Sukses


Luhut Binsar Pandjaitan Hadiri Champion SAC Indonesia 2022 di Yogyakarta, Janjikan Juara Tingkat Nasional Berlatih ke Australia

Bola.com, Yogyakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan, hadir dalam upacara penutupan fase kualifikasi Energen Champion Student Atletics Championship (SAC) Indonesia 2022 regional Yogyakarta, Minggu (23/10/2022). Luhut pun memberikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan SAC Indonesia 2022 yang merupakan lomba atletik pelajar tersebut.

SAC Indonesia 2022 untuk kualifikasi Yogyakarta digelar di Stadion Mandala Krida mulai Jumat (21/10/2022) hingga Minggu (23/10/2022).

Hadir dalam acara penutupan kegiatan kualifikasi lomba atletik tersebut, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku terkejut dengan antusiasme peserta dari tiga wilayah yang sejauh ini sudah diselenggarakan, yaitu Bali dan Nusa Tenggara, Papua, dan kini Yogyakarta.

"Saya tidak menyangka, musim perdana Champion SAC Indonesia 2022 yang sudah berjalan di tiga wilayah sejauh ini diterima dengan sambutan yang sangat meriah. Kompetisi atletik pelajar ini merupakan rangkaian panjang perjalanan kami untuk mencari bibit muda yang terbaik," ujar Luhut dalam rilis yang diterima Bola.com, Minggu (23/10/2022)

2 dari 4 halaman

Ada Kesempatan Berlatih ke Australia

 

Sebagai bentuk apresiasi terhadap diselenggarakannya kompetisi atletik ini, Luhut Binsar Pandjaitan juga menegaskan bahwa para juara di level nasional nanti berkesempatan untuk bisa berlatih ke luar negeri, di mana Australia menjadi target dari tempat pelatihan.

"Dari hasil kualifikasi terbaik masing-masing daerah, baik putra dan putri, akan bersaing dengan para pemenang lain ketika berada di level nasional," ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

"Pelajar yang nantinya keluar sebagai pemenang nasional akan kami berangkatkan ke Australia untuk mengikuti training camp di fasilitas sports science ternama," lanjut Ketua Umum PB PASI itu.

 

Luhut Binsar Pandjaitan juga berharap Champion SAC Indonesia 2022 dapat membangun semangat persatuan di kalangan pelajar dalam sebuah kegiatan yang positif tanpa memandang ras, suku bangsa, maupun agama.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa mendorong semangat anak-anak untuk selalu berprestasi dan memicu kemunculan kompetisi atletik lainnya.

Selain menyampaikan apresiasi luar biasanya, Luhut menikmati pertandingan nomor lari estafet. Bahkan Ketua PB PASI itu memulai perlombaan tersebut dengan membunyikan pistol start.

 

 
3 dari 4 halaman

Tercipta Rekor Baru

 

 

Penyelenggaraan Champion SAC Indonesia 2022 di kualifikasi Yogyakarta diikuti sebanyak 3.123 peserta dari 247 sekolah se-provinsi DI Yogyakarta, mulai dari SD, SMP, hingga SMA di Stadion Mandala Krida pada 21 hingga 23 Oktober 2022.

Dari pelaksanaan selama tiga hari di Yogyakarta, muncul rekor baru di SAC Indonesia 2022. Rekor tersebut muncul dari nomor tolak peluru putra untuk kategori SMA.

Rifki Adi Saputra berhasil mencatatkan rekor tolakan dengan jarak terjauh. Siswa MAS Al I'anah Playen ini berhasil mencatatkan tolakan sejauh 13,63 meter. Peringkat kedua dicapai Dita Kurnia Pratama dari SMAN 1 Seyegan dengan tolakan 10,66 meter.

Lontaran sejauh 13,63 meter milik Rifki Adi ini sekaligus memecahkan rekor sebelumnya yang dicatatkan oleh Farid Rizwan di Bali dan Nusa Tenggara yang berlangsung di Mataram pada 30 September hingga 2 Oktober 2022.

Ketika itu siswa SMAN 2 Mataram itu berhasil naik podium juara untuk kualifikasi Bali dan Nusa Tenggara dengan tolakan 11,36 meter.

Selain mencatatkan rekor, Rifki Adi, bersama dengan Dita Kurnia mewakili Yogyakarta bakal berlaga di National Championship di Jakarta pada Desember 2022.

Tak hanya mereka berdua, tapi juga dengan para pelajar lain yang sukses naik podium pertama dan kedua dari beberapa nomor yang diperlombakan untuk tingkat SMA di kualifikasi Yogyakarta ini.

 

 
4 dari 4 halaman

Masih Ada 6 Kualifikasi Lagi

Setelah fase kualifikasi Champion SAC Indonesia 2022 digelar di tiga wilayah, yaitu Bali dan Nusa Tenggara, Papua, dan Yogyakarta, masih ada enam fase kualifikasi lagi yang akan diselenggarakan di enam daerah lain.

Keenam daerah tersebut adalah Jawa Barat yang akan digelar di Bandung, Sumatra Utara yang digelar di Medan, DKI Jakarta dan Banten yang digelar di Jakarta, Kalimantan yang bakal berlangsung di Banjarmasin, Jawa Tengah di Semarang, dan terakhir di Surabaya untuk menjaring bakat dari Jawa Timur.

 

Video Populer

Foto Populer