Sukses


12 Dampak Positif Perubahan Sosial

Bola.com, Jakarta - Perubahan sosial adalah suatu perubahan yang terjadi di dalam masyarakat terkait dengan pola pikir, sikap sosial, norma, nilai-nilai, dan berbagai pola perilaku manusia di dalam masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, perubahan sosial adalah perubahan pada berbagai lembaga kemasyarakatan, yang memengaruhi sistem sosial masyarakat, termasuk nilai-nilai, sikap, pola, perilaku di antara kelompok dalam masyarakat.

Perubahan sosial mengacu pada perubahan signifikan dari waktu ke waktu, baik dalam pola perilaku, nilai budaya, maupun norma di masyarakat.

Suatu perubahan sosial berdampak pada terciptanya tatanan baru dalam masyarakat. Perubahan sosial bisa berdampak positif yang mengarah pada kemajuan dengan menuju terciptanya masyarakat yang adil dan sejahtera.

Hal inilah yang dijadikan harapan oleh masyarakat. Apa saja dampak positif perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat?

Berikut ini dampak positif perubahan sosial pada masyarakat, dilansir dari e-Modul SMA Sosiologi Kelas XII terbitan Kemdikbud, Selasa (18/10/2022).

2 dari 5 halaman

Dampak Positif Perubahan Sosial

1. Munculnya Nilai dan Norma Baru

Terkadang suatu nilai dan norma dirasa tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan manusia yang makin kompleks.

Dengan adanya perubahan sosial, diharapkan mampu mendorong munculnya nilai maupun norma baru yang lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

2. Adanya Struktur dan Hubungan Sosial Baru

Struktur dan hubungan sosial baru ini biasanya lebih menekankan pada penghormatan terhadap hak asasi manusia.

3. Adanya Upaya Memberdayakan Perempuan dan Mewujudkan Kesetaraan Gender

Bentuk pemberdayaan perempuan harus diletakkan dalam kerangka gender related development yaitu dengan menambah anggaran kesehatan dan pendidikan.

Memastikan bahwa perempuan sudah mendapatkan porsi yang layak, terutama terkait dengan peningkatan pelayanan kesehatan dan beasiswa bagi pelajar perempuan.

Kesetaraan yang harmonis diupayakan agar peranan perempuan sebagai pelaku kegiatan ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup.

Perempuan diharapkan lebih leluasa menggali dan mengembangkan potensi atau sumber daya yang dimilikinya.

3 dari 5 halaman

Dampak Positif Perubahan Sosial

4. Terjadinya Diferensiasi Struktural

Diferensiasi struktural yaitu berkembangnya lembaga-lembaga sosial baru sehingga lebih memungkinkan anggota masyarakat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang semakin kompleks.

Dengan demikian, diharapkan fungsi pemenuhan kebutuhan tersebut dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

5. Munculnya Budaya Ilmuwan

Setiap gejala sosial maupun non sosial dilakukan dengan mengacu pada deskripsi ilmiah. Itulah mengapa, penalaran dan observasi harus dilakukan secara tepat agar dapat berfungsi sebagai sarana pencarian pengetahuan ilmiah.

6. Kesadaran Politik Semakin Tinggi

Tingginya kesadaran politik ditandai dengan meningkatnya partisipasi dalam politik praktis. Pendidikan politik mulai menyentuh lapisan bawah masyarakat sehingga berkembang kesadaran tentang pentingnya penggunaan hak politik.

7. Meningkatnya Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Munculnya penelitian ilmiah makin menyadarkan manusia terhadap pentingnya penguasaan Iptek dengan peningkatan taraf hidupnya.

4 dari 5 halaman

Dampak Positif Perubahan Sosial

8. Tingkat Pendidikan Formal Semakin Tinggi dan Merata

Perkembangan berbagai jenjang pendidikan formal, dengan jurusan dan biaya yang beragam akan makin meningkatkan akses anggota masyarakat terhadap pendidikan.

9. Berkembangnya Industrialisasi

Perkembangan ini memunculkan produktivitas dan nilai tambah yang signifikan sehingga menyerap banyak tenaga kerja serta meningkatkan peluang ekspor.

10. Terbukanya Peluang Mobilitas

Hambatan untuk melakukan mobilitas sosial kini makin berkurang. Makin terbukanya kesempatan untuk mengadakan mobilitas sosial pada semua strata.

5 dari 5 halaman

Dampak Positif Perubahan Sosial

11. Perlindungan dan Penghormatan terhadap Kebebasan dalam Kehidupan Beragama

Perlindungan dan penghormatan ini mencakup penanaman cara hidup saling menghormati, tulus, dan toleran terhadap keanekaragaman agama yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat yang plural.

Dengan demikian diharapkan akan tercipta kerukunan antarumat beragama yang bermuara pada terwujudnya kebebasan beragama secara hakiki.

12. Masyarakat Semakin Menghargai Waktu

Dalam orientasinya ke masa depan, anggota masyarakat berupaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam berbagai aktivitas.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer