Sukses


15 Contoh Soal Materi Fakta dan Opini beserta Kunci Jawabannya

Bola.com, Jakarta - Istilah fakta dan opini kerap saling berdampingan karena memiliki keterkaitan. Meski kedua istilah tersebut kerap saling berdampingan, memiliki pengertian yang berbeda.

Itulah mengapa penting untuk mengerti dan memahami perbedaan antara fakta dan opini. Hal itu agar tidak salah saat menerima atau menyampaikan sebuah ungkapan fakta atau opini.

Fakta adalah pernyataan yang berupa situasi riil dari sebuah kejadian yang terjadi. Fakta berisi sesuatu yang benar-benar ada dan pernyataan dari sebuah fakta biasanya sulit untuk disanggah oleh siapa pun.

Sementara, opini adalah suatu sikap atau pendapat seseorang mengenai sebuah keadaan yang pernah ataupun belum terjadi. Opini dipengaruhi oleh perasaan, pemikiran, perspektif, keinginan, sikap, pengalaman, pemahaman, keyakinan setiap individu.

Itulah sedikit pembahasan mengenai fakta dan opin. Bagi kamu yang ingin memahami dan menguji pemahaman mengenai fakta dan opini, ada beberapa contoh soal pilihan ganda di bawah ini, yang dapat dikerjakan.

Berikut ini referensi contoh soal materi fakta dan opini beserta kunci jawabannya, dikutip dari laman Ilmubindo, Kamis (27/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Soal Materi Fakta dan Opini

1. Kalimat berikut yang merupakan fakta adalah ...

A. Tingginya air yang menggenangi ruas jalan di Wonokromo memang tak seberapa.

B. Berdasarkan rilis BMG kelas I Juanda, kondisi berawan hingga hujan masih akan turun mewarnai langit Surabaya.

C. Terhambatnya penurunan tinggi air di ruas jalan Tenggelis kemungkinan disebabkan oleh tersumbatnya air.

D. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi.

 

2. 1) Menurut seorang pengembang. Pengembang agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis. 2) Pengembang telah dilanjutkan sebagai wujud kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian. 3) Telah pula dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah. 4) Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan.

Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor ...

A. 1 dan 4

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 1 dan 2

 

3. 1) Peserta Perkebunan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di Desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni. 2) Mereka tahu betul, arti rumah yang sehat dan indah. 3) Untuk bisa memilih rumah, mereka melakukan arisan di antara kelompok tani. 4) Sekarang di desa yang ditempati tahun 1986 itu telah berdiri 200 rumah permanen dengan ukuran rata-rata 12 x 14 meter. 5) Dua puluh anggota kelompok tani Bunga Kantil memiliki rumah baru dan permanen.

Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor ...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5

 

4. 1) RSU ini direncanakan merupakan satu di antara alternatif tepat pemilihan pengobatan di kota ini. 2) Di RSU ini dipasang dua alat canggih/ECG untuk mendeteksi kelainan jantung buatan Jerman. 3) Pengelola RSU berusaha melengkapi pengobatan setingkat RSU di kota besar. 4) Jika pertambahan penduduk meningkat 2 persen per tahun, RSU ini menjadi alternatif pertama dalam pemilihan kesehatan. 5) Ada kasus bahwa pelayanan kesehatan bermutu lebih mudah dikenal dari kecanggihan infrastruktur klinik maupun rumah sakit.

Kalimat yang mengandung fakta terdapat pada nomor ...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

 

5. 1) Pemkot Depok telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. 2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. 3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. 4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.

Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 4

C. 2 dan 3

D. 3 dan 4

3 dari 5 halaman

Contoh Soal Materi Fakta dan Opini

6. 1) Transportasi kereta api mempunyai keunggulan dibandingkan dengan transportasi darat yang lain. 2) Keunggulan itu antara lain hemat energi dan dampak lingkungan yang ditimbulkan relatif lebih kecil. 3) Selain itu kereta api merupakan sarana angkutan yang lebih ekonomis baik bagi penumpang maupun barang untuk jarak jauh. 4) Hal ini diungkapkan oleh kepala PJKA dalam Harian Ibu Kota.

Kalimat yang berisi opini adalah kalimat ...

A. Pertama

B. Ketiga

C. Kedua

D. Kedua dan keempat

 

7. Sulit meminta maaf dan sulit memberi maaf sesungguhnya merupakan sifat manusia pada umumnya. Namun, peluang untuk meminta maaf dan memberi maaf pastilah selalu ada. Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tenteram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini. Lebih dari itu, apabila setiap orang sadar bahwa memberi maaf itu bahkan lebih mulia nilainya daripada meminta maaf.

Pendapat yang tepat sesuai paragraf di atas adalah ...

A. Memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik.

B. Meminta maaf lebih mulia daripada memberi.

C. Sulit bagi kita meminta maaf lebih dahulu.

D. Kita jangan meminta maaf jika tidak bersalah.

 

8. Cermati paragraf berikut!

1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. 2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. 3) Namun setiap tahun, diperkirakan dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakkan roda perindustriannya. 4) Kalau diperkirakan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. 5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu diperkirakan belum sampai membuat kita sesak napas.

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

 

9. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!

1) Sebagai satu di antara negara dengan hutan terluas di dunia, Indonesia menjadi incaran investor kegiatan ekonomi ekstraktif. 2) Kini luas hutan di Indonesia yang mengalami deforentasi atau penggundulan dan degradasi atau penurunan kualitas tutupan hutan mencapai 56 juta hektar. 3) Perbaikan hutan pada tahun ini diharapkan dapat mencapai 1 juta hektar. 4) Akan tetapi, itu bergantung pada anggaran. 5) Tahun ini Departemen Kehutanan mengajukan anggaran Rp8,5 triliun ke Departemen Keuangan.

Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor ...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 5

 

10. Cermatilah teks berikut!

Olahraga sangat membantu pertahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin berolahraga, antara lain, membuat kita dapat tidur nyenyak. Olahraga juga membuat kita menjadi orang yang selalu ceria, sehingga terhindar dari berbagai macampenyakit termasuk kanker.

Fakta yang diperlukan untuk pendapat-pendapat yang ada pada cuplikan itu adalah ...

A. Jumlah penyakit yang biasa menyerang tubuh.

B. Pengalaman tentang orang-orang yang biasa berolahraga.

C. Cara-cara berolahraga yang baik.

D. Proses perkembangbiakan kanker.

4 dari 5 halaman

Contoh Soal Materi Fakta dan Opini

11. Cermatilah teks berikut!

Tentunya, penanganannya itu perlu disertai pembenahan di sana-sini, terutama kewenangan dari pihak-pihak terkait yang selama ini terkesan tumpang tindih, baik itu antarkementerian, antardirjen, maupun kewenangan pemerintah pusat dengan daerah.

Berdasarkan istilah yang digunakannya, cuplikan artikel tersebut bertopik tentang ...

A. Pendidikan

B. Politik

C. Pemerintahan

D. Ekonomi

 

12. Cermatilah teks berikut!

1) Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. 2) Darah memang sangat penting bagi perempuan, terutama pada saat hamil zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. 3) Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur, dan juga kematian ibu melahirkan. 4) Padahal, kita ingat, di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. 5) Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan, terutama juga ada kaitannya dengan kecerdasan.

Fakta yang mendasari pengembangan cuplikan itu dinyatakan dalam kalimat ...

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5

 

13. Bacalah penggalan teks berikut ini!

1) Kita mengapresiasi langkah cekatan pemerintah dalam mengapresiasi kenaikan harga elpigi nonsubsidi 12 kg itu seraya menggiringnya dengan pertanyaan. 2) Benarkah pemerintah tidak tahu dan tidak diberi tahu mengenai rencana Pertamina menaikkan secara sewenang-wenang. 3) Pertamina merupakan perusahaan negara yang diamanati Undang-undang sebagai pengelola minyak dan gas bumi untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. 4) Rasanya mustahil kalau pemerintah, dalam hal ini Menteri Ekuin dan Menteri BUMN tidak tahu, tidak diberi tahu serta tidak dimintai pandangan, pendapat, dan pertimbangan.

Opini dalam kalimat di atas yaitu ...

A. 1, 2, 3

B. 2, 3, 4

C. 1, 2, 4

D. 1, 3, 4

 

14. 1) Doni memang pantas disebut sebagai maniak bola. 2) Sejak usia 11 tahun, Doni telah mendedikasikan hidupnya untuk terjun ke dunia sepak bola. 3) Kini ia berusia 30 tahun. 4) Ia mengaku tidak bisa memisahkan hidupnya dengan sepak bola.

Manakah kalimat di atas yang berupa fakta ...

A. 1 dan 2

B. 3 dan 4

C. 2 dan 3

D. 4 dan 1

 

15. 1) Pemerintah telah banyak mengalokasikan dana untuk pengadaan mesin pengering gabah. 2) Ke depannya, mesin pengering gabah ini mampu menaikkan daya tawar petani di hadapan Bulog maupun pedagang lainnya. 3) Oleh itu, pemerintah harus senantiasa memperhatikan nasib petani. 4) Bukan hanya sekadar janji tanpa tindakan lalu berani mengklaim telah memperhatikan petani.

Kalimat yang merupakan fakta, terdapat pada nomor ...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

5 dari 5 halaman

Kunci Jawaban

1. D

2. A

3. D

4. B

5. C

6. A

7. A

8. A

9. D

10. B

11. C

12. A

13. C

14. C

15. A

 

Sumber: Ilmubindo

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer