Sukses


Bacaan Doa sebelum Belajar agar Mudah dalam Menyerap Ilmu

Bola.com, Jakarta - Membaca doa adalah satu di antara cara yang biasa umat muslim lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

BACA JUGA: Kumpulan doa sehari-hari yang bisa diamalkan setiap hari

Banyak kegiatan dalam kehidupan sehari-hari yang harus kita awali dengan membaca doa, satu di antaranya ketika akan belajar.

Belajar adalah satu di antara bentuk menuntut ilmu agar kita sebagai manusia menjadi makhluk yang berilmu dan jauh dari kebodohan.

Menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban bagi seorang muslim agar hidup tidak tersesat. Bahkan Allah Swt. telah berjanji akan meninggikan derajat orang-orang yang menuntut ilmu.

Menuntut ilmu juga menjadi wujud umat muslim dalam berjihad menegakkan kebenaran sehingga pahala yang didapatkan pastinya tidak sedikit.

Untuk memperlancar proses dalam belajar, sudah selayaknya kita memohon dengan cara berdoa kepada Allah Swt.

Berikut bacaan doa sebelum belajar agar mudah dalam menyerap ilmu, seperti disadur dari Dream, Selasa (25/10/2022).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Belajar

Rasulullah saw. selalu mencontohkan hal-hal yang baik kepada umatnya agar nantinya setiap umat juga melakukan apa yang dilakukan oleh beliau. Satu di antaranya adalah membaca doa sebelum belajar.

Dalam hal ini menunjukkan bahwa Rasulullah saw. memberikan perhatian yang besar dalam menuntut ilmu.

Melalui ilmu, manusia bisa memiliki bekal yang akan dibawanya dalam menjalani hidup ini. Melalui ilmu juga, manusia bisa meraih kesuksesannya.

Namun, satu hal yang tak boleh dilupakan adalah usahakan membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu agar Allah Swt. melancarkan usahamu dalam menuntut ilmu.

Berikut adalah bacaan doa hendak belajar yang diajarkan oleh Rasulullah saw.:

Allahumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah'alainaa Bima'rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Rahimiin.

Artinya: "Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang."

Doa Mau Belajar agar Selalu Diberi Kemudahan 

Belajar bukanlah suatu hal yang mudah. Kamu harus benar-benar mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kondisi fisik yang sehat dan juga pikiran yang baik. Jika kamu tidak siap, misalnya saja kondisi fisik yang sakit, proses belajar tidak akan membuatmu nyaman.

Satu lagi yang bisa memudahkanmu dalam belajar adalah membaca doa mau belajar karena sesungguhnya yang akan memberikanmu kemudahan dan kelancaran dalam belajar adalah Allah Swt. Jadi, kamu harus memohon dan berserah kepada-Nya.

Berikut doa sebelum belajar agar selalu diberi kemudahan yang dijelaskan oleh Syaikh Said bin Ali bin Wahf Al Qahthani melalui kitab Hishnul Muslim:

Allaahumma laa sahla illaa maa jaaltahu sahlan wa anta tajalul hazna idzaa syita sahlan.

Artinya: "Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Belajar

Ada sebuah doa yang diajarkan agar dalam proses belajar diberikan pemahaman. Doa tersebut dikutip dari kitab Majmu'ah Maqruat Yaumiyyah wa Usbu’iyyah oleh KH. Muhammad bin Abdullah Faqih.

Doa tersebut dianjurkan agar dibaca saat sebelum mengaji ataupun belajar. Berikut bacaan doanya:

Allahummarzuqna fahman nabiyyina wa hifdhal mursalina wa ilhamal malaikatil muqarrabin birahmatika ya arhamar rahimina.

Artinya: "Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Zat yang Mahapengasih."

Kemudian bacaan tersebut bisa dilanjutkan dengan bacaan doa berikut ini:

Allahumma aghnini bil ‘ilmi, wazayyinni bil hilmi wa akrimni bit taqwa, wa jammilni bil ‘afiyah, birahmatika ya arhamar rahimîn.

Artinya: "Ya Allah, limpahi aku dengan ilmu, hiasi diriku dengan kesantunan, muliakan aku dengan takwa, dan perindah diriku dengan kesehatan, sebab kasih sayang-Mu, wahai Zat yang Maha Pengasih."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Publsihed: 21/12/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer