Sukses


Macam-Macam Pertolongan Pertama saat Mata Kemasukan Benda Asing

Bola.com, Jakarta - Benda asing yang memasuki mata tentu akan menganggu kenyamanan beraktivitas yang sedang Anda lakukan lantaran penglihatan menjadi tidak jelas dan rasa mengganjal di aera mata.

Sebagai satu di antara organ vital yang sangat dibutuhkan, dibutuhkan langkah-langkah pertolongan pertama saat ada benda asing memasuki mata.

Kebanyakan orang biasanya akan menggosoknya ketika benda asing memasuki mata. Padahal, mata yang kemasukan benda asing dapat tergores jika terus-terusan digosok.

Pada sebagian besar kasus, beberapa kedipan yang menghasilkan air mata sudah cukup untuk membasuh benda asing tersebut keluar dari mata. Akan tetapi, pada berbagai kasus lainnya membutuhkan cara lain untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari dalam mata.

Lantas, bagaimana pertolongan pertama yang bisa kita lakukan di saat benda asing memasuki mata?

Berikut macam-macam pertolongan pertama saat mata kemasukan benda asing, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (21/10/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Pertolongan Pertama Saat Mata Kemasukan Benda Asing

1. Bersihkan Tangan

Cuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Tepuk-tepuk hingga kering untuk menghindari penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan kontaminasi ataupun infeksi pada mata.

2. Hindari Menggosok Mata

Walau terasa gatal dan perih, sebisa mungkin kamu harus menghindari menggosok mata. Aktivitas tersebut dapat melukai ataupun memperburuk gejala yang dialami. 

Kondisi terburuk yang mungkin terjadi, misalnya infeksi ataupun trauma pada selaput terluar bagian mata.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Pertolongan Pertama Saat Mata Kemasukan Benda Asing

3. Gunakan Cermin dan Hindari Benda Tajam

Untuk membantu menemukan benda asing yang masuk, kamu bisa menggunakan cermin untuk menemukan objek tersebut. 

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melihat ke atas dan ke bawah, lalu ke kiri dan ke kanan saat mencoba untuk menelusuri letak dari benda asing.

Kamu juga sebaiknya menghindari penggunaan benda tajam, seperti pinset. Hal tersebut justru bisa melukai bagian selaput terluar mata.

4. Gunakan Larutan Saline

Benamkan mata yang bermasalah ke dalam wadah dangkal berisi larutan garam steril (saline). Jika larutan tersebut tidak tersedia, kamu bisa menggunakan air minum yang bersih untuk menggantikannya. 

Saat mata berada di dalam air, kedipkan mata beberapa kali untuk mengeluarkan benda asing tersebut. Jika objek tetap menempel, tarik perlahan kelopak mata atas menjauh dari bola mata untuk melepaskannya.

Kamu juga bisa mengalirkan air mata buatan, saline, atau air keran di atas mata saat terbuka. Langkah itu juga dapat menghilangkan kotoran.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Pertolongan Pertama Saat Mata Kemasukan Benda Asing

5. Gunakan Kapas Pembersih

Setelah benda tersebut tidak lagi berada di mata, gunakan kapas bersih untuk menyeka dan mengeringkan kulit di sekitar mata dengan lembut. Hindari mengeringkannya terlalu keras atau terburu-buru.

6. Lepaskan Lensa Kontak

Jika kamu memakai lensa kontak, lepaskan dulu sebelum kamu melakukan irigasi pada permukaan mata menggunakan air. Sebab, terkadang, benda asing dapat melekat pada permukaan bawah lensa kontak (sisi yang menempel langsung pada mata).

7. Mencari Pertolongan Medis

Jika benda asing yang masuk ke mata sangat besar atau kamu tidak bisa mengeluarkannya setelah mencoba beberapa kali, pertimbangkan untuk mencari pertolongan medis.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 12/5/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer