Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Internet bagi Penggunanya yang Tidak Banyak Disadari

Bola.com, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, di era modern ni, penggunaan internet telah menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia.

Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, rata-rata orang menggunakan internet adalah sebanyak enam jam per hari dan beberapa orang lainnya bisa sampai 10 jam atau bahkan lebih 

Internet secara luas telah menjadi alat yang banyak memberikan manfaat pada berbagai bidang, baik untuk mempermudah komunikasi, informasi, bisnis, berbagi pengetahuan, hingga bermain gim online.

Berkat internet, banyak manfaat yang dirasakan. Namun, di balik banyak sisi positifnya, penggunaan internet juga memiliki banyak dampak buruk yang sering kali tidak kita sadari.

Sebaiknya, kamu juga perlu memahami dampak buruk penggunaan internet, terutama bagi kamu yang suka berselancar secara terus-menerus.

Berikut ini macam-macam dampak buruk internet bagi penggunanya yang tidak banyak disadari, dikutip dari laman Nibiobank dan Halopsikolog, Rabu (16/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Internet

1. Mengalami Insomnia

Sibuk dengan dunia maya, menggunakan internet terus-menerus bisa menyebabkan seseorang menjadi terlalu asik hingga tidak merasakan kantuk.

Jika terus menerus seperti ini, seseorang akan terjangkit insomnia dan bahkan bisa sangat mengganggu. Terjangkitnya insomnia juga dapat memperburuk atau memperbesar gejala kecemasan dan depresi.

2. Memicu Depresi

Seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di internet ada kemungkinan sudah menderita depresi.

Pasalnya, seseorang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di internet akan kehilangan kontak dengan dunia nyata dan hidup dalam dunia fantasi. Tanpa akses internet, seseorang yang sudah kecanduan akan merasa hilang arah.

3. Cyber Bullying

Cyber bullying adalah istilah untuk menggambarkan intimidasi menggunakan internet. Kerugian ini dapat dianggap sebagai satu di antara dampak buruk paling jahat dari internet.

Sudah banyak orang yang menjadi korban cyber bullying. Pengguna internet lebih rentan menjadi korban bully karena cara bully di internet itu lebih aman dan lebih mudah daripada bully secara fisik. Hal ini karena hampir tidak ada peraturan atau hukum untuk mengendalikan masalah cyber bullying.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Internet

4. Menyebabkan Harga Diri Rendah

Dampak buruk lain dari menghabiskan terlalu banyak waktu berselancar di internet adalah kerap membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Misalnya, seberapa sering kamu melihat foto liburan temanmu dan berharap kamu bisa melakukannya juga, atau melihat foto teman dan pasangannya yang terlihat begitu bahagia dan kamu berharap memiliki hubungan yang sama.

Saat itu, kamu sudah mulai berpikir bahwa orang lain memiliki kehidupan yang lebih baik sehingga dapat memengaruhi harga diri karena kamu merasa tidak memiliki kehidupan seperti yang kamu melihat di media sosial.

5. Perubahan Suasana Hati

Dampak buruk penggunaan internet yang berkepanjangan selanjutnya adalah menyebabkan perubahan suasana hati yang tak menentu. Orang-orang yang kecanduan internet umumnya mengakses internet untuk meredakan perasaan stres dan meningkatkan suasana hati.

Mereka merasa bahagia ketika terhubung dengan teman-teman atau gim di dunia maya. Namun, saat mereka tidak bisa mengakses internet, rasa kesal dan marah dapat muncul. Suasana hati pun menjadi tidak menentu.

6. Menjadi Pribadi Pemarah

Ketika kamu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berselancar internet, akan memberikan reaksi berlebihan saat kamu tidak bisa mengakses internet. Kamu pun menjadi pribadi yang mudah marah dan tantrum.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Internet

7. Mata Pegal dan Kering

Berselancar internet selama berjam-jam dapat mengaburkan pandangan dan membuat mata jadi kering. Tak hanya pada mata, kamu bisa merasakan nyeri pada area tubuh lain, seperti kepala, leher dan atau bahu.

Agar hal ini tidak terjadi, terapkan 20-20-20. Setiap 20 menit melihat layar gadget, gunakan 20 detik untuk melihat hal lain, sejauh 20 kaki (setara dengan enam meter).

8. Penipuan Online

Teknologi internet berguna untuk memfasilitasi transaksi elektronik, tetapi teknologi ini juga bisa membuat kamu tertipu. Penipuan yang paling umum adalah metode phising.

Metode ini dapat diartikan sebagai sebuah penipuan yang memanfaatkan akun korban untuk menguak informasi. Aksi ini dirancang mirip dengan lembaga atau institusi resmi agar korban menaruh kepercayaan. Tujuan pelaku phising adalah mendapatkan data pribadi, khususnya informasi mengenai keuangan.

9. Mengabaikan Keluarga dan Orang Sekitar

Ketika kamu menghabiskan sebagian besar waktu kamu untuk berselancar di internet, kamu menjadi tidak peka terhadap kehidupan nyata dan orang-orang di sekitar kamu, termasuk anggota keluarga dan orang terdekat kamu.

 

Sumber: Nibiobank, Halopsikolog

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer