Sukses


Contoh Teks Diskusi Singkat beserta Strukturnya yang Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Teks diskusi adalah jenis teks yang menyajikan dua pendapat yang tidak sama terhadap suatu hal. Pendapat berupa pro dan kontra tersebut yang membuat pihak terlibat diskusi.

Diskusi adalah aktivitas yang umum dilakukan di forum baik formal maupun non-formal. Diskusi merupakan proses penting dalam memahami sebuah topik.

Tujuan diskusi adalah untuk memecahkan masalah. Diskusi biasanya dilakukan secara lisan. Dalam sebuah diskusi biasanya membicarakan sebuah topik yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat.

Adapun tujuan teks diskusi untuk mencari kesepakatan dan kesepahaman gagasan antara orang yang sedang melakukan diskusi.

Penggunaan teks diskusi ini dapat dikemukakan dalam berbagai kondisi, di antaranya seperti rapat organisasi, rapat RT, dan rapat resmi pada perusahaan atau pemerintah.

Berikut contoh teks diskusi singkat beserta strukturnya yang mudah dipahami, dikutip dari laman Materibindo, Kamis (13/10/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Diskusi Singkat

Handphone dan Anak-anak

Isu

HP atau orang-orang sekarang lebih sering menggunakan istilah smartphone adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam urusan komunikasi.

Tidak hanya komunikasi saja, smartphone digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Hampir setiap orang memiliki HP, termasuk anak kecil sekalipun. Walau begitu, banyak terjadi pro dan kontra dalam hal pemberian HP untuk anak-anak.

Argumen mendukung

Pihak yang mendukung atau pihak yang pro terhadap pemberian HP kepada anak-anak menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anaknya kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, dengan adanya HP membuat anak lebih mudah mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Argumen menentang

Sedangkan pihak yang kontra dengan pemberian HP untuk anak-anak beralasan bahwa anak-anak belum saatnya untuk diberikan teknologi yang canggih ini.

Hal ini disebabkan tidak semua informasi-informasi di internet itu baik, banyak pula konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak.

Selain itu, dengan memberikan HP kepada anak-anak membuat ia menjadi pribadi yang pasif dan susah bergaul dengan lingkungan sekitar karena ia lebih asyik bermain game di HP-nya.

Kesimpulan

Berdasarkan kedua argumen di atas, bisa disimpulkan bahwa pemberian HP untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya.

Orang tua harus mengetahui apa saja yang diakses oleh anaknya dan selalu mengingatkan akan hal baik yang boleh diakses dan hal buruk yang tidak boleh diakses agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Diskusi Singkat

Full Day School

Isu

Full day school merupakan suatu program yang meminta siswa-siswi mengikuti proses belajar mengajar di sekolah secara penuh mulai pukul 07.00 - 16.00. Sistem ini mengharuskan siswa berada di sekolah selama sehari penuh. Program tersebut banyak menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Argumen mendukung

Pihak yang mendukung diberlakukannya program ini menganggap full day school sebagai solusi terbaik untuk mengantisipasi dampak buruk era globalisasi.

Full day school dianggap dapat memberikan pelajaran, pembiasaan yang baik, pendidikan, dan pelatihan yang cukup agar siswa dapat mencapai dan memenuhi program jaminan mutu sekolah. Program ini juga membantu guru-guru untuk lolos sertifikasi guru dengan mengajar 24 jam per minggu.

Argumen menentang

Sedangkan pihak yang tidak setuju atau kontra berpendapat bahwa tingkat konsentrasi anak berbeda-beda. Siswa juga butuh istirahat yang cukup agar konsentrasinya tetap terjaga secara maksimal sehingga mampu mencerna pelajaran yang diberikan.

Selain itu, full day school memangkas waktu yang panjang dan hal ini akan menyulitkan siswa untuk melakukan kegiatan di luar sesuai minat masing-masing.

Kesimpulan

Full day school ingin berjalan lancar tergantung pada sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Jika prasarana memadai dan kegiatan sekolah dibuat menarik maka full day school akan berjalan menyenangkan.

Sebaliknya, jika prasarana sekolah buruk atau kurang memadai maka kegiatan full day school akan membosankan. Hal seperti inilah yang membuat siswa bosan dan pelajaran menjadi tidak efektif.

Jadi ada baiknya, kita jadikan kegiatan ini dapat diseimbangkan dengan sarana dan prasarana yang memadai dan kegiatan yang menyenangkan dan juga menarik.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Diskusi Singkat

Pro Kontra Ganja sebagai Obat

Isu

Tahun lalu, kita dikejutkan oleh berita ditangkapnya Fidelis Ari Sudarwoto oleh petugas BNN Kabupaten Sanggau karena didapati sengaja menanam pohon ganja sebanyak 39 batang pohon.

Fidelis beralasan ia sengaja menanam ganja untuk mengobati istrinya yang mengidap penyakit syringomyelia, yakni kista berisi cairan yang tumbuh di dalam sumsum tulang belakang.

Sebelumnya, berbagai upaya pengobatan telah ia lakukan, ternyata tidak ada yang membuahkan hasil selain dengan ekstrak ganja.

Informasi ini ia dapatkan dari luar yang menyatakan bahwa ekstrak ganja dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit syringomyelia yang diderita istrinya.

Namun, istrinya meninggal dunia setelah Fidelis ditangkap oleh BNN. Banyak pro dan kontra yang bermunculan terkait digunakannya ganja sebagai pengobatan.

Argumen mendukung

Dari berbagai literatur disebutkan bahwa ganja digunakan sebagai pengobatan sejatinya telah dilakukan oleh manusia paling tidak selama 3000 tahun.

Berbagai hasil studi menunjukkan bahwa ganja dapat digunakan untuk berbagai pengobatan, di antaranya menghilangkan rasa sakit, membantu orang kecanduan alkohol, menghilangkan stres, dan lainnya.

Argumen menentang

Sementara itu, mereka yang tidak setuju ganja digunakan sebagai pengobatan berpendapat bahwa ganja sangat berbahaya. Hal ini didasarkan atas beberapa hasil studi yang menunjukkan bahwa ganja dapat menimbulkan masalah kesehatan mental, menyebabkan kanker testis, dan pernapasan terganggu.

Kesimpulan

Dari berbagai hasil studi yang telah dilakukan oleh para pakar menunjukkan bahwa ganja dapat memberikan manfaat dan keburukan sekaligus bagi kesehatan.

Meski ganja dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia, hal ini tidak memungkinkan untuk melegalkan penggunaan ganja sebagai obat di Indonesia menurut Undang-Undang.

Untuk itu, diperlukan penelitan lebih lanjut untuk mengetahui dampak digunakannya ganja sebagai obat agar kejadian yang dialami Fidelis tidak terulang lagi.

 

Sumber: Materibindo

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer