Sukses


Contoh-Contoh Dampak Negatif Modernisasi di Berbagai Bidang

Bola.com, Jakarta - Modernisasi adalah suatu perubahan keadaan belum maju menjadi lebih maju atau proses menuju kehidupan masyarakat yang modern dalam berbagai aspek kehidupan.

Istilah modernisasi berasal dari bahasa Latin, yaitu 'modernus'. Istilah 'modernus' tersebut berasal dari kata 'modo' yaitu cara, serta 'ermus' yang menunjukan pada periode waktu di masa kini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, modernisasi adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini.

Modernisasi dapat memengaruhi setiap elemen yang ada di masyarakat. Adanya modernisasi membuat kehidupan masyarakat bertambah maju.

Modernisasi ini dapat dirasakan dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, dari yang tinggal di kota metropolitan sampai ke desa-desa terpencil.

Kehidupan modern memberikan berbagai fasilitas yang sangat membantu seseorang dalam mengembangkan diri.

Namun, berbagai kemudahan tersebut banyak menimbulkan dampak yang kurang baik bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang tidak siap menghadapinya.

Berikut ini beberapa contoh dampak negatif modernisasi dalam berbagai bidang, dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (26/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dampak Negatif Modernisasi di Berbagai Bidang

1. Sosial Budaya

Dampak negatif modernisasi di bidang sosial budaya antara lain:

a. Terjadinya Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial yang terjadi dalam masyarakat disebabkan adanya sebagian masyarakat yang mampu mengikuti arus modernisasi, sementara sebagian masyarakat lainnya ingin tetap dengan kondisi yang ada dan tidak mau berkembang.

Hal ini dapat memperdalam jurang pemisah dan menimbulkan kesenjangan sosial.

Kesenjangan sosial juga terjadi karena perbedaan penghasilan, fasilitas, atau penghargaan yang diraih setiap warga masyarakat

b. Menumbuhkan Sikap Individualis

Dulu sosialisasi dapat terjadi jika kita pergi keluar rumah, menyapa tetangga, ataupun mengobrol. Namun. pada zaman modern ini, hanya dengan duduk di dalam rumah dengan menggunakan internet kita bisa bersosialisasi dengan teman-teman yang tempat tinggalnya jauh.

Teknologi juga memberikan berbagai kemudahan yang membuat sebagian orang merasa tidak lagi membutuhkan orang lain.

Inilah akar dari timbulnya sikap individualis. Selanjutnya akan timbul sikap mementingkan diri sendiri dan kurang memedulikan orang lain. Nilai gotong royong dan tolong-menolong menjadi luntur. 

3 dari 5 halaman

Dampak Negatif Modernisasi di Berbagai Bidang

c. Meningkatnya Pola Hidup Konsumtif

Di era modernisasi tersedia beraneka ragam barang kebutuhan masyarakat yang begitu melimpah. Keadaan ini dapat menyebabkan timbulnya pola hidup konsumtif.

Jadi, seseorang selalu ingin membeli atau menggunakan barang meskipun sebenarnya kurang dibutuhkan. Pola hidup seperti ini menimbulkan pemborosan.

d. Menumbuhkan Paham Materialisme

Materialisme merupakan suatu paham yang menilai segala sesuatunya dengan materi dan selalu berusaha memperkaya diri dengan materi berlebih.

e. Kurang Bangga dengan Produk dalam Negeri

f. Menimbulkan masalah dalam keluarga, terutama antara orang tua dengan anak-anaknya karena perbedaan pola pikir. Anak-anak dapat menerima perubahan yang terjadi, sementara orang tua masih mempertahankan pola pikir lama.

g. Meningkatnya Kriminalitas

Tindakan kriminal atau kejahatan merupakan perbuatan yang bertentangan dengan norma hukum dan norma agama yang berlaku di masyarakat.

Tindakan kejahatan ini biasanya menyebabkan pihak lain kehilangan harta benda, cacat tubuh, bahkan kehilangan nyawa.

Pada zaman modern ini tindakan kriminal sering terjadi karena berkurangnya rasa kekeluargaan, adanya kesenjangan sosial, sikap individual, adanya tingkat persaingan yang tinggi dan pola hidup yang konsumtif.

4 dari 5 halaman

Dampak Negatif Modernisasi di Berbagai Bidang

2. Ekonomi

Dampak negatif modernisasi di bidang ekonomi antara lain:

a. Terjadinya pengangguran bagi warga masyarakat yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

b. Pengurangan jumlah tenaga kerja karena digantikan dengan mesin dan teknologi yang lebih modern.

c. Terjadinya kesenjangan ekonomi dalam masyarakat. Ada warga masyarakat yang memiliki pendapatan atau penghasilan besar dan ada warga masyarakat yang berpenghasilan kecil atau bahkan tidak memiliki penghasilan sama sekali.

3. Kesehatan

Dampak negatif modernisasi di bidang kesehatan antara lain:

a. Terjadinya pencemaran lingkungan karena rumah sakit atau industri yang bergerak di bidang kesehatan, seperti industri obat-obatan kurang memperhatikan pengelolaan limbah.

b. Berbagai produk teknologi dapat menimbulkan radiasi yang memunculkan berbagai penyakit baru.

c. Cahaya handphone atau komputer dapat menimbulkan radiasi yang merusak penglihatan. Radiasi adalah peristiwa perpindahan panas yang terjadi dengan tanpa adanya perantara.

5 dari 5 halaman

Dampak Negatif Modernisasi di Berbagai Bidang

4. Transportasi

Dampak negatif modernisasi di bidang transportasi antara lain:

a. Meningkatnya jumlah kendaraan pribadi yang menimbulkan kemacetan dan pencemaran udara.

b. Meningkatnya jumlah kecelakaan lalu lintas.

5. Lingkungan

Dari sisi lingkungan, modernisasi dapat menimbulkan pencemaran lingkungan alam. Modernisasi di Indonesia ditandai dengan dibangunnya berbagai industri dan pembangunan di segala bidang kehidupan.

Hal tersebut yang pada akhir menimbulkan permasalahan baru dalam lingkungan hidup yaitu pencemaran lingkungan.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer