Sukses


Bacaan Doa agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat

Bola.com, Jakarta - Sebagai umat muslim yang selalu ingin dirahmati Allah, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu di mana pun kita berada.

Agama Islam memerintahkan seluruh umatnya untuk selalu berjuang mencari ilmu. Ilmu menjadi dasar seseorang dalam menjalani kehidupan di dunia ini. 

Ilmu berperan penting bagi perkembangan dan kemajuan umat manusia. Al-Qur'an juga mengajak pemeluknya untuk mencari ilmu yang bermanfaat untuk kebaikan.

Dalam proses mencari ilmu, tentunya kita berharap kepada Allah Swt. agar diberi ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan.

Maka itu, dalam proses mencari ilmu kita juga dianjurkan untuk membaca doa sebagai bentuk harapan agar ilmu yang didapat bisa dimanfaatkan dengan baik.

Berikut bacaan doa agar diberikan ilmu yang bermanfaat, disadur dari Dream, Kamis (13/10/2022).

2 dari 4 halaman

Perintah Mencari Ilmu dalam Islam

Perintah mencari ilmu sudah banyak tercatat dalam Al-Qur'an dan Hadis. Sebab, Al-Qur'an menjadi petunjuk bagi manusia yang memberikan banyak ilmu mengenai kehidupan dunia dan akhirat. 

Satu di antaranya dalam firman Allah Swt. surah Shad ayat 29 yang berbunyi, "Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran".

Selain itu, terdapat hadis yang juga menyebutkan tentang kewajiban menuntut ilmu, sebagaimana hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah berikut:

"Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim, dan siapa yang menanamkan ilmu kepada yang tidak layak seperti yang meletakkan kalung permata, mutiara, dan emas di sekitar leher hewan."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat

Doa agar diberikan ilmu yang bermanfaat, satu di antaranya dikutip dari hadis riwayat Ibnu Majah. Hadis ini dinilai sebagai hadis sahih oleh Syekh Al-Albani rahimahullah dalam Sahih Ibnu Majah.

Berikut bacaan doa agar diberikan ilmu yang bermanfaat menurut hadis:

Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi'an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya:

"Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima."

Selain dari hadis, doa agar diberikan ilmu yang bermanfaat juga terdapat dalam Al-Quran Surat Thaha ayat 114:

Robbi zidni 'ilman naafi'an warzuqni fahma.

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat

Ada banyak doa agar diberikan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat. Berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berdoa seperti berikut:

Allahummanfa'nii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanfa'una wa zidnii 'ilman, alhamdulillahilladzi 'alaa kulli haalin wa a'uzu billahi min haali ahlin Naar.

Artinya:

"Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka." (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Bazzar)

Rodlittu billahi robba, wabil islaamidiinaa, wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.

Artinya:

"Kami rida bahwa Allah Swt. sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul. Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 18/6/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer