Sukses


Macam-Macam Sayuran untuk Bantu Atasi Anemia

Bola.com, Jakarta - Macam-macam sayuran yang dapat membantu mengatasi anemia perlu kamu tahu sehingga kamu bisa mengonsumsinya untuk mempercepat kesembuhanmu.

Anemia adalah (penyakit) kekurangan kadar hemoglobin di dalam darah; kekurangan butir darah merah.

Pengobatan anemia tergantung dari jenis, sebab, dan tingkat keparahannya. Pengobatannya bisa terdiri dari diet kaya zat besi, pemberian suplemen, obat-obatan, atau transfusi darah.

Tujuan utama pengobatan anemia adalah meningkatkan jumlah oksigen yang dibawa darah. Hal ini tercapai bila kadar hemoglobin dan sel darah merah cukup. Untuk itu, tubuh membutuhkan asupan zat besi yang mencukupi

Tujuan pengobatan anemia adalah meningkatkan jumlah oksigen yang dibawa darah. Hal ini tercapai bila kadar hemoglobin dan sel darah merah cukup. Untuk itu, tubuh membutuhkan asupan zat besi yang mencukupi.

Ada beberapa jenis sayuran yang diyakini dapat membantu pengobatan anemia. Anda sebaiknya mengonsumsi sayur-sayuran tersebut paling tidak satu porsi setiap hari.

Namun, perlu diingat, tidak semua jenis anemia dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Jenis anemia tertentu membutuhkan juga bantuan dari suplemen dan obat.

Berikut macam-macam sayuran yang bantu mengatasi anemia, disadur dari Klikdokter, Senin (14/11/2022).

2 dari 2 halaman

Sayuran untuk Bantu Atasi Anemia

Jamur

Jamur memiliki kandungan zat besi tertinggi, yaitu 8,04 mg per mangkuk.

Bayam

Bayam mengandung 7,5 mg zat besi per mangkuk. Selain itu, sayuran ini kaya akan vitamin A, E, C, B9, asam folat, kalsium, serat, dan beta karoten.

Kacang Kedelai

Satu mangkuk kacang kedelai mengandung 4,5 mg zat besi. Makanan ini juga mengandung vitamin A, B, C, kalsium, zink, dan asam folat.

Asparagus

Asparagus memiliki kandungan 2,87 mg zat besi. Sayuran ini juga kaya akan vitamin A dan asam folat.

 

Disadur dari: Klikdokter.com

Silakan klik tautan ini untuk artikel anemia dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer