Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Minum Air Putih Berlebihan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi air putih bermanfaat menjaga tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan, menjaga kesehatan sendi dan otot, menurunkan berat badan, hingga menghilangkan racun dalam tubuh.

Para ahli merekomendasikan agar kita wajib mengonsumsi air putih hingga delapan gelas atau total dua liter setiap hari.

Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan air sangat bervariasi menurut usia, jenis kelamin, cuaca, tingkat aktivitas, dan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, tidak ada rumus pasti berapa banyak kebutuhan air putih yang dibutuhkan oleh manusia dalam satu hari.

Terlepas dari itu, mengonsumsi air putih secara berlebihan ternyata punya dampak buruk bagi kesehatan.

Kondisi terlalu banyak minum air putih ini biasa disebut sebagai overhidrasi. Overhidrasi akan menyebabkan kadar air menumpuk dan mencairkan zat penting yang terdapat dalam darah.

Lantas, apa saja dampak buruk yang muncul akibat terlalu banyak minum air putih?

Berikut ini macam-macam dampak buruk minum air putih berlebihan, dikutip dari laman Clevelandclinic dan Mayoclinic, Rabu (26/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Minum Air Putih Berlebihan

1. Sering Buang Air Kecil

Sebagian besar orang buang air kecil sebanyak enam hingga delapan kali dalam sehari. Kalau kamu mendapati buang air kecil hingga lebih dari 10 kali sehari (apalagi sampai sering terbangun di tengah malam untuk buang air kecil), kemungkinan kamu terlalu banyak minum air.

2. Perubahan Warna Urine

Urine yang sehat akan berwarna kuning cerah. Jika urine berubah warna menjadi bening atau jernih, itu tanda jika kamu terlalu banyak minum air.

3. Sakit Kepala Berdenyut Sepanjang Hari

Hati-hati, sakit kepala juga dapat menandakan overhidrasi maupun dehidrasi. Kelebihan air dalam tubuh menyebabkan kadar garam pada tubuh turun dan sel membengkak.

Pembengkakan ini menyebabkan pembesaran ukuran, termasuk sel pada otak yang menekan tengkorak. Tekanan ini menyebabkan sakit kepala berdenyut dan dapat menyebabkan kerusakan otak dan kesulitan bernapas.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Minum Air Putih Berlebihan

4. Otot Lemah yang Mudah Kram

Ketika kadar elektrolit turun akibat terlalu banyak minum air, keseimbangan tubuh akan menurun. Rendahnya kadar elektrolit dalam tubuh menyebabkan kejang otot dan kram.

5. Kelelahan

Minum terlalu banyak air menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras untuk membuang kelebihannya. Ini menciptakan reaksi hormon yang membuat kamu merasa stres dan lelah.

6. Menyebabkan Hiponatremia

Minum terlalu banyak air putih bisa menyebabkan kelebihan cairan dan ketakseimbangan dalam tubuh.

Kelebihan air bisa menyebabkan kadar garam tubuh turun, mengakibatkan mual, muntah, kram, kelelahan, dan gejala lainnya. Hiponatremia adalah istilah medis untuk kondisi ini.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Minum Air Putih Berlebihan

7. Pembengkakan Sel

Hal ini masih ada hubungannya dengan kondisi hipnotremia sebelumnya. Ketika kadar natrium di dalam tubuh menurun, air akan masuk ke sel melalui membran sel semipermeabel melalui proses osmosis.

Kondisi inilah yang menyebabkan pembengkakan sel dan dapat mengakibatkan kerusakan serius pada jaringan otot, organ, dan otak.

8. Timbulnya Masalah pada Organ Hati

Penting untuk dicatat, bahwa masalah pada organ hati ini tidak hanya disebabkan oleh terlalu banyak minum air. Sebaliknya, masalah pada organ hati ini terjadi karena minum terlalu banyak air dengan zat besi di dalamnya.

Kelebihan zat besi memang tidak terlalu merugikan, tetapi ini dapat menyebabkan kondisi sirosis hati yang menyebabkan masalah pada kesehatan organ hati.

9. Berpotensi Risiko Koma

Kerusakan otak dan organ visceral yang dialami tubuh akibat keracunan air dapat menyebabkan koma, dan dalam beberapa kasus akan mengakibatkan kematian. Maka itu, jangan minum terlalu banyak air dalam waktu singkat.

 

Sumber: Clevelandclinic, Mayoclinic

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer