Sukses


Macam-Macam Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh, Ada Air Es

Bola.com, Jakarta - Macam-macam makanan dan minuman penghangat tubuh yang pas dinikmati saat hujan perlu kamu tahu. Dengan begitu, kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman sehat alih-alih sembarang camilan.

Saat hujan atau cuaca dingin, banyak dari kita yang kerap merasakan lapar atau setidaknya ingin ngemil. Mulai sekarang, etimbang mengonsumsi makanan dan minuman 'biasa', ada baiknya kamu menikmati minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Saat hujan maupun cuaca dingin perlu menghangatkan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Sup ayam dan teh panas menjadi makanan dan minuman yang sudah kerap dinikmati saat hujan atau ketika tubuh terasa dingin. Nah, di bawah ini ada beberapa makanan dan minuman lainnya yang bisa kamu konsumsi jika bosan hanya melulu sup dan teh.

Makanan dan minuman di bawah ini telah terbukti secara ilmiah dapat menghangatkan tubuh di musim hujan.

Berikut macam-macam makanan dan minuman penghangat tubuh, pas dinikmati saat hujan, disadur dari Klikdokter, Senin (24/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh

Kopi

Kopi tidak harus disajikan panas-panas untuk menghangatkan tubuh. Kandungan kafein dalam kopi lah yang menaikkan suhu tubuh, karena menstimulasi metabolisme tubuh dan menghasilkan panas. Jadi, es kopi juga dapat menghangatkan tubuh.

Jahe

Jahe sudah terkenal khasiatnya untuk menghangatkan tubuh. Biasanya jahe dimasukkan ke makanan dan minuman, seperti sup dan teh. 

Sebenarnya, kamu akan mendapatkan khasiatnya secara utuh jika memakannya dalam bentuk mentah.

Air Es

Menghangatkan tubuh dengan air es? Mengapa bukan segelas cokelat panas? Hal yang aneh, bukan? Penelitian menyebutkan, cokelat panas justru membuat suhu tubuh 

berfluktuasi untuk melawan efek dari cairan panas. Hal ini akan membuat suhu tubuh menurun. 

Sebaliknya, air es atau dingin akan meningkatkan suhu tubuh untuk melawan cairan yang dingin.

 

3 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh

Kacang

Kacang tinggi akan vitamin B3 yang memperlancar peredaran darah dan sistem metabolisme. Kedua hal inilah yang dapat mengatasi kedinginan. 

Kacang yang dicampur dengan lemak sehat dan tinggi protein seperti yoghurt merupakan camilan sehat yang akan menaikkan suhu tubuh.

Nasi Merah

Nasi merah adalah contoh karbohidrat kompleks yang akan dipecah oleh tubuh secara perlahan sehingga tubuh  akan menghasilkan energi dan panas lebih lama. 

Berbeda dengan nasi putih dan tepung (karbohidrat sederhana) yang dapat meningkatkan gula darah secara cepat. Hal ini tidak baik karena gula darah tersebut juga akan turun drastis secara cepat.

 

4 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh

Cabai Rawit

Makanan pedas juga dapat menghangatkan tubuh. Keringat dan rasa pedas yang lama tertinggal di lidah dan bibir akan menghangatkan tubuh, khususnya perut.

Kandungan capsaicin pada cabai yang memberikan efek tersebut. Sebenarnya, capsaicin mengiritasi jaringan yang dilewatinya dan terasa sebagai rasa pedas.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan lemak sehat yang akan menjadi bahan bakar sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh menghasilkan energi yang menghangatkan tubuh. 

Selain itu, minyak kelapa juga baik karena sifat antivirusnya dan dapat menstabilkan gula darah.

 

Disadur dari: Klikdokter.com 

Silakan klik tautan ini untuk artikel macam dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer