Sukses


Macam-Macam Kebiasaan saat Liburan yang Bikin Gampang Sakit

Bola.com, Jakarta - Liburan adalah kegiatan menyenangkan dan kerap kali ditunggu-tunggu. Liburan satu di antaranya berguna untuk untuk melepaskan semua beban dan mengisi ulang energi serta pikiran.

Liburan bisa dilakukan sendiri atau bersama keluarga maupun teman. Ketika sendiri, kamu akan merasakan me time secara total.

Liburan tak harus panjang, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Cukup beberapa hari saja untuk kamu bisa merasakan manfaat dari aktivitas ini. Liburan juga tak perlu jauh-jauh, sesuaikan dengan waktu dan bujetmu.

Tujuan utama pergi liburan adalah untuk menyegarkan pikiran agar tubuh lebih fresh dan sehat. Hanya, hal tersebut bisa jadi tak diperoleh lantaran kamu malah melakukan kebiasaan saat liburan yang bikin gampang sakit.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam kebiasaan saat liburan yang bikin gampang sakit, disadur dari Klikdokter, Senin (12/10/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebiasaan saat Liburan yang Bikin Gampang Sakit

1. Sering minum menggunakan es batu

Mengonsumsi segelas minuman favorit dengan tambahan es batu sambil menikmati pemandangan tempat kamu berlibur memang menyenangkan. Namun, perilaku ini bisa membuatmu terserang penyakit.

Bukan akibat pemandangannya, tetapi karena es batu yang dijadikan sebagai campuran minuman favoritmu. Pasalnya, kebanyakan es batu terbuat dari air keran atau ledeng yang kebersihannya tidak melulu terjamin sehingga berpotensi mengandung mikroba berbahaya.

Apabila es batu tersebut mencair, bercampur dengan minuman favorit dan ikut masuk ke tubuh, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami gangguan saluran pencernaan.

2. Menyimpan ponsel dan botol air di kantung tempat duduk

Kursi pesawat atau mobil yang kamu tumpangi untuk berlibur memang tidak lapang. Tidak heran, rata-rata penumpang meletakkan barang mereka di kantong yang tersedia di tempat duduk di depan mereka. Kantong-kantong itu bisa saja menyimpan ribuan bahkan jutaan jenis kuman.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa bakteri MRSA dapat bertahan hidup di kain saku tempat duduk hingga tujuh hari. Apa itu MRSA? Ini merupakan bakteri jahat yang resisten terhadap antibiotik dan dapat menyebabkan lesi kulit hingga kematian.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebiasaan saat Liburan yang Bikin Gampang Sakit

3. Tidak mencuci gelas kamar hotel sebelum digunakan

Banyak hotel menyediakan gelas minum. Meski terlihat bersih, cucilah gelas tersebut terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko terpapar kuman yang mungkin hinggap di gelas tersebut.

4. Terlalu banyak konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan tidak dianjurkan oleh medis, baik saat liburan maupun tidak. Hal ini karena alkohol dapat menghambat fungsi sistem kekebalan sehingga membuat kuman penyebab penyakit lebih mudah menyerang tubuhmu.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebiasaan saat Liburan yang Bikin Gampang Sakit

5. Terlalu banyak konsumsi kopi

Kopi mengandung senyawa kafein yang bisa bikin kamu terjaga. Namun, kamu tidak dianjurkan untuk minum kopi maupun asupan berkafein lainnya secara berlebihan.

Ada penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi lebih dari 400 miligram kafein dalam sehari pada orang dewasa dapat menyebabkan insomnia, migrain, sakit perut atau lekas marah.

6. Lupa minum air putih

Saking asyiknya menikmati suasana saat liburan, kamu malah lupa minum air putih. Hal ini bisa berujung pada terjadinya dehidrasi, yang bisa mencetuskan terjadinya gejala urine berwarna pekat, konsentrasi menurun, badan lemas, pusing berputar hingga kehilangan kesadaran.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/1/2020)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer