Sukses


Daftar Kebiasaan yang Bikin Kamu Tidak Bahagia, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Setiap orang ingin bahagia. Namun, terkadang, kita lupa bahwa kebahagiaan datang dari dalam diri sendiri dan bukan dari luar.

Maka itu, alih-alih menggantungkan kebahagiaan dari orang lain, lingkungan sekitar, maupun peristiwa yang terjadi, kamu perlu menggali lebih dalam dari dirimu sendiri. 

Itulah mengapa banyak orang menganggap kebahagiaan bukan sesuatu yang kita kejar melainkan kita upayakan sendiri. 

Untuk bahagia, sejatinya kamu hanya perlu mengubah pola pikir. Lalu, ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari sering kita lakukan, yang justru makin menjauhkan kita dari kebahagiaan.

Yap, ketakbahagiaan berasal dari pemikiran, perilaku, dan kebiasaan kita sendiri.

Untuk itu, kamu perlu tahu apa saja kebiasaan yang bisa menjauhkanmu dari kebahagiaanmu. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mencoba mengurangi dan bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut.

Berikut daftar kebiasaan yang bikin kamu tidak bahagia, dilansir dari Positivityblog, Senin (24/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kebiasaan yang Bikin Kamu Tidak Bahagia

1. Mengejar Kesempurnaan

Apakah hidup harus sempurna sebelum kamu bahagia? Apakah kamu harus berperilaku dengan cara yang sempurna dan mendapatkan hasil yang sempurna untuk bahagia?

Maka kebahagiaan tidak akan mudah ditemukan. Menetapkan standar untuk kinerjamu pada tingkat yang tidak manusiawi biasanya mengarah pada harga diri yang rendah dan perasaan bahwa kamu tidak cukup baik, meski kamu mungkin telah mendapatkan banyak hasil yang baik atau sangat baik.

Untuk mengatasinya, alih-alih kesempurnaan, kejarlah "cukup baik". Ingat, kesempurnaan hanyalah mitos. Namun, bukan berarti lantas kamu menjadi malas-malasan. Tetap canangkan deadline sehingga kamu bisa menyelesaikan apa yang harus kamu tuntaskan.

2. Hidup dalam Lautan Suara-Suara Negatif

Dengan siapa kita bersosialisasi, apa yang kita baca, tonton, dan dengarkan memiliki pengaruh besar pada perasaan dan pikiran kita.

Menjadi jauh lebih sulit untuk menjadi lebih bahagia jika kamu membiarkan dirimu terseret oleh suara-suara negatif.

Suara-suara yang memberi tahu kamu bahwa sebagian besar hidup akan selalu tidak bahagia, berbahaya, dan penuh dengan ketakutan, kekhawatiran, dan batasan. Suara-suara yang melihat kehidupan dari perspektif negatif.

Untuk mengatasinya, ganti suara-suara negatif itu dengan pengaruh yang lebih positif. Habiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang positif, musik dan buku yang menginspirasi, film dan acara TV yang membuatmu tertawa dan berpikir tentang kehidupan dengan cara baru.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan yang Bikin Kamu Tidak Bahagia

3. Terlalu Banyak Terjebak di Masa Lalu dan Masa Depan

Menghabiskan banyak waktumu di masa lalu dan menghidupkan kembali kenangan lama yang menyakitkan, konflik, peluang yang terlewatkan, dan sebagainya dapat menyakitkan.

Begitu pula dengan menghabiskan banyak waktumu di masa depan dan membayangkan bagaimana hal-hal bisa salah di tempat kerja, dalam hubunganmu, dan dengan kesehatanmu dapat menciptakan keraguan diri dan membangun skenario mimpi buruk yang mengerikan dan bermain-main di kepalamu.

Tidak berada di sini sekarang dalam hidup seperti yang terjadi, dapat menyebabkan kehilangan banyak pengalaman indah. Bukan kebiasaan baik jika kamu ingin lebih bahagia.

4. Membandingkan Dirimu dan Hidupmu dengan Orang Lain dan Hidup Mereka

Satu di antara kebiasaan sehari-hari yang sangat umum dan merusak adalah terus-menerus membandingkan hidupmu dan dirimu dengan orang lain dan kehidupan mereka.

Kamu membandingkan mobil, rumah, pekerjaan, sepatu, uang, hubungan, popularitas sosial, dan sebagainya.

Pada akhirnya, kamu menjatuhkan harga dirimu dan kamu menciptakan banyak perasaan negatif.

Untuk mengatasinya, alih-alih membandingkan dirimu dengan orang lain, bandingkan dirimu dengan dirimu sendiri.

Lihat seberapa banyak kamu telah berkembang, apa yang telah kamu capai dan kemajuan apa yang telah kamu buat menuju tujuanmu. Dengan ini, kamu akan merasa baik tentang diri sendiri tanpa harus memikirkan orang lain.

4 dari 4 halaman

Kebiasaan yang Bikin Kamu Tidak Bahagia

5. Berfokus pada Detail Negatif dalam Hidup

Melihat aspek negatif dari situasi apa pun yang kamu hadapi dan memikirkan detail itu adalah cara pasti untuk membuat dirimu tidak bahagia.

Untuk mengatasinya, kamu harus menerima bahwa segala sesuatu dan situasi akan memiliki kelebihan dan kekurangan daripada berpikir bahwa semua detail harus positif dan luar biasa. 

Cara lain adalah fokus untuk menjadi konstruktif alih-alih berfokus pada berdiam dan mengkhawatirkan tentang detail negatif.

6. Membatasi Hidup karena Kamu Percaya Dunia Berputar di Sekitarmu

Jika kamu berpikir bahwa dunia berputar di sekitarmu dan kamu menahan diri karena kamu takut dengan apa yang orang pikirkan atau katakan jika kamu melakukan sesuatu yang berbeda atau baru maka kamu memberikan batasan besar dalam hidupmu.

Hal itu akan membuatmu makin sulit untuk terbuka terhadap hal-hal baru dan berkembang.

Untuk mengatasinya, kamu perlu tahu bahwa orang tidak terlalu peduli dengan apa yang kamu lakukan. Mereka penuh dengan kekhawatiran tentang kehidupan mereka sendiri dan apa yang orang mungkin pikirkan tentang mereka.

7. Mempersulit Hidup

Hidup bisa rumit. Hal ini dapat menciptakan stres dan ketakbahagiaan. Namun, banyak dari ini sering dibuat sendiri oleh kita.

Dunia mungkin menjadi lebih kompleks, tetapi itu tidak berarti bahwa kita tidak dapat menciptakan kebiasaan baru yang membuat hidupmu sedikit lebih sederhana.

Berkomunikasi dan bertanyalah karena kita tak dapat membaca pikiran orang lain. Buanglah barang-barang yang sudah tdak kamu gunakan sepanjang tahun lalu, dan kerjakan tugasmu satu per satu. Itu adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tidak mempersulit hidupmu sendiri.

 

Sumber: Positivityblog

Silakan klik tautan ini untuk artikel kesehatan mental dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer