Sukses


Macam-Macam Kandungan Gizi dan Manfaat Natto untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Banyak makanan khas Jepang yang digemari oleh masyarakat Indonesia, satu di antaranya yang akhir-akhir ini sedang viral adalah natto.

Natto merupakan makanan yang berasal dari fermentasi biji kedelai, biasanya dimakan dengan nasi hangat beserta telur mentah khas Jepang.

Rasa Natto cukup unik, baunya cukup menyengat, sehingga tidak jarang orang yang enggan mengonsumsi makanan satu ini.

Akan tetapi, di balik rasa natto yang unik dan beda dari kebanyakan makanan khas Indonesia, natto menyimpan segudang kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Satu di antara manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi natto adalah menyehatkan sistem pencernaan, berkat kandungan probiotiknya.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam kandugan gizi dan manfaat natto untuk kesehatan, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (3/11/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Kandungan Gizi Natto

Menurut US Department of Agriculture, 175 gram natto mengandung nutrisi sebagai berikut:

Kalori: 371

Lemak: 19,3 gram

Karbohidrat: 25,1 gram

Serat: 9,4 gram

Protein: 31 gram

Mangan: 2,7 mg

Zat besi: 15,1 mg

Vitamin K: 40,4 mcg

Magnesium: 201 mg

Kalsium: 380 mg

Vitamin C: 22,8 mg

Kalium: 1.276 mgZink: 5,3 mg

Selenium: 15,4 mcg

Natto juga mengandung sejumlah kecil vitamin B6, folat, dan asam pantotenat. Proses fermentasi natto mendorong pertumbuhan probiotik (bakteri baik untuk tubuh). 

Lantraan melalui proses fermentasi, natto dapat mengandung alkohol dalam persentase kecil dan tidak memabukkan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Natto untuk Kesehatan

1. Kaya Nutrisi

Melihat beragam kandungan gizi natto di atas, tak heran bila makanan ini bisa menjadi satu di antara pelengkap hidangan yang sehat untuk pola makan sehari-hari.

Natto kaya akan makronutrien seperti lemak, karbohidrat, dan protein, serta beragam mikronutrien (vitamin dan mineral) yang pastinya baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

2. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat satu ini berasal dari kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatannya secara umum.

Kesehatan usus yang buruk dapat melemahkan sistem kekebalan. Hal ini bisa meningkatkan risiko banyak penyakit kronis, seperti diabetes, obesitas, rheumatoid arthritis, kanker, dan penyakit jantung.

3. Menyehatkan Jantung

Manfaat lain dari natto adalah melarutkan bekuan darah. Kemampuan ini dapat membantu menjaga struktur pembuluh darah dengan baik, meningkatkan aliran darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian dalam jurnal Integrated Blood Pressure Control melaporkan, mengonsumsi natto dinilai bisa membantu penurunan tekanan darah.

Dalam penelitian tersebut, suplemen mengandung enzim nattokinase (enzim yang diekstrak dari natto) dapat menurunkan tekanan darah kurang lebih 3-5,5 mmHg pada partisipan dengan tekanan darah 130/90 mmHg dan lebih tinggi. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Natto untuk Kesehatan

5. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat natto berikutnya adalah membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kemampuan ini berasal dari kandungan kalsium, vitamin K, dan nutrisi penting lainnya.

Natto mengandung vitamin K2. Manfaat vitamin K2 adalah menjaga kesehatan tulang, dengan cara mengaktifkan protein pembangun tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Natto mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan probiotik natto dapat mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dan meningkatkan produksi antibodi alami di dalam tubuh.  

Makanan tinggi probiotik dapat melidungi tubuh dari risiko infeksi dan membantu pemulihan penyakit lebih cepat.

Selain probiotik, natto kaya akan vitamin C, zat besi, zinc, dan selenium yang semuanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

7. Meringankan Gejala Sinusitis

Nattokinase diteliti dapat mengurangi lendir dan polip hidung yang menyebabkan penyumbatan. Manfaat ini dinilai dapat meningkatkan aliran udara sekaligus mengurangi ketaknyamanan pada pengidap sinusitis. 

Berangkat dari efek tersebut, manfaat nattokinase terus diteliti untuk pengobatan gejala penyakit pernapasan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 14/6/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer