Sukses


Contoh Surat Penagihan Utang yang Bisa Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Sebagai pemberi pinjaman, terkadang institusi atau perseorangan mengalami kesulitan dalam menagih utang atau pinjaman uang yang mereka berikan.

Terkadang, ada saatnya ketika peminjam tidak menepati surat perjanjian yang sudah disepakati dalam mengembalikan utang atau sudah melewati jatuh tempo. 

Dengan demikian, pemberi pinjaman berhak menagih dengan memberikan surat penagihan utang kepada peminjam.

Utang yang dimaksud tidak hanya berupa peminjaman uang saja, tetapi juga bisa berupa utang pembayaran barang, pembayaran jasa, atau faktur penjualan.

Sebelum membuat surat penagihan utang, tentunya Anda perlu memahami bagaimana cara membuatnya dengan baik dan benar agar mudah dipahami.

Berikut contoh surat penagihan utang yang bisa dijadikan referensi, seperti dikutip dari laman Suratresmi, Jumat (21/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Surat Penagihan Utang Perusahaan

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA

Jl. Mahameru No. 123, Medan

Telp: 001-123456, Email: majujayasejahtera @xxxx.com

Website: majujayasejahtera.com

 

Nomor: 123/MJS/06/2019

Lampiran: Invoice

Perihal: Penagihan Utang

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Sukses Makmur

Jl. Jend. Sudirman No. 123

Medan

 

Dengan hormat,

Menurut pembukuan bagian penjualan perusahaan kami, Saudara masih memiliki kewajiban pembayaran yang belum dilunasi. Hal ini sesuai dengan pesanan Saudara tertanggal 10 Mei 2019 berupa Laptop Acer D417 sebanyak 10 unit dengan total pembayaran senilai Rp34.000.000,- (Tiga Puluh Empat Juta Rupiah).

Sehubungan dengan hal tersebut, Saudara sudah melakukan pembayaran secara tunai sebesar Rp20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah), dan memiliki sisa pembayaran senilai Rp14.000.000,- (Empat Belas Juta Rupiah), dengan nomor invoice : 123/INV/SM/2019, yang salinannya kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Mengingat batas waktu satu bulan sudah terlewati sesuai kesepakatan bersama, maka kami berharap agar Saudara segera melakukan pelunasan dari sisa pembayaran sesuai invoice tersebut.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

 

Medan, 20 Juni 2019

Hormat Kami,

Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

 

Anton Syahputra

3 dari 4 halaman

Contoh Surat Penagihan Utang dari Bank

BANK ABC 

Jl. Jenderal Sudirman Nomor 66, Bandung.

Nomor: 011/BKG-SPH/VIII/2020

 

Kepada Yth,

Saudara Darta Sidarta

di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami sampaikan surat penagihan utang kepada Saudara sebesar Rp1.000.000.000,00 sudah melewati jatuh tempo.

Dikarenakan sudah melewati tempo yang diberikan maka Saudara akan dikenakan beban tambahan sebesar 15%. Untuk pembayaran utang tersebut, Saudara dapat datang langsung ke kantor cabang Bank ABC.

Surat ini dapat menjadi acuan untuk Saudara bawa ke kantor kami. Batas waktu akan ditambah selama 20 hari. Surat ini dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya jika Saudara sudah melunasi pembayaran. 

Dengan begitu, Saudara tidak akan mendapatkan kerugian.

Demikian surat ini kami sampaikan. Dimohon untuk kerja samanya dan terima kasih atas perhatiannya.

 

Bandung, 30 September 2020

Hormat kami,

 

Direktur Keuangan BANK ABC

4 dari 4 halaman

Contoh Surat Penagihan Utang Kepada Perorangan

Perihal: Penagihan Utang

Lampiran: Surat Pernyataan Utang

 

Kepada

Bapak Anton Syahputra

Jl. Kasuari No. 123, Medan

 

Dengan hormat,

Dengan ini, saya bermaksud mengingatkan mengenai dana pinjaman tunai senilai Rp5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) oleh Bapak Anton Syahputra dari saya sendiri, tertanggal 10 Mei 2019 lalu. Dalam surat pernyataan utang yang kita tandatangani bersama, sudah disepakati jika Bapak akan membayarnya pada tanggal 10 Juni 2019.

Mengingat batas waktu yang kita tentukan bersama sudah lewat, dengan ini saya meminta agar Bapak segera melunasi utang tersebut. Bersama ini sudah saya lampirkan salinan dari surat perjanjian utang yang sudah Bapak tandatangani.

Demikian surat pemberitahuan ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Medan, 20 Juni 2019

Hormat Saya,

 

Muhammad Ilham

 

Sumber: Suratresmi

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer