Sukses


Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air, Efektif dan Tak Perlu Panik

Bola.com, Jakarta - HP atau handphone yang terkena air merupakan hal yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, sebagai perangkat elektronik, ponsel yang terkena air hampir dapat dipastikan rusak.

Beberapa penyebab HP kemasukan air antara lain, tak sadar masuk tempat pencucian, ketumpahan minuman, dan terkena air hujan. Saat HP kemasukan air, tak jarang pengguna smartphone hanya bisa pasrah ketika handphone-nya terkena air.

Namun, ada juga sebagian orang yang merasa panik dan segera menghidupkan ponselnya untuk memastikan apakah masih bisa dipakai atau tidak.  Kepanikan yang terjadi, tanpa disadari justru bisa memperburuk keadaan pada HP yang telah terkena air.

Padahal, ada beberapa cara untuk mencegah kerusakan ponsel yang terkena air. Meski, hal itu juga tergantung dari kondisi air yang ada di dalam ponsel.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa langkah ini. Bagaimana cara mengatasi HP yang kamasukan air?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang kemasukan air, disadur dari Brilio, Selasa (31/10/2022).

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

1. Segera Keluarkan dari Air dan Matikan

Ketika HP kamu jatuh ke dalam sebuah genangan air atau kolam, sebaiknya segera keluarkan perangkat itu dari tempat tersebut. Hal itu dilakukan untuk membuat HP tak terlalu lama di dalam air.

Setelah itu, pastikan HP berada dalam keadaan mati. Meski masih menyala setelah diambil, segera matikan ponsel. Hal itu bisa dilakukan dengan mematikan seperti biasa atau segera mencabut baterai.

2. Jangan Langsung Menyalakan HP

Ketika panik, seseorang akan memastikan HP-nya tak kenapa-kenapa setelah kemasukan air, dengan cara langsung tombol ON pada HP.

Padahal, jika HP mati saat jatuh dalam air sebaiknya jangan dipaksa untuk menyala karena bisa memicu kerusakan total akibat korsleting komponen HP.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

3. Jangan Menggoyang-goyangkan HP

Selain menghidupkan langsung HP yang kemasukan air, sebaiknya kamu jangan menggoyang-goyangkan HP. Pada sebagai orang akan berpikir menggoyang-goyangkan HP dapat membuat air keluar dari HP.

Padahal, hal tersebut dapat memperburuk keadaan karena air justru akan menyebar ke komponen lainnya. Intinya, jangan menggerakkan ponsel terlalu banyak. Tindakan ini dilakukan agar air di dalam ponsel tak terus bergerak.

4. Segera Lepaskan Komponen HP

Ketika HP terkena air, sebaiknya bagian dari perangkat tersebut harus segera dikeluarkan untuk menghindari kerusakan yang lebih luas.

Komponen seperti kartu SIM dan kartu MicroSD sebaiknya segera dikeluarkan dari ponsel.

Namun, jika kamu memiliki kemampuan teknisi yang cukup mumpuni dan tak takut kehilangan garansi, tidak ada salahnya untuk membongkar komponen lain yang ada di ponsel. Dengan demikian, masing-masing bagian dapat dikeringkan dengan lebih cepat.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

5. Amankan LCD dan Baterai

Selain kartu SIM dan MicroSD, kamu juga perlu mengamankan LCD dan baterai HP. Hal ini dikarenakan LCD dan baterai HP merupakan satu di antara komponen yang mudah rusak ketika terkena air.

Namun, jika HP-mu menggunakan baterai tanam, alias tak bisa dilepas, jangan coba-coba membukanya karena pasti akan menimbulkan kerusakan tambahan.

Jika kamu tidak bisa membukanya maka cobalah untuk melepas sim card dan memory card-nya saja supaya keduanya rusak.

6. Gunakan Tisu

Setelah semua komponen berhasil dilepas, kamu bisa langsung membersihkan sisa-sisa air yang ada di perangkat tersebut.

Perlu diingat, proses pengeringan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tak merusak komponen lain yang ada. Kamu bisa menggunakan tisu dan mengusap komponen HP dengan lembut.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

7. Gunakan Vacuum Cleaner

Selain menggunakan tisu, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner. Alat ini memang dikenal sebagai alat pembersih rumah, tetapi ternyata dapat digunakan untuk mengeringkan sisa-sisa air yang ada di ponsel.

Namun, perlu diingat untuk melakukannya dengan hati-hati agar tak merusak komponen lain.

8. Jangan Pakai Hair Dryer

Jika kamu tak punya vacuum cleaner, jangan coba-coba menggantinya dengan hair dryer. Meski dapat menjadi ide cepat untuk mengeringkan HP yang basah, menggunakan hair dryer justru bisa mendorong air masuk lebih dalam.

Selain itu, panas udara pengering rambut dan pancaran elektromagnetik dari hair dryer bisa menambah panas yang berlebihan ke ponsel dan berpotensi bisa merusaknya.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

9. Jangan Memasukkannya ke Dalam Beras

Satu di antara cara yang paling banyak diketahui orang awam saat HP kemasukan air ialah memasukkannya ke dalam beras. Padahal, hal tersebut bisa saja memperburuk keadaan.

Hal ini dikarenakan partikel-partikel debu yang sering menempel di beras berpotensi masuk ke HP dan membahayakan komponen-komponennya.

Ada baiknya kamu menggunakan handuk dan memasukkan HP yang basah itu ke dalam wadah tertutup bersamaan dengan silica gel.

10. Perhatikan Waktu Pengeringan

Untuk memastikan air di dalam ponsel benar-benar hilang, kamu dapat meletakkan ponsel di dalam lemari dan mendiamkannya selama beberapa hari.

Namun, ada juga cara lain yang dipercaya dapat mempercepat proses tersebut. Satu di antara caranya ialah dengan meletakkan ponsel dalam kantong kedap udara yang berisi silica gel dan didiamkan selama dua sampai tiga hari.

 

Disadur dari: Brilio.net (Reporter: Shofia Nida. Published: 18/6/2021)

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer