Sukses


Daftar Buah yang Bisa Digunakan untuk Masker Mata

Bola.com, Jakarta - Masker mata sering kali digunakan untuk mengatasi keluhan di area mata, satu di antaranya ketika mata kedutan karena terlalu lelah.

Selain menggunakan masker kemasan yang bisa ditemukan di berbagai toko kosmetik, ada berbagai buah yang bisa digunakan untuk dijadikan masker mata.

Kulit di sekitar mata merupakan bagian yang sangat tipis dan sensitif. Hal ini membuatnya rentan mengalami berbagai masalah.

Tak hanya itu, kulit di sekitar mata bisa menjadi penanda penuaan dini sehingga perawatan yang benar akan menjauhkannya dari tanda-tanda tersebut.

Buah yang kerap digunakan untuk masker pada mata adalah mentimun. Namun, tidak hanya itu, ada berbagai buah lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai masker mata.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin dan sabar. Jangan lupa untuk mencuci bersih dulu buah dan sayur yang digunakan.

Berikut daftar buah yang bisa digunakan untuk masker mata, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (18/10/2022)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Bisa Digunakan untuk Masker Mata

1. Stroberi

Jika mata terasa lelah dan lingkaran di bawahnya makin menggelap, kamu bisa menggunakan stroberi untuk mengatasinya. Stroberi mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi. Jadi, tidaklah heran bila buah ini bagus untuk mata lelah. 

Cara mengaplikasikan masker mata dari stroberi adalah lumatkan dulu stroberinya. Lalu, oleskan di bawah mata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih. Lakukan ini secara teratur untuk hasil maksimal. 

2. Kentang 

Kentang bisa menjadi bahan untuk masker mata alami. Seperti stroberi, kentang dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. 

Irisan kentang yang sudah dicuci bersih bisa kamu letakkan di mata tertutup. Atau, bisa juga kamu lumatkan dulu lalu oleskan ke area bawah mata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas.

3. Semangka 

Buah yang satu ini terkenal karena kandungan airnya yang melimpah, warnanya yang menarik, serta rasanya yang manis. Bonusnya lagi, kamu bisa menjadikan semangka sebagai masker mata alami. 

Semangka mengandung banyak air. Ini membuat mata jadi lebih relaks karena sensasi dingin yang diberikan. Selain itu, vitamin A dan C dalam semangka bisa membantu meredakan mata kering dan bengkak. 

Kamu bisa memotong agak tipis buah tersebut. Lalu, letakkan di mata yang terpejam dan tunggu hingga 30 menit.

3 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Bisa Digunakan untuk Masker Mata

4. Pepaya

Pepaya kerap dipakai dalam sabun atau losion pencerah kulit karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Buah ini juga bisa dijadikan masker mata alami buatan sendiri karena enzimnya bertindak sebagai exfoliant yang lembut.

Irislah pepaya agak tipis, lalu letakkan di mata yang terpejam. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan mata yang lebih cerah. 

5. Alpukat 

Lebih suka masker yang teksturnya lebih creamy? Kamu bisa menggunakan alpukat sebagai bahan maskermu. 

Lumatkan alpukat, lalu oleskan ke area sekitar mata untuk memberi kelembapan dan hidrasi ekstra. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

6. Pisang 

Apakah kamu pernah membuat masker dari buah pisang? Jika belum, kamu bisa mencobanya. Pisang juga bisa membantu meningkatkan area sekitar matamu.

Haluskan setengah pisang, tutup matamu rapat-rapat, lalu oleskan pisang tumbuk ke kelopak mata. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas.

4 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Bisa Digunakan untuk Masker Mata

7. Lettuce Iceberg

Sayuran yang kerap ditemukan dalam salad ini bisa membantu kemerahan dan peradangan di area mata. Lettuce iceberg bisa kamu jadikan bahan masker mata alami. 

Ambil beberapa iris lettuce iceberg untuk diletakkan di mata yang tertutup. Biarkan selama 30 menit.

8. Jambu Biji

Buah berikutnya untuk masker mata adalah jambu biji. Jambu biji mengandung vitamin C dan merupakan sumber antioksidan yang baik. 

Masker mata dari jambu biji dapat membantu mencegah dan mengurangi tanda awal penuaan. 

9. Mentimun

Mentimun merupakan bahan alami yang paling banyak digunakan untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata maupun mata bengkak akibat kurang tidur. Hal ini karena kandungan air dan antioksidan pada mentimun dipercaya dapat melembapkan dan mengurangi bengkak pada mata.

Untuk mendapatkan manfaat masker mentimun ini, kamu hanya perlu menempelkan irisan mentimun pada mata selama 10 menit, setidaknya tiga kali dalam sehari.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 23/6/2022)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer