dalam perbedaan tersebut, tetap satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Toleransi ialah sikap atau sifat toleran. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, toleran adalah bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri.

Itulah mengapa, penting bagi kita dalam setiap aspek kehidupan baik berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat sehari-hari mengedepankan toleransi.

Satu di antara jenis toleransi yang harus diterapkan, yakni toleransi beragama. Toleransi beragama adalah sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan agama yang ada dalam kehidupan.

Penting bagi kamu untuk mengerti dan memahami contoh toleransi antarumat beragama mengingat ada beberapa agama yang berkembang di Indonesia.

Dalam beragama, contoh toleransi adalah dengan menghormati hak setiap orang untuk memilih agamanya serta memberikan ruang bagi mereka untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencermati beberapa contoh toleransi beragama yang lainnya, melalui artikel ini.

Di bawah ini contoh-contoh toleransi antarumat beragama, yang perlu diipahami, dilansir dari Sumber Belajar Kemendikbud, Jumat (7/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Contoh Toleransi Antarumat Beragama di Indonesia

Berikut ini beberapa contoh toleransi antarumat beragama di Indonesia:

1. Bergaul dengan semua teman tanpa membedakan agamanya.

Semua teman itu harus diperlakukan sama karena itu kita harus bekerja sama satu sama lain, meski punya latar belakang yang berbeda-beda.

2. Tidak memaksakan orang lain untuk menganut agama kita.

3. Menghargai dan menghormati perayaan hari besar keagamaan umat lain.

Sebagai umat beragama, kita harus menghormati perayaan hari besar agama lain, tetapi tidak boleh ikut serta dalam ibadah di tempat ibadahnya.

4. Tidak menghina dan menjelek-jelekkan ajaran agama lain.

Ketika sudah memahami toleransi, tentu kita tidak akan menghina orang lain karena berbeda dengan kita.

5. Memberikan kesempatan kepada teman yang berbeda agama untuk berdoa sesuai agama masing-masing.

6. Memberikan rasa aman kepada umat lain yang sedang beribadah.

Jika kita tidak mau diganggu saat beribadah, kita juga harus menghormati orang lain yang sedang beribadah.

7. Menjaga silaturahmi dengan tetangga yang berbeda agama.

8. Menumbuhkan kerukunan dan perdamaian antarumat beragama.

9. Menolong tetangga beda agama yang sedang kesusahan.

10. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

 

Sumber: Kemendikbud

Silakan klik tautan ini untuk artikel contoh dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer