Sukses


Cara Cerdas Menjawab saat Ditanya Mengapa Masih Jomblo

Bola.com, Jakarta - Jomblo merupakan kata tidak baku dari jomlo. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, ada tiga arti jomlo.

Pertama, berarti gadis tua. Kemudian kedua memiliki arti pria atau wanita yang belum memiliki pasangan hidup. Terakhir, jomlo mengandung arti tidak ada pasangan.

Beberapa orang memilih tetap sendiri atau menjadi jomlo tanpa pasangan karena berbagai alasan, misalkan karena lebih bebas dan ingin fokus terhadap karier.

Meski demikian, masih banyak juga orang yang menganggap bahwa orang jomlo adalah sosok yang kesepian, padahal tidak selalu begitu adanya.

Bahkan banyak di antara mereka yang jomlo merasa bingung karena terus dihujani pertanyaan mengapa masih sendiri.

Bagi kamu yang merasakan hal sama, ada berbagai jawaban cerdas yang bisa kamu berikan jika pertanyaan macam itu diberikan kepadamu.

Berikut cara menjawab saat ditanya mengapa masih jomlo, disadur dari Klikdokter, Selasa (11/10/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Cerdas Menjawab saat Ditanya Mengapa Masih Jomblo

1. Fokus pada Karier 

Bagi beberapa orang, karier serta kestabilan ekonomi merupakan hal penting. Hal ini tidak hanya berlaku untuk wanita, tetapi juga pria.

Bahkan, melansir Psychology Today, ada sebagian pria yang merasa tidak siap untuk melamar kekasihnya apabila kondisi keuangannya belum stabil.  

Hal tersebut bisa menjadi jawaban tepat terkait pertanyaan mengapa kamu masih tetap jomlo hingga sekarang. 

2. Sudah Punya Kehidupan dan Teman yang Bikin Bahagia 

Rutinitas dan aktivitas yang menyenangkan dapat membuat seseorang enggan untuk berpasangan. Dikhawatirkan, dengan hadirnya pasangan, kesenangan dalam menjalani rutinitas tersebut bisa terganggu.

Di sisi lain, ada pula sebagian orang yang menjomlo karena telah memiliki beberapa teman sejati. Hal ini berarti, temannya tersebut benar-benar peduli sehingga sosok kekasih seakan tidak dibutuhkan lagi.

Memiliki sosok teman yang tepat bisa membuat seseorang merasa bahwa kebutuhan, khususnya emosional, telah terpenuhi. Alhasil, ia memutuskan untuk tidak menikah dan fokus pada pertemanannya tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Cerdas Menjawab saat Ditanya Mengapa Masih Jomblo

3. Belum Menemukan Orang yang Tepat 

Setiap orang pasti memiliki kriteria khusus terkait pasangannya. Maka itu, sah-sah saja jika kamu menjomlo lantaran belum menemukan pasangan yang tepat.

Menukil Elite Daily, berhati-hati dalam memilih pasangan adalah hal yang penting. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memiliki teman hidup yang sekiranya bisa membawa lebih banyak kebahagiaan daripada kesedihan.

4. Sudah Tahu Nilai Diri Tanpa Harus Punya Pasangan

Jelaskan bahwa kamu telah banyak berkembang, serta memiliki banyak hal positif dalam diri meski tidak punya pasangan. Pasalnya, nilai diri yang baik akan membuatmu lebih siap menjalani suatu hubungan romantis yang sehat di masa mendatang.  

Terlalu bergantung pada pasangan untuk meningkatkan nilai diri juga tidak baik. Sebab, hal tersebut bisa membuatmu berada dalam hubungan yang tidak sehat. 

4 dari 4 halaman

Cara Cerdas Menjawab saat Ditanya Mengapa Masih Jomblo

5. Jelaskan Pencapaian yang Telah Kamu Dapatkan 

Tidak semua orang terdekat mengetahui tujuan hidupmu. Oleh karena itu, kamu bisa menjelaskan bahwa hidup tidak melulu tentang pasangan.

Kamu bisa mengalihkan obrolan dengan menceritakan pencapaian, misalnya promosi jabatan.   

6. Sangat Mencintai Diri Sendiri 

Mengutip Psych Central, cinta terhadap diri sendiri merupakan suatu dasar untuk bisa bersikap tegas. Hal tersebut juga merupakan kunci untuk bisa menetapkan batasan, merawat diri, serta bersemangat dalam mencapai tujuan.

Itulah mengapa, tidak ada salahnya untuk mencintai diri sendiri sebelum datang orang yang tepat di masa mendatang. 

7. Tidak Puas Menjalin Hubungan dengan Satu

Bagi beberapa orang, memiliki satu pasangan tidaklah cukup. Maka itu, orang yang seperti ini cenderung memiliki kedekatan dengan banyak orang sekaligus. Hal itu mungkin diperlukan untuk membuatnya merasa bahagia. Meski, di satu sisi, sikap tersebut bisa merugikan orang lain. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 23/06/2022)

Yuk, baca juga artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer