Sukses


Macam-Macam Fungsi Akar, Batang, Daun, Bunga, dan Buah bagi Tumbuhan

Bola.com, Jakarta - Tumbuhan merupakan satu di antara sumber daya alam yang terbesar yang ada di bumi ini. Semua kehidupan di bumi ini tergantung pada tumbuhan untuk bertahan hidup. Jadi, dapat dipastikan tumbuhan penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Tumbuhan memiliki bagian-bagian yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya demi kelangsungan hidupnya. Maka, penting bagi kita mengetahui lebih jauh fungsinya.

Bagian-bagian dari tumbuhan di antaranya adalah akar, batang, cabang, daun, bunga, buah, dan biji.

Seperti halnya bagian tubuh manusia, bagian tubuh tumbuhan juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Tumbuhan di sekitar kita dapat hidup karena setiap bagian dari tumbuhan tersebut melaksanakan tugasnya dengan baik, sama halnya kita dapat hidup karena jantung, otak, paru-paru, dan bagian lainnya dari tubuh kita berfungsi dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat mempelajari tentang bagian-bagian tumbuhan tersebut.

Nah, berikut ini macam-macam fungsi akar, batang, daun, bunga, biji, dan buah bagi tumbuhan, dilansir dari emodul.kemendikbud.go.id, Kamis (27/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Akar dan Batang

1. Akar

Akar adalah bagian tubuh tumbuhan yang biasanya tertanam di dalam tanah. Kendati, pada beberapa tumbuhan tertentu, ada akar yang menjulang di atas tanah, misalnya pada tanaman anggrek. Akar berfungsi untuk:

  • Memperkuat berdirinya batang tumbuhan.
  • Menyerap air dan mineral dari dalam tanah.
  • Untuk menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan umbi-umbian. Misalnya singkong, ubi, talas, kentang, wortel dan sejenisnya. Akar seperti ini akan menjadi besar dan menggelembung sebagai tempat menyimpan makanan. Pada akarnya tersimpan makanan yang biasa kita konsumsi.

2. Batang

Berdasarkan struktur batangnya, tumbuhan ada yang memiliki batang yang lunak seperti pohon kacang, jagung, bayam.

Ada juga tumbuhan yang berkayu. Misalnya pohon jambu, manga, dan pinus.

Batang memiliki fungsi penting terhadap kelangsungan hidup tumbuhan, sebab batang merupakan tempat tumpuan bagi bagian tumbuhan yang lainnya.

Batang merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi untuk:

  • Batang sebagai penopang tubuh tumbuhan agar tumbuhan tersebut tetap berdiri tegak. Batang juga tempat untuk bersandarnya daun, bunga, dan biji tumbuhan.
  • Mengangkut air dan mineral dari akar menuju daun. Selain itu, batang berperan penting dalam proses pengangkutan zat-zat makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  • Sebagai tempat penyimpan makanan cadangan pada tumbuhan tertentu. Misalnya, batang pada tumbuhan tebu dan sagu.

 

3 dari 4 halaman

Daun

Daun merupakan satu di antara bagian tumbuhan yang memegang peranan penting dalam kehidupan tumbuhan. Hal ini karena pada daun terjadi proses memasak makanan (fotosintesis) yang menghasilkan berbagai bahan makanan untuk pertumbuhan.

Daun biasanya berwarna hijau. Warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil (zat hijau daun) yang ada pada daun. Namun, daun ada juga yang berwarna kuning, merah, atau ungu.

Bagi tumbuhan, daun memiliki beberapa fungsi, sebagai berikut:

a. Tempat Pembuatan Makanan

Daun berguna sebagai "dapur" tumbuhan. Di dalam daun terjadi proses pemasakan makanan. Makanan ini digunakan tumbuhan untuk kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih, disimpan.

Di dalam daun terdapat zat warna yang disebut klorofil (zat hijau daun) dan terutama berfungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari guna membuat makanan untuk proses pertumbuhan.

b. Sebagai alat pernapasan

Di permukaan daun terdapat alat yang membantu pernapasan tumbuhan yaitu melalui bagian daun yang disebut mulut daun (stomata).

Daun mengambil karbondioksida dari udara dan melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang menyebabkan kamu merasa nyaman saat berada di bawah pohon pada siang hari.

4 dari 4 halaman

Bunga, Biji, dan Buah

Bunga

Bunga merupakan bagian penting dari tumbuhan selain akar, batang, dan daun. Selain memperindah lingkungan, bunga memiliki peranan penting bagi tumbuhan itu sendiri.

Bunga tersusun atas beberapa bagian. Bagian-bagian bunga tersebut yaitu:

- Tangkai bunga merupakan bagian bunga yang menghubungkan bunga dan batangnya.

- Kelopak bunga merupakan dasar bunga yang melindungi bunga waktu masih kuncup.

- Mahkota bunga biasanya berwarna menarik, berbau harum, bentuknya bermacam-macam, dan biasanya mengandung sari bunga atau madu.

Mahkota bunga berfungsi untuk menarik perhatian serangga agar mau hinggap di bunga. Serangga yang biasa hinggap di bunga, antara lain kupu-kupu dan lebah, mereka hinggap di bunga untuk menghisap sari bunga dan membantu terjadinya penyerbukan.

- Benangsari dan putik merupakan alat perkembangbiakan. Benangsari merupakan alat kelamin jantan, merupakan bagian bunga yang di bagian ujungnya ada serbuksari. Sedangkan putik merupakan alat kelamin betina.

Jadi, fungsi bunga pada tumbuhan adalah sebagai alat untuk melakukan perkembangbiakan.

Buah dan Biji

Buah merupakan bagian tumbuhan yang terbentuk setelah bunga mengalami proses penyerbukan. Daging buah merupakan bagian buah yang biasanya kita makan. Daging buah berfungsi untuk melindungi biji.

Di dalam buah biasanya terdapat biji. Biji-biji ini kemudian akan tumbuh menjadi tanaman baru bila kita tanam.

 

Sumber: Kemendikbud

Silakan klik tautan ini untuk artikel edukasi dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer