Sukses


Bacaan Doa Menghilangkan Pikiran Kotor, Bersihkan Hati dan Jiwa

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa untuk menghilangkan pikiran kotor bisa diamalkan umat muslim setiap saat. Dengan membaca doa tersebut isi hati dan pikiran tetap bersih jauh dari dosa.

Sebagai seorang muslim yang baik dan beriman, kita dianjurkan untuk senantiasa menjaga pikiran dari hal-hal yang tidak baik dan kotor.

BACA JUGA: Pengertian Mujahadah Beserta Manfaatnya dalam Kehidupan

Harapannya, hati dan pikiran kita akan makin terjaga dari bisikan-bisikan yang menyesatkan dan menambah dosa.

Hadirnya pikiran-pikiran kotor tidak baik bagi manusia. Hal ini juga memengaruhi hati serta perilakunya. Berbagai perilaku kurang baik biasanya berawal dari pikiran yang kurang baik pula.

Sedangkan perilaku yang kurang baik tidak hanya dapat merugikan diri sendiri, tetapi juga orang lain yang ada di sekitarmu.

Dengan berserah diri dan memanjatkan doa kepada Allah Swt., berbagai hal buruk bisa kamu hindari saat menjalani kehidupan ini.

Berikut bacaan doa menghilangkan pikiran kotor, yang bisa bersihkan hati dan jiwa, disadur dari Dream, Selasa (11/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Pikiran Kotor

Agar kita terhindar dari pikiran kotor, satu di antara cara yang bisa dilakukan adalah dengan berdoa. Doa ini berisi permohonan agar diri kita dilindungi Allah Swt. dari akhlak yang buruk, hawa nafsu yang menyesatkan, dan dari kejahatan setan.

Berikut beberapa doa menghilangkan pikiran kotor yang bisa diamalkan:

Doa Terlindung dari Keburukan Akhlak, Amal, dan Hawa Nafsu

Doa pertama yang penting untuk kamu amalkan adalah doa agar terlindung dari keburukan akhlak, amal, serta hawa nafsu.

Dengan terhindar dari hal tersebut, kamu bisa melakukan amalan-amalan sesuai perintah Allah Swt. dan bisa mengendalikan hawa nafsu dengan baik.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ziyad bin ‘Illaqah dari pamannya, Quthbah bin Malik, ia berkata bahwa Nabi Muhammad saw. membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ

Allohumma Inni A’udzu Bika Min Munkarootil Akhlaaqi Wal A’maali Wal Ahwaa.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek."

 

Doa Takwa dan Kesucian Jiwa

Doa menghilangkan pikiran kotor yang selanjutnya adalah berdoa untuk memohon ketakwaan dan kesucian jiwa.

Dengan memiliki ketakwaan dan jiwa yang suci, kamu akan dijauhkan dari hal-hal yang negatif, termasuk dari pikiran yang kotor.

Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. yang terdapat dalam hadis dan diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut:

اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَن زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا

Allaahumma aati nafsii taqwaahaa wazakkihaa, anta khairu man zakkaahaa, anta waliyyuhaa wa maulaahaa.

Artinya: "Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku ketakwaaan jiwa, dan sucikanlah ia karena Engkau-lah sebaik-baik Rabb yang menyucikannya, Engkau Pelindung dan Pemeliharanya."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Pikiran Kotor

Pikiran kotor bisa datang dari mana saja, baik itu dari diri sendiri, setan, dan bala tentaranya. Maka itu, agar terhindar dari bisikan setan tersebut, Islam mengajarkan kepada setiap umatnya agar selalu berzikir dan berdoa kepada Allah Swt.

Hal itu juga yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. kepada umat-umatnya. Dengan berzikir, saat itulah kita berupaya untuk mendekat dengan Allah Swt. dan memanjatkan doa agar selalu mendapat perlindungan-Nya setiap waktu. Baik pagi, siang, sore, maupun malam.

Nah, berikut adalah bacaan doa mohon perlindungan dari kejahatan diri, setan dan bala tentaranya yang bisa umat muslim amalkan:

اللَّهُمَّ عاَلِمَ الغَيْبِ والشَّهَادَةِ ، فَاطِرَ السَّمواتِ والأَرْضِ ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إلَهَ إلَّا أَنْتَ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

Allahumma ‘aalimal ghoybi wasy-syahaadah faathiros samaawaati wal ardh. Robba kulli syai-in wa maliikah. Asyhadu alla ilaha illa anta. A’udzu bika min syarri nafsii wa min syarrisy-syaythooni wa syirkihi.

Artinya: "Ya Allah, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb pencipta langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah dengan benar kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, setan dan balatentaranya."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 29/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer