Sukses


Daftar Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan Mental

Bola.com, Jakarta - Kesehatan mental berpengaruh dalam cara berpikir seseorang. Jika kamu selalu berpikiran negatif saat menghadapi sesuatu, bisa dikatakan kamu lemah mental.

Maka itu, perlu cara untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan mental seseorang dalam segala situasi, tidak hanya ketika dalam kondisi terpuruk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, mental bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga.

Itulah mengapa, penting bagi kamu menyadari sedini mungkin tindakan atau kebiasaan-kebiasaan agar kamu terhindar dari masalah mental.

Berikut macam-macam kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan mental, disadur dari Klikdokter, Senin (10/10/2022).

2 dari 3 halaman

Daftar Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan Mental Anda

Perfeksionis

Berpegang teguh pada standar yang sangat tinggi, mendorong seseorang untuk terus-menerus menggapai kesempurnaan. Seorang perfeksionis akan sangat menyesal jika target yang ditetapkan tidak terjangkau.

Satu di antara dari ciri perfeksionis adalah memiliki ketakutan yang sangat mendalam lebih dari apa yang mereka bayangkan.

Sifat ini membuat seseorang tidak benar-benar bahagia menjalani hidup karena mereka selalu menuntut kesempurnaan dalam hidup. Padahal, kesempurnaan tidak mungkin diraih oleh manusia.

Perasaan takut gagal

Kamu harus yakin bahwa kegagalan bukan sesuatu yang harus ditakuti. Kamu perlu tahu, kebanyakan orang sukses harus mengalami kegagalan terlebih dahulu sebelum mencapai keberhasilan.

Ketakutan berasal dari perasaan negatif yang kerap menghantui benak seseorang. Satu-satunya cara untuk menghindari ketakutan adalah sikap menerima kegagalan. Kamu hanya perlu fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan sekarang.

Harapan

Harapan menjadi sangat berbahaya jika ditempatkan terlalu tinggi. Harapan yang terlalu tinggi akan menghasilkan tekanan yang besar pada pikiranmu. Alhasil, hal tersebut hanya akan mendatangkan keraguan, kekhawatiran, dan kegelisahan.

Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah melepaskan harapan yang terlalu tinggi dan segera merangkul semua hal yang mungkin kamu gapai.

3 dari 3 halaman

Daftar Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan Mental Anda

Kurang percaya diri

Banyak orang kerap membandingkan diri mereka dengan kehebatan orang lain. Hal ini tentu akan merusak performa seseorang dalam beraktivitas.

Mengkhawatirkan kemampuan diri sendiri hanya akan membuat seseorang tidak produktif. Kamu harus menanamkan rasa percaya diri sejak dalam pikiran.

Terlalu banyak mendengar pendapat orang

Menjadi pendengar yang selektif adalah satu di antara cara tepat untuk menjaga kesehatan mental. Jangan cepat mengambil kesimpulan dari opini seseorang.

Pilah informasi yang bernilai positif bagi kehidupanmu. Dengarkanlah orang-orang yang memiliki reputasi yang baik. Jadilah pengamat dari mereka yang menang dan yang kalah dalam kompetisi.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 18/8/2017)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer