Sukses


8 Contoh Dampak Positif Modernisasi bagi Kehidupan Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Modernisasi adalah proses berubahnya sistem kehidupan masyarakat dari kehidupan tradisional menuju ke arah kehidupan modern.

Modernisasi adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Latin, yaitu 'modernus'. Istilah 'modernus' tersebut berasal dari kata 'modo', yaitu cara serta 'ermus' yang menunjukan pada periode waktu di masa kini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, modernisasi adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini.

Modernisasi dapat memengaruhi setiap elemen yang ada di masyarakat. Modernisasi terbukti mampu mengubah perilaku manusia. Adanya modernisasi membuat kehidupan masyarakat bertambah maju.

Modernisasi ini dapat dirasakan dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, dari yang tinggal di kota metropolitan sampai ke desa-desa terpencil.

Dampak positif modernisasi dapat dirasakan di berbagai aspek kehidupan manusia. Apa saja dampak positif modernisasi?

Berikut ini dampak positif modernisasi bagi kehidupan masyarakat, dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Selasa (25/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dampak Positif Modernisasi

1. Memperkuat Kesatuan dalam Masyarakat

Karakteristik manusia modern antara lain memiliki sikap terbuka terhadap segala bentuk perubahan, lebih menghargai orang lain karena prestasi, dan memiliki orientasi ke masa depan.

Karakter-karakter yang dimiliki manusia modern ini memudahkan proses interaksi dan memperlancar komunikasi dalam masyarakat.

Proses interaksi yang lancar dan berjalan dengan baik akan mempercepat jalinan hubungan antarwarga yang pada akhirnya dapat memperkuat kesatuan dalam masyarakat.

2. Meningkatkan Keinginan untuk Mengembangkan Kualitas Diri.

Di dalam era modernisasi persaingan makin ketat dan perkembangan teknologi makin canggih, setiap orang perlu mengembangkan kualitas dirinya agar mampu bersaing.

Selain itu, setiap orang perlu menjadi pribadi yang lebih cakap, terampil, dan mampu menghadapi persaingan dengan cara pandang yang positif.

3 dari 4 halaman

Dampak Positif Modernisasi

3. Mengubah Tata Nilai dan Sikap

Modernisasi mengubah cara berpikir masyarakat yang tidak rasional menjadi rasional. Pemikiran tidak rasional merupakan cara berpikir yang tidak berdasarkan akal atau logika, tetapi lebih menggunakan emosi, berpikiran picik, dan menghalalkan segala cara.

4. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek)

Kesiapan manusia modern untuk berubah dan terbuka pada hal-hal baru akan mengubah pola pikir. Masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi baru dapat membantu meringankan beban pekerjaan serta menghemat waktu dan tenaga.

Iptek akan meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup. Kemajuan iptek akan menumbuhkan rasa ingin tahu, ingin mempelajari lebih lanjut, dan kemudian turut menciptakan hal baru.

5. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Kehidupan manusia dari waktu ke waktu mengalami peningkatan seiring dengan makin majunya teknologi.

Contoh: dibukanya industri baru akan dapat membuka lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan, dan pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

4 dari 4 halaman

Dampak Positif Modernisasi

6. Pelayanan Kesehatan Meningkat

Penyediaan dan pelayanan jasa kesehatan makin meningkat. Jumlah rumah sakit makin meningkat, industri farmasi dan alat-alat kesehatan makin berkembang, pelayanan kesehatan makin baik.

7. Kenyamanan Transportasi

Dengan kemajuan di bidang transportasi, masyarakat dapat menikmati fasilitas-fasilitas transportasi yang mengutamakan kenyamanan, keterjangkauan harga, dan ketepatan waktu, seperti bus, taksi, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut.

8. Meningkatkan Kesadaran Politik dan Demokrasi

Makin mudah mengakses informasi, baik dari media cetak maupun media elektronik maka makin banyak pula pengetahuan politik yang didapatkan oleh masyarakat.

Pengetahuan politik yang dimiliki ini akan meningkatkan kesadaran untuk berpartisipasi dalam proses politik dan mewujudkan kehidupan yang demokratis, seperti ikut serta memilih pemimpin dalam Pemilu atau menyampaikan aspirasi dan pendapat kepada pemangku kebijakan.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer