Sukses


Contoh-Contoh Dampak Positif Globalisasi

Bola.com, Jakarta - Globalisasi merupakan sebuah fenomena yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan di dunia. Pasalnya, globalisasi merupakan proses mendunia. 

Globalisasi berasal dari kata "global", yang berarti dunia dan "lization" yang berarti proses. 

Secara bahasa, arti globalisasi adalah suatu proses yang mendunia, antarsesama manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lain tanpa adanya batas waktu maupun jarak. 

Globalisasi muncul seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan. Globalisasi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, mulai ekonomi, IPTEK, budaya, komunikasi serta transportasi.

Globalisasi yang terjadi saat ini, tentu banyak menimbulkan dampak positif dan negatif terhadap masyarakat secara global.

Dampak positif globalisasi semisal menciptakan suatu masyarakat di seluruh penjuru dunia dapat saling bergantung dalam berbagai bidang kehidupan. Globalisasi juga memudahkan kita untuk berhubungan dengan masyarakat di negara-negara lain.

Dampak positif lainnya, kita juga makin mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain, meski beda negara, yaitu dengan adanya kecanggihan teknologi melalui internet.

Itulah sedikit perihal dampak positif globalisasi. Untuk lebih jelasnya, kami bisa menyimak beberapa contohnya di bawah ini.

Berikut contoh-contoh dampak positif globalisasi, seperti dilansir dari emodul.kemendikbud.go.id, Senin (16/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Dampak Positif Globalisasi

Ilmu Pengetahuan Berkembang

Berkembangnya ilmu pengetahuan yang cepat berpengaruh terhadap berkembangnya teknologi yang membantu kehidupan manusia. 

Jadi dengan adanya kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan, makin banyak para peniliti.

Contoh yang lain, pemanfaatan teknologi internet dalam bidang perdagangan. Saat ini masyarakat dimudahkan dalam hal jual beli, yakni sudah banyak marketplace yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berbelanja tanpa harus pergi keluar rumah. 

Dengan begitu, globalisasi memberikan manfaat besar terhadap kehidupan manusia, membuat pemenuhan kehidupan manusia menjadi lebih praktis dan mudah.

Meningkatkan Perekonomian Suatu Negara

Globalisasi dapat meningkatkan perekonomian suatu negara. Hal ini disebabkan makin banyaknya investor yang masuk ke suatu negara dan meluaskan pasar produksi produk dalam negeri. 

 

 

3 dari 4 halaman

Contoh Dampak Positif Globalisasi

Komunikasi Makin Cepat dan Mudah

Pada zaman dahulu, membutuhkan waktu lama untuk dapat berkomunikasi dengan kerabat yang tinggal jauh, misalkan yang tinggal di pulau atau bahkan negara lain.

Media komunikasi yang digunakan pada masa lampau adalah melalui surat. Jadi makin jauh tempat tinggal sanak saudara, teman, kolega yang akan dikirimi surat, makin lama pula surat tersebut sampai di tujuan. 

Saat ini, komunikasi sudah bergeser ke arah digital. Contohnya dengan adanya media komunikasi seperti telepon, surat elektronik (email), internet, serta media sosial lainnya.

Media komunikasi seperti itu diminati oleh masyarakat karena dianggap lebih cepat. Kita dapat mengirimkan pesan kepada kerabat yang tinggal di pulau atau negara lain hanya dalam hitungan detik.

Perkembangan Teknologi dan Keterbukaan Informasi

Saat ini masyarakat mudah dan bebas untuk mendapatkan informasi apa pun melalui internet. Berita, kejadian atau hal-hal yang ada di belahan dunia lain pun dengan cepat dapat kita dapatkan informasinya, bahkan hanya dalam hitungan detik atau menit.

 

4 dari 4 halaman

Contoh Dampak Positif Globalisasi

Mobilitas Tinggi

Dengan adanya perkembangan dalam bidang transportasi, memudahkan kita dalam bepergian. Saat ini masyarakat sudah disuguhkan dengan berbagai alat transportasi yang cepat untuk dapat menjangkau belahan bumi manapun.

Contohnya, untuk keluar negeri hanya dapat ditempuh dalam hitungan jam dengan menggunakan pesawat.

Berkembangnya Turisme dan Pariwisata

Dampak positif lainnya dari globalisasi adalah berkembangnya dunia pariwisata di suatu negara, tak terkecuali di Indonesia. Tempat-tempat wisata di Indonesia menjadi makin dikenal oleh masyarakat internasional akibat adanya internet dan media sosial lainnya. 

Hal ini juga didukung kemudahan sarana transportasi untuk menjangkau daerah wisata tersebut.

Makin banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Indonesia tentu akan meningkatkan devisa bagi negara dan juga berdampak pula pada perekonomian masyarakat di sekitar tempat wisata tersebut.

 

Sumber: Kemendikbud

Silakan klik tautan ini untuk artikel edukasi dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer