Sukses


9 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Suvenir Resmi KTT G20 Bali

Bola.com, Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) sedang berlangsung di Indonesia. Dikonfirmasi setidaknya ada 17 kepala negara dan tamu undangan yang akan menghadiri KTT G20 di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022.

Terlepas dari itu, ada hal menarik dari acara KTT G20 yaitu daun kelor dipilih menjadi satu di antara suvenir resmi untuk diberikan ke para delegasi berbagai negara yang dikemas dalam bentuk teh.

Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pada pertengahan tahun 2022 lalu.

Adapun jenis daun kelor yang diberikan dalam kegiatan KTT G20 yakni berasal Nusa Tenggara Barat (NTB).

Alasan olahan daun kelor dipilih sebagai suvenir resmi KTT G20 adalah untuk mengenalkan super food itu kepada dunia.

Seperti diketahui, daun kelor cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia mengenal daun kelor sebagai tanaman mengusir hantu.

Sementara itu, secara ilmiah, daun kelor ternyata sangat berguna untuk kesehatan. World Health Organization (WHO) bahkan menjuluki tanaman ini sebagai miracle tree atau pohon ajaib karena khasiat yang terkandung di dalamnya.

Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan?

Berikut ini manfaat daun kelor untuk kesehatan yang jadi suvenir resmi pada acara KTT G20, dikutip dari laman Everydayhealth dan Healthline, Senin (14/11/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

1. Mengatasi Peradangan

Kaya akan kandungan antiinflamasi, daun kelor diyakini bermanfaat untuk mencegah peradangan. Radang merupakan jenis penyakit yang ditandai cedera, seperti luka bakar atau terinfeksi bakteri dan virus pada bagian tubuh.

Peradangan apabila tidak segara diatasi dapat memunculkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker.

2. Mengatur Kadar Kolesterol

Mengonsumsi daun kelor disebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan zat hiocarbamate glikosida dan nitrile yang ada dalam daun kelor juga berperan sebagai menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kelor bisa membantu menurunkan gula darah dalam tubuh. Perlu diketahui jika kadar gula darah yang tinggi merupakan satu di antara penyebab penyakit diabetes.

Mengonsumsi daun kelor berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah karena terdapat kandungan senyawa berupa isothiocyanate.

Mengonsumsi setidaknya 50 gram daun kelor, menurut sebuah penelitian, dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21 persen dalam tubuh seseorang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Daun kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, pankreas, dan usus besar. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun kelor yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan daya tahan tubuh. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Mengonsumsi daun kelor merupakan satu di antara cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Kandungan nutrisi asam amino pada daun kelor juga berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini.

Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan zat besi, kalsium serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung.

Manfaat daun kelor ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi jenis daun ini secara rutin.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

7. Turunkan Stres

Mengonsumsi daun kelor mampu membantu menurunkan kadar stres yang diderita seseorang. Dаlаm Jоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics menyatakan daun kelor mеruраkаn sаtu di antara аdарtоgеn аlаmi.

Itu artinyа, tаnаmаn ini mеmiliki kеmаmрuаn untuk mеlindungi tubuh dаri еfеk tоksik yаng diрicu оlеh strеs.

8. Mengobati Rematik

Daun kelor bisa menjadi obat herbal untuk mengobati rematik. Mengonsumsi daun kelor dalam pengobatan rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi.

Hal tersebut sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau asam urat. Manfaat ini bisa digunakan untuk rematik, pegal linu, dan nyeri.

9. Menguatkan Tulang

Daun kelor diketahui mengandung kalsium, vitamin K, dan kaya protein. Kandungan tersebut berguna dalam menjaga kesehatan tulangmu dan mencegah pengeroposan.

Rutin mengonsumsi ekstrak daun kelor juga membuat tulang jadi lebih kuat. Jika kamu ada masalah pada tulang, bahan ini bisa menjadi alternatif terbaik.

 

Sumber: Everydayhealth, Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer