Sukses


Jenis-Jenis Keberagaman Ekonomi di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat di mana terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentuk dari keberagaman dalam semua aspek kehidupan.

Keberagaman di Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke, Rote hingga Miangas. Keragaman yang ada di Indonesia cukup banyak macam atau jenisnya.

Satu di antara jenisnya ialah keberagaman ekonomi. Keberagaman ekonomi bergantung pada wilayah tempat tinggal penduduk. Setiap penduduk yang tinggal di suatu wilayah pasti melakukan kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Keberagaman ekonomi yang ada di Indonesia ada banyak jenisnya.

Sebagai warga Indonesia, perlu mengetahui Jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi tersebut. Apa saja keberagaman ekonomi di Indonesia?

Berikut ini jenis-jenis keberagaman ekonomi di Indonesia beserta penjelasannya yang perlu diketahui, dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (11/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Keberagaman Ekonomi

1. Pertanian

Negara kita adalah negara agraris. Berbagai jenis tanaman dapat tumbuh. Hasil dari pertanian Indonesia, antara lain padi, jagung, ubi, tembakau, kelapa sawit, karet, cengkeh, palem, kopi, cendana, kayu putih, lada, dan teh. Upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dilakukan dengan cara:

a. Intensifikasi yaitu upaya untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa memperluas lahan pertanian yang telah ada.

b. Ekstensifikasi yaitu upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memperluas lahan pertanian.

c. Diversifikasi yaitu upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memperbanyak jenis tanaman pada suatu lahan pertanian.

d. Rehabilitasi yaitu upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memperbarui cara-cara pertanian yang ada atau mengganti tanaman yang tidak produktif lagi.

2. Perkebunan

Perkebunan merupakan usaha penanaman lahan dengan tanaman-tanaman keras, seperti karet, kelapa sawit, tebu, dan sebagainya. Ada dua macam perkebunan, yaitu:

a. Perkebunan Rakyat (dikelola oleh rakyat)

b. Perkebunan Besar (dikelola oleh pemerintah), misal, menanam karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu. Hasil perkebunan ini lebih ditujukan untuk ekspor sehingga menghasilkan devisa bagi negara.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Keberagaman Ekonomi

3. Peternakan

Peternakan adalah usaha memelihara binatang peliharaan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu:

a. Peternakan hewan besar (peternakan sapi, kerbau, dan Kuda), banyak dilakukan di NTT.

b. Peternakan hewan kecil (peternakan kambing, kelinci, domba, dan babi)

c. Peternakan unggas (peternakan ayam, itik, entok, dan burung)

4. Perikanan

Usaha perikanan dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan laut:

a. Perikanan darat yaitu usaha memelihara dan menangkap ikan di perairan darat.

b. Perikanan laut yaitu usaha menangkap ikan di pantai atau di laut dan pembudidayaan ikan laut dalam tambak-tambak.

5. Kehutanan

Hasil-hasil hutan antara lain kayu, rotan, damar dan kemenyan. Selain hasil-hasil tersebut, hutan mempunyai fungsi penting, yaitu menjaga keseimbangan alam.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Keberagaman Ekonomi

6. Pertambangan

Pertambangan yaitu usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteraan manusia. Mineral ini berada di dalam perut bumi, untuk mendapatkannya perlu dilakukan penggalian atau penambangan.

Barang tambang dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

a. Bahan tambang mineral logam

Contoh: timah, bauksit, besi, nikel, tembaga, dan emas.

b. Bahan tambang bukan logam

Contoh: keramik, belerang, gibs, dan marmer.

c. Bahan tambang sumber energi

Contoh: minyak bumi, batu bara, dan gas.

7. Perindustrian

Industri adalah usaha atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi, antara lain pengolahan ikan menjadi ikan kaleng, karet menjadi ban, dan sebagainya.

8. Perdagangan

Perdagangan merupakan kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan perdagangan antarnegara disebut ekspor impor.

Ekspor adalah usaha mengirim dan menjual barang ke luar negeri. Impor adalah usaha memasukkan dan membeli barang dari luar negeri.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer