Sukses


9 Manfaat Hidup Rukun di Lingkungan Sekolah

Bola.com, Jakarta - Hidup rukun adalah hidup dalam suasana yang baik, damai, saling menyayangi, tidak bertengkar satu sama lain, bersatu hati, dan selalu menjaga hubungan baik. Hidup rukun dengan sesama menusia akan membuat hubungan menjadi harmonis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rukun adalah baik dan damai, tidak bertengkar.

Bisa hidup rukun dengan sesama tentu menjadi keinginan setiap orang.

Hidup rukun di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sangat penting. Hal itu karena manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, sehingga membutuhkan bantuan dan pertolongan orang lain.

Terlebih lagi Indonesia terdiri atas beragam suku, budaya, agama yang berbeda-beda dan rentan akan perselisihan.

Hidup rukun memiliki banyak manfaat untuk diri kita maupun orang lain demi terciptanya suasana kehidupan yang lebih harmonis, damai, dan membahagiakan.

Oleh karena itu sudah seharusnya kita selalu mengupayakan untuk menciptakan kerukunan di sekolah dan di mana pun berada. Lantas, apa saja manfaat hidup rukum di sekolah atau satuan pendidikan?

Berikut ini manfaat hidup rukun di sekolah yang perlu diketahui, dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (20/10/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Hidup Rukun di Lingkungan Sekolah

1. Menghindari Perselisihan

Kerukunan di satuan pendidikan dapat meningkatkan komunikasi yang baik di antara warga belajar. Dengan komunikasi yang baik, perbedaan pendapat dapat disatukan, kesalahpahaman dapat dihindari dan perselisihan antara warga belajar dapat dicegah.

2. Menciptakan Suasana yang Nyaman

Hidup rukun di satuan pendidikan akan memberikan rasa nyaman bagi semua warga di satuan pendidikan. Rasa nyaman ini akan membuat suasana belajar yang menyenangkan.

3. Keadaan Lebih Aman dan Tentram

Hidup rukun di satuan pendidikan akan memberikan rasa aman dan tenteram bagi semua warga di satuan pendidikan.

Tidak ada perselisihan, percekcokan ataupun pertengkaran yang dapat mengganggu atau mengusik ketenangan suasana belajar.

Hubungan baik yang selalu terjaga di antara warga satuan pendidikan memberikan dampak positif di dalam kehidupan bermasyarakat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Hidup Rukun di Lingkungan Sekolah

4. Mempererat Tali Persahabatan

Hidup rukun juga membantu memperkukuh hubungan atau ikatan persahabatan di antara semua warga satuan pendidkan. Ikatan persahabatan ini akan makin menumbuhkan keinginan untuk saling membantu satu sama lain.

5. Memiliki Lebih Banyak Teman

Hidup rukun membuat kita memiliki banyak teman. Hidup rukun menciptakan suasana keakraban dengan siapa pun sehingga kita akan mudah memiliki teman.

Hidup rukun mencerminkan adanya saling pengertian yang dapat menciptakan perdamaian, persaudaraan, dan persahabatan.

6. Menghindari Perselisihan atau Perpecahan

Kehidupan yang rukun di lingkungan sekolah bisa menghindari perselisihan dan perpecahan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Hidup Rukun di Lingkungan Sekolah

7. Menghasilkan Komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik akan mengurangi atau menghindari terjadinya perselisihan atau kesalahpahaman, masalah-masalah yang dihadapi oleh seseorang dapat dibicarakan dengan orang terdekat di sekolah untuk mendapatkan solusinya.

Kerukunan dalam di lingkungan sekolah dapat makin membangun komunikasi yang baik di antara seluruh anggota keluarga.

8. Menciptakan Rasa Aman dan Damai Kerukunan

Kerukunan dapat menciptakan kedamaian dan ketenteraman di lingkungan sekolah. Di lingkungan sekolah akan tercipta kerukunan serta tidak ada perselisihan dan pertengkaran sehingga menumbuhkan kedamaian bagi seluruh anggota sekolah.

8. Mempererat Tali Persatuan

Kerukunan akan memperkukuh ikatan persatuan dan kesatuan antarsesama anggota di sekolah.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer