Sukses


Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Bola.com, Jakarta - Semut memang serangga yang bertubuh kecil, tetapi dengan cara hidupnya yang berkoloni terkadang mengganggu kenyamanan.

Keadaannya sulit terdeteksi karena semut tidak meninggalkan bau, bahkan tidak seperti hewan lainnya, semut tidak mengeluarkan suara.

Hal yang paling menjengkelkan jika kita meninggalkan makanan atau minuman hampir di mana saja, semisal meja makan dan dapur,  semut-semut mulai mengerumuninya.

Banyak obat serangga yang bisa dengan mudah mengusir semut, tetapi obat serangga biasanya mengandung bahan kimia yang berbahaya jika terpapar ke permukaan makanan.

Akan tetapi, tenang saja, bagi kamu yang ingin mengusir semut dari rumah, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan.

Berikut cara mengusir semut dengan bahan alami, yang bisa diterapkan di rumah, seperti disadur dari Merdeka, Minggu (5/11/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Semut dengan Bahan Alami

Bubuk Kopi

Bubuk kopi sejak dulu dikenal memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk kecantikan, tetapi juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Hal ini karena semut tidak menyukai aroma kopi sehingga akan berusaha menghindarinya.

Cara mengusir semut memakai bubuk kopi cukup mudah. Taburkan bubuk kopi di daerah yang biasa dilewati semut. Dengan begitu, semut akan menghindar dan tidak berani mendekat.

Air Lemon

Air lemon juga bisa mengusir semut. Kandungan asam sitrat pada lemon bisa dijadikan cairan insektisida yang bisa mengusir semut.

Caranya mudah, yakni masukkan air lemon ke botol spray, kemudian semprotkan ke area rumah yang rentan dikerubungi semut.

Selain bisa mengusir semut, air lemon efektif mengusir serangga dan kecoa. Oleh karena itu, biasakan untuk menyebar irisan kecil kulit lemon di sekitar celah pintu, jendela, atau lantai dapur.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Semut dengan Bahan Alami

Cabai Rawit

Satu di antara cara menghilangkan semut paling ampuh adalah menggunakan bubuk cabai rawit. Pasalnya, aroma dan rasanya yang pedas tidak disukai semut.

Cukup letakkan bubuk cabai ke dalam wadah kecil di area tempat yang rentan dikerubungi semut maka dengan sendirinya semut akan menghindar.

Tepung Terigu 

Tepung terigu bisa menjadi bahan alami untuk mengusir semut. Caranya cukup mudah. Taburkan sebaris tepung di sepanjang bagian belakang rak dapur atau tempat yang biasa dilalui semut. Dengan begitu, semut tidak berani untuk menerobos sepanjang barisan tepung yang sudah kamu taburkan.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Semut dengan Bahan Alami

Garam

Bumbu dapur yang bisa dipakai untuk mengusir semut berikutnya, yaitu garam. Taburkan garam di seluruh pinggir teras rumah. Dengan begitu, semut akan terjebak dan tidak bisa keluar dari sarangnya.

Hal yang perlu diperhatikan saat menaburkan garam, pastikan lantai dalam keadaan kering. Dengan begitu, semut akan dengan mudah pergi atau tidak berani melewati taburan garam tersebut.

Asam Borat 

Cara mengusir semut berikutnya, yaitu menggunakan asam borat. Sejak dulu, asam borat dikenal ampuh mengusir berbagai jenis serangga, tak terkecuali semut.

Caranya mudah, taburkan asam borat di beberapa tempat yang rentan semut, seperti di bawah tembok, pojokan lantai, dan di jendela.

Dalam menggunakan asam borat, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Usahakan jauh dari jangkauan anak-anak. Pasalnya, asam borat merupakan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan jika terhirup atau dikonsumsi.

Cuka dan Air

Cuka dan air menjadi satu di antara bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir semut. Caranya, larutkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, masukkan larutan tersebut ke botol spray dan semprotkan ke arah barisan semut.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 5/1/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer