Sukses


Daftar Makanan Pantangan yang Wajib Dihindari Pengidap Asma

Bola.com, Jakarta - Asma adalah suatu penyakit berupa peradangan kronik dalam saluran napas. Hal itu yang menyebabkan penyempitan saluran napas (hiperaktifitas bronkus).

Ketika seseorang mengalami asma, umumnya akan mengalami sesak di dada, kesulitan bernapas, batuk, napas berbunyi, hingga membuat pengidapnya lemas atau hampir pingsan.

Sebagai informasi, penyakit asma bukan jenis penyakit yang dianggap sepele. Pasalnya, penyakit ini belum ditemukan penyembuhannya.

Meski asma merupakan penyakit yang sulit diobati, tetapi mampu dikendalikan. Untuk mencegahnya kambuh, pengidap asma harus lebih selektif untuk memilih makanan yang dikonsumsi.

Jangan sampai makanan yang dikonsumsi makin memperparah kondisi asma yang diderita. Lantas, apa saja makanan yang harus dihindari pengidap asma?

Berikut ini daftar makanan pantangan yang wajib dihindari pengidap asma, dikutip dari laman Everydayhealth dan Mayoclinic, Kamis (27/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Wajib Dihindari Pengidap Asma

1. Makanan yang Mengandung Gas

Makanan yang mengandung gas dapat memberikan tekanan pada diafragma. Tanpa disadari, hal tersebut dapat menyebabkan sesak dada dan memicu gejala asma lainnya.

Apalagi jika kamu mempunyai riwayat penyakit asam lambung tinggi (GERD). Deretan makanan seperti kacang-kacangan, minuman berkarbonasi atau bersoda, bawang putih, bawah merah, dan gorengan dianjurkan untuk dihindari pengidap asma.

2. Makanan Cepat Saji dan Junk Food

Pengidap asma masih boleh menyantap makanan cepat saji, tetapi dengan batas wajar. Pasalnya, makanan cepat saji mengandung kadar lemak jenuh, zat aditif, dan natrium yang tinggi.

Bagi pengidap asma, kandungan pada makanan cepat saji bisa memperburuk gejala dan menimbulkan risiko kesehatan yang lebih kompleks.

Menurut penelitian, orang yang rutin menyantap makanan cepat saji, terutama burger, memiliki risiko besar mengalami asma parah serta mengi dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi junk food kurang dari dua kali per minggu.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Wajib Dihindari Pengidap Asma

3. Makanan Mengandung Sulfit

Sulfit adalah bahan kimia yang banyak ditemukan dalam makanan dan minuman. Bahan kimia ini sering digunakan sebagai bahan pengawet.

Meski begitu, sejumlah produk makanan fermentasi tertentu juga bisa menciptakan reaksi kimia yang mengaktifkan sulfit secara alami.

Pengawet ini bisa memicu serangan asma karena reaksi kimia yang terjadi dalam tubuhmu. Sulfit akan melepaskan gas sulfur yang akan membuat saluran pernapasan menyempit dan iritasi.

Inilah yang memicu sesak napas dan serangan asma. Makanan yang diawetkan seperti asinan kubis atau sawi, buah kering, dan acar memiliki kadar sulfit yang tinggi. Wine, alkohol, dan jus anggur segar juga mengandung sulfit yang tinggi.

4. Susu

Susu memang baik untuk kesehatan. Namun, bagi beberapa orang, mengonsumsi susu dapat memicu terjadinya serangan asma, seperti mengi, batuk, atau gejala gangguan pernapasan lainnya.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Wajib Dihindari Pengidap Asma

5. Kerang

Makanan laut atau seafood ini berpotensi menyebabkan alergi. Perlu diketahui, alergi dapat menjadi satu di antara penyebab asma.

Alergi kerang sering terjadi pada anak-anak. Namun, orang dewasa tentu juga bisa mengalami alergi jenis makanan laut yang satu ini.

Jika kamu memiliki alergi kerang, sebaiknya hindari juga kepiting, udang, lobster, dan tiram yang dapat memicu timbulnya asma.

6. Makanan yang Mengandung Salisilat

Salisilat adalah senyawa yang bisa ditemukan dalam makanan, obat-obatan, serta produk kosmetik yang dapat membahayakan beberapa pengidap asma.

Sensitivitas salisilat disebabkan oleh kelebihan leukotrien atau zat yang sering mengakibatkan pembengkakan pada saluran pernapasan saat terjadi reaksi alergi yang membuat kondisi asma makin parah.

Salisilat dapat terkandung dalam obat aspirin, teh, kopi, dan beberapa rempah-rempah.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Wajib Dihindari Pengidap Asma

7. Minuman dengan Pemanis Buatan

Minuman dengan pemanis buatan, seperti minuman bersoda bisa memicu terjadinya asma pada beberapa orang. Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan British Medical Journal mengatakan orang dewasa dan anak-anak yang sering mengonsumsi minuman bersoda lebih mungkin terkena asma.

8. Cokelat

Makanan dengan kandungan cokelat, seperti cokelat batangan maupun susu cokelat, bisa memicu terjadinya asma. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya yang dapat memicu kambuhnya penyakit asma.

 

Sumber: Everydayhealth, Mayoclinic

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer