Sukses


6 Contoh Kalimat Pembuka Presentasi yang Menarik Disampaikan

Bola.com, Jakarta - Presentasi adalah sebuah aktivitas yang biasa digunakan untuk menunjukkan ide, gagasan, atau laporan kita kepada audiensi.

Sebelum memulai presentasi, sebaiknya kita menyampaikan kalimat pembuka. Hal ini dapat menunjang keberhasilan sebuah presentasi yang dipaparkan.

Selain itu, menyampaikan kalimat pembuka berguna supaya audiensi tertarik menyaksikan materi presentasi yang disampaikan hingga akhir.

Bagi kamu yang sudah terbiasa melakukan presentasi, menyampaikan kalimat pembuka yang menarik adalah hal yang mudah. Namun, bagi yang baru pertama kali, tentu ini akan berbeda.

Yuk, pelajari contoh kalimat pembukaan presentasi yang baik dan menarik perhatian audiens.

Berikut ini referensi contoh kalimat pembuka presentasi yang menarik disampaikan, dikutip dari laman Ekrut dan Mempelajari, Jumat (14/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Pembuka Presentasi

1. Contoh Kalimat Pembukaan Presentasi dengan Metode Skenario

"Selamat siang rekan-rekan, saya Roy. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya akan membahas pentingnya air bagi kehidupan kita. Rekan-rekan sekalian, apakah pernah terbayang jika di dunia ini tidak ada air? Tentu kita tidak akan bertahan hidup, begitu pula dengan tumbuhan dan hewan. Bumi pun akan makin panas dan kering. Bahkan kehidupan makhluk hidup pun akan punah."

2. Contoh Kalimat Pembukaan Presentasi dengan Statistik

"Selamat siang hadirin sekalian, salam sejahtera bagi kita semua. Perkenalkan saya Jojo. Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang tingkat pengangguran di negara Indonesia. Kementerian Ketenagakerjaan mencatat bahwa jumlah pengangguran di Indonesia pada tahun ini mencapai 8,57 juta orang, dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 205,36 juta berdasarkan Badan Pusat Statistik."

3 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Pembuka Presentasi

3. Contoh Kalimat Pembukaan Presentasi dengan Perkenalan

"Halo semuanya, perkenalkan saya Putra dari jurusan Pendidikan Seni Rupa. Pagi ini saya ingin mempresentasikan mengenai sejarah kain di dunia selama 30 menit ke depan. Bagi teman-teman yang nantinya ingin bertanya dapat disampaikan setelah pembahasan selesai."

4. Contoh Kalimat Pembukaan Presentasi dengan Pertanyaan

"Selamat pagi para hadirin yang berbahagia, perkenalkan saya Danu. Pada hari ini saya akan membahas kondisi pariwisata di daerah Lombok. Sebelumnya, apakah ada hadirin yang pernah berwisata ke daerah Lombok?"

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Pembuka Presentasi

5. Contoh Kalimat Pembukaan Presentasi dengan Hal Lucu

"Assalamualaikum wr.wb. Salam sejahtera untuk kita semua. Puji syukur atas nikmat yang Tuhan limpahkan sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat pada pagi hari ini. Bapak/ibu guru dan teman-teman yang saya sayangi. Milenial itu katanya susah banget buat beli rumah. Ya, gimana enggak susah, orang kerjaannya ngejar hidden gem terus.

Perkenalkan nama saya Riki yang akan bertugas sebagai moderator dalam diskusi materi Hak Asasi Manusia. Adapun anggota kelompok saya adalah Andre, Zaki, dan Fahrul. Baik teman-teman, langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, sebelum itu marilah kita mengucapkan basmalah bersama-sama. Selanjutnya, penyampaian materi, saya persilakan untuk Luna membacakan materi yang pertama."

6. Contoh Kalimat Pembukaan Presentasi dengan Quote

"Selamat siang, perkenalkan saya Rahayu. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya pendidikan untuk para perempuan. Seperti yang disampaikan oleh Raden Ajeng Kartini, sebagai perempuan kita harus membuat sejarah, kita harus menentukan masa depan sesuai dengan keperluan sebagai kaum perempuan dan harus mendapatkan pendidikan yang cukup seperti kaum laki-laki."

 

Sumber: Ekrut, Mempelajari

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer