Sukses


Champion SAC Indonesia 2022: SMPN 4 Wonosari Mendominasi Penyisihan Lari 800 Meter

Bola.com, Yogyakarta - Energen Champion SAC 2022 Yogyakarta Qualifiers sudah merampungkan hari pertama di Stadion Mandala Krida, Jumat (21/10/2022) pagi. Kompetisi atletik antarpelajar ini langsung memunculkan talenta-talenta muda potensial.

Energen Champion SAC 2022 Yogyakarta Qualifiers diikuti 3.123 pelajar dari 247 sekolah tingkat SD, SMP, hingga SMA dari Yogyakarta. Pada hari pertama ini, sebanyak 12 nomor lomba atletik di pertandingan.

Satu di antaranya adalah penyisihan lari 800 meter dari kategori SMP untuk putra dan putri. Babak ini untuk menyaring delapan siswa yang mencatatkan waktu terbaik dan bersaing lagi pada final.

Wakil dari SMPN 4 Wonosari mendominasi pada penyisihan lari 800 meter ini. Catatan waktu terbaik untuk kelompok putra dan putri, diraih oleh siswa dan siswi dari sekolah ini.

Asmaranti Lintang mencatat waktu terbaik dari kategori lari 800 meter putri dengan waktu 2 menit 54,98 detik. Adapun catatan waktu terbaik putra diraih oleh Fahri Eko Supriyanto dengan 2 menit 20,13 detik.

Keduanya berhak tampil pada babak final Energen Champion SAC 2022 Yogyakarta Qualifiers yang akan dilangsungkan Minggu (23/10/2022).

2 dari 3 halaman

Tampil Kompetitif

Sementara itu, SMPN 2 Kretek (Bantul) juga tampil mendominasi dengan meloloskan tiga siswa terbanyak ke final nomor 800 meter putri. Mereka adalah Cinta Aulia Salsabila, Keysa Nur Aini, dan Inesa Septia Putri.

Sementara itu, pada penyisihan lari 800 meter putra kategori SMP, SMPN 1 Playen berhasil meloloskan dua siswanya ke final. Keduanya adalah Zulfaquronata Yudha dan Raihan Fahriansyah.

Dari nomor lompat jauh. Artila Damayanti, siswi dari kontingen Pathbe (sebutan SMAN Yogyakarta) dinobatkan sebagai ratu lompat jauh kategori SMA. Dia mencatatkan jarak lompatan terbaik 4,27 meter.

Adapun dari persaingan tolak peluru putra untuk kategori SMP, Masraka Raihan dari SMPN 2 Tempel, Sleman ini berhasil menjadi yang terbaik. Masraka mencatat jarak terjauh, yakni 10,03 meter.

Masraka Raihan unggul jauh atas dua pesaing terdekatnya yakni Michael Tanial (SMP Kristen Kalam Kudus) di urutan kedua dengan mencatat jarak 9,25 meter. Adapun Rivanda Restu(SMPN 2 Pandak) yang mencatat jarak 9,11 meter berada di podium ketiga.

3 dari 3 halaman

Sportainment

Sementara itu, Ketua Pengprov PASI Yogyakarta, Bambang Dewanjaya menyambut baik Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia Yogyakarta Qualifiers. Bambang menyebut kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini dikemas dengan sangat menghibur.

"Ini suatu terobosan yang sangat luar biasa karena biasanya kejuaraan atletik itu dianggap sangat monoton dan tidak ada gelegarnya. Nah, dengan penyelenggaraan lomba yang penuh sentuhan entertainment seperti Energen Champion SAC Indonesia ini, para peserta yang berlomba tidak hanya stres memikirkan lombanya," ujar Bambang.

"Akan Tetapi, juga ada unsur menyenangkannya. Kalau begini mereka punya kesan yang tak terlupakan. Tentunya akan menanyakan lagi kapan perlombaan digelar," tegas Bambang.

Energen Champion SAC Indonesia akan menjaring anak-anak muda bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), West Java (Bandung), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Central Java (Semarang), dan East Java (Surabaya).

Video Populer

Foto Populer