Sukses


Macam-Macam Penyakit yang Bisa Dihindari dengan Mencuci Tangan

Bola.com, Jakarta - Pentingnya mencuci tangan tentu sudah kita ketahui. Sejak kecil, kita diajarkan untuk memiliki kebiasaan mencuci tangan, semisal sebelum makan, setelah bermain, setelah dari toilet, dan sebagainya.

Kebiasaan tersebut baik adanya, dan bahkan makin ditekankan saat dunia dilanda pandemi COVID-19. Faktanya, dengan memiliki kebiasaan mencuci tangan, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit, termasuk di antaranya penyakit infeksi virus corona.

Tidak hanya virus corona, ada beberapa penyakit berbahaya lain yang bisa dicegah dengan tindakan sederhana berupa mencuci tangan.

Hanya, tak serta merta mencuci tangan secara baik dan benar saja, melainkan harus tetap diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Lantas, dengan mencuci tangan dapat menghindarkan kita dari terjadinya penyakit-penyakit apa saja?

Berikut ini macam-macam penyakit yang bisa dihindari dengan mencuci tangan, disadur dari Klikdokter, Minggu (23/10/2022).

2 dari 4 halaman

Penyakit yang Bisa Dihindari dengan Mencuci Tangan

Diare

Bakteri salmonela, E. coli, virus hepatitis A, atau telur cacing yang menjadi penyebab tersering diare bisa ikut masuk ke tubuh bersama makanan, khususnya jika kamu tidak menjaga kebersihan tangan dengan baik.

Maka itu, bagi Anda yang tidak ingin mengalami diare, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir wajib dilakukan di waktu-waktu penting, seperti sebelum makan, setelah dari toilet, atau seusai beraktivitas.

Pneumonia

Infeksi saluran napas akut dan pneumonia dapat memicu kematian pada anak di bawah lima tahun.

Kabar baiknya, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat mengurangi angka kejadian infeksi saluran pernapasan hingga 25 persen.

Tidak hanya pneumonia, common cold atau pilek juga bisa ditangkal dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Pencegahan Wabah

Dengan mencuci tangan, kamu bisa ikut membantu program pemerintah dalam mencegah wabah penyakit, seperti ebola maupun kolera.

Keduanya merupakan penyakit yang menjadi fokus pemerintah agar bisa segera tereliminasi.

 

3 dari 4 halaman

Penyakit yang Bisa Dihindari dengan Mencuci Tangan

Infeksi Nosokomial

Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir perlu diterapkan oleh para tenaga medis. Hal ini bisa mencegah infeksi nosokomial (berkaitan dengan rumah sakit), yang merupakan penyebab resistensi antibiotik dan membuat pasien rawat inap membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Infeksi Parasit

Selain dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit kulit dan mata, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir  bisa diandalkan untuk mencegah infeksi cacing pada saluran pencernaan.

Infeksi Virus Corona alias Coronavirus

Novel coronavirus (nCov) atau lebih umum dikenal dengan virus corona adalah jenis virus yang masih satu keluarga dengan Middle East Respiratory Syndrome (MERS-Cov) dan SARS (infeksi saluran pernapasan akut).

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa persebaran virus tersebut dapat dicegah dengan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara rutin.

4 dari 4 halaman

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Berikut ini cara mencuci tangan yang efektif untuk mencegah penyakit:

  • Basahi tangan dengan air bersih mengalir dan gunakan sabun antibakteri secukupnya.
  • Busakan sabun dan gosok kedua telapak tangan dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan lainnya.
  • Gosok kedua punggung tangan. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri. Lakukan pada tangan sebaliknya.
  • Bersihkan sela-sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kiri.
  • Gosok bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  • Bersihkan ibu jari. Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan. Begitu pula sebaliknya.
  • Jangan lupakan bagian kuku dan ujung jari. Bersihkan dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu. Kemudian, gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Lakukan juga pada tangan sebaliknya.
  • Langkah tersebut harus dilakukan selama minimal 20 detik, dengan air bersih yang mengalir menggunakan sabun antibakteri.
  • Setelahnya, keringkan dengan hand dryer, lap atau handuk tangan yang bersih.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 30/3/2020)

Silakan klik tautan ini untuk artikel kesehatan dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer