Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Kecanduan Gim Online

Bola.com, Jakarta - Gim online adalah jenis permainan secara daring yang terkoneksi langsung dengan internet alias real time.

Di zaman serbadigital ini, bermain gim online kerap dijadikan opsi untuk melepas rasa penat. Pasalnya hanya dengan gadget, seseorang bisa memainkan berbagai jenis gim online yang disukai.

Bermain gim online merupakan kegiatan yang menyenangkan. Meski mengasyikan, kecanduan bermain gim online bisa berdampak buruk bagi kondisi tubuh dalam jangka panjang.

Bahkan, beberapa penelitian menemukan adanya peningkatan risiko penyakit tertentu pada orang-orang yang kecanduan bermain gim online.

Untuk itu, berhati-hatilah apabila kamu punya kebiasaan satu ini ini. Lantas, apa saja dampak buruk kecanduan gim online yang perlu diwaspadai?

Berikut ini macam-macam dampak buruk kecanduan gim online yang penting untuk diketahui, dikutip dari laman Gamequitters dan Healthygamer, Senin (24/10/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kecanduan Gim Online

1. Kerusakan Mata

Kerusakan mata terjadi karena mata dipaksa untuk menatap layar smartphone atau komputer dalam waktu yang lama. Hal tersebut membuat mata mudah letih, memerah, dan menyebabkan cacat mata, yakni rabun dekat disertai sakit kepala.

2. Tingkat Konsentrasi Menurun

Bermain gim online secara berlebihan atau sampai kecanduan bisa berdampak pada gangguan konsentrasi. Hal ini karena adanya perubahan pada saraf otak yang membuat konsentrasi anak menurun sehingga anak gagal fokus serta mudah lupa.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kecanduan Gim Online

3. Keterampilan Sosial Berkurang

Hal ini dikarenakan makin sedikit waktu yang digunakan untuk bergaul atau bersosialisasi secara langsung dengan orang lain. Keterampilan sosial berkurang dapat terlihat pada perilaku cuek, tak acuh, kurang peduli terhadap orang lain dan hal-hal yang terjadi di sekitar.

4. Boros

Kecanduan gim online dapat membuat seseorang menjadi boros. Segala sesuatu yang bersifat online akan membutuhkan kuota internet. Jika kuota internet tersebut habis maka harus membelinya.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kecanduan Gim Online

5. Kehilangan Identitas Diri

Dampak buruk selanjutnya dapat memengaruhi identitas diri. Seseorang yang bermain gim online dapat dengan mudah meniru atau mempelajari bahasa dan perilaku yang buruk dari orang lain melalui gim online.

Hal ini dapat menghilangkan identitas yang dimiliki karena memiliki obsesi yang besar untuk menirukan karakter orang lain.

6. Insomnia

Insomnia terjadi karena pemain gim online umumnya terlalu sering berhadapan dengan laptop atau smartphone sehingga kurangnya produksi hormon melatonin. Berkurangnya hormon tersebut akan menyebabkan para pemain menjadi sulit tidur dan jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kecanduan Gim Online

7. Gangguan Motorik

Seharian bermain gim bisa membuat kita kurang bergerak. Lama-kelamaan hal ini bisa berdampak bagi kemampuan motorik yang akan menurun. Akibatnya, pertumbuhan badan tidak maksimal dan muncul risiko obesitas.

8. Perubahan Mood

Kecanduan gim online dapat mengalami mood changer atau perubahan mood. Perubahan mood adalah kondisi di mana gim online menjadi penentu mood seseorang.

Jika seseorang sedang bermain gim online, tetapi kalah, pasti akan merasa kesal dan jengkel karena tak mampu mengungguli lawannya. Lantaran kalah beberapa orang bahkan suka melampiaskan kemarahannya dengan berteriak seenaknya, bahkan hingga bisa melukai diri sendiri.

 

Sumber: Gamequitters, Healthygamer

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer