Sukses


9 Cara Aman Begadang Nonton Sepak Bola Piala Dunia 2022 yang Bisa Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Bagi pencinta sepak bola, begadang nonton pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 tentu jadi keharusan.

Kalangan suporter loyal rela begadang atau tidak tidur demi melihat dan memberi dukungan tim kesayangan berlaga di Piala Dunia 2022.

Begadang nonton Piala Dunia 2022 boleh saja. Namun, kebiasaan ini bisa menimbulkan ancaman kesehatan bagi tubuh, apalagi jika dilakukan secara berlebihan.

Untuk itu, para pencinta sepak bola harus pintar-pintar menjaga kondisi tubuh. Jangan sampai terlalu antusias menonton banyak pertandingan dengan begadang, tetapi malah kemudian jatuh sakit.

Untuk menyiasatinya, kamu perlu menyimak beberapa cara aman selama begadang nonton sepak bola Piala Dunia 2022.

Berikut ini beberapa cara aman selama begadang nonton sepak bola Piala Dunia 2022 yang bisa diterapkan, disadur dariĀ Klikdokter, Selasa (22/11/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Aman Begadang Nonton Sepak Bola Piala Dunia 2022

1. Cukupi Jam Tidur

Biasanya, durasi minimum waktu tidur orang dewasa sekitar enam jam sehari. Itulah mengapa, pastikan untuk mencukupi waktu tidur yang tersita karena begadang.

Perlu diingat, tidur merupakan hak tubuh untuk beristirahat. Kamu bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Apabila dalam satu hari jatah tidur berkurang, penuhi segera. Terlebih jika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan serta mengantuk.

2. Camilan dan Minuman

Asupan saat begadang menentukan kondisi kesehatan untuk mendukung daya tahan saat begadang. Banyak orang keliru dengan memilih rokok, kopi, makanan kemasan, atau gorengan sebagai kuliner saat begadang.

Padahal, hal itu keliru. Lebih baik, pilih minuman teh ataupun makanan rebus. Makanan tinggi gula, seperti yang ada di dalam makanan kemasan serta minuman bersoda sebaiknya dihindari.

Selain itu, sebisa mungkin kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi, banyak sayur, dan buah. Hal itu karena kalau pola makan buruk, bisa merusak tubuh.

3. Penuhi Asupan Cairan

Nonton bola dini hari berarti kamu bangun pada saat waktu yang seharusnya kamu tidur. Berkegiatan pada waktu yang tidak semestinya membutuhkan asupan yang baik, satu di antaranya asupan air putih.

Sering kali juga, jika sudah seru menonton bola, kamu malah lupa semuanya, termasuk minum.

3 dari 4 halaman

Cara Aman Begadang Nonton Sepak Bola Piala Dunia 2022

4. Rutin Berolahraga

Olahraga disarankan sebagai persiapan jangka panjang saat begadang. Manfaat olahraga secara rutin adalah membuat kondisi tubuh lebih berstamina daripada biasanya. Dengan demikian, kamu akan memiliki daya tahan yang lebih baik.

5. Perhatikan Posisi Menonton

Ketika sedang seru menonton pertandingan bola, sering kali kamu terlena dan tidak memperhatikan posisi duduk. Pilih kursi yang nyaman sehingga badan kamu tidak pegal setelahnya.

6. Perhatikan Jarak Menonton

Cara tetap sehat, meski begadang selanjutnya adalah dengan memperhatikan jarak menonton. Sebaiknya jangan terlalu dekat karena dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Begadang Nonton Sepak Bola Piala Dunia 2022

7. Siapkan Waktu untuk Beristirahat Sejenak

Saat asik menonton bola, terkadang kamu lupa bahwa sudah berada di depan layar televisi atau gawai terlalu lama. Sebaiknya, berikan waktu istirahat sejenak untuk menghindari mata lelah dan pegal pada otot tubuh.

8. Lakukan Peregangan

Jika merasa pegal setelah menonton bola, kemungkinan kamu terlalu lama berada di posisi tertentu saat melihat televisi. Tidak ada salahnya melakukan peregangan otot ketika sedang menonton.

Selain kelelahan, risiko akibat begadang bisa memicu beragam masalah kesehatan, seperti dispepsia, mag, asma bronkiale, diabetes mellitus, hipertensi, stroke, dan serangan jantung.

Kelelahan bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Tubuh pun lebih mudah terinfeksi virus atau bakteri. Maka itu, diperlukan cara tepat dan sehat guna mengantisipasi risiko kesehatan dari begadang karena nonton bola.

9. Tidur Siang

Cara terbaik mengatasi rasa ngantuk adalah tidur. Satu di antara cara yang dapat dilakukan untuk menebus kekurangan tidur malam adalah dengan tidur di siang hari.

Namun, pastikan untuk membatasi waktunya tak lebih dari 25 menit. Tidur siang yang terlampau lama, misalnya lebih dari 40 menit, akan malah membuatmu gusar saat bangun dan justru merasa lebih lemas lagi.

Ā 

Disadur dari: Klikdokter.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer