Sukses


Daftar Camilan Sehat untuk Teman Nonton Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - Demam Piala Dunia saat ini sedang dirasakan oleh seluruh pencinta sepak bola di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Seperti diketahui, animo penonton sepak bola Indonesia terbilang tinggi, tak jarang mereka datang khusus ke stadion untuk mendukung tim kesayangan.

Namun, jarak yang jauh, membuat banyak pencinta sepak bola di Indonesia harus menikmati pertandingan Piala Dunia hanya lewat layar kaca.

Meski begitu, hal tersebut tak menjadikan semangat mendukung tim kecintaan menjadi surut. Ada banyak cara untuk menikmati pertandingan sepak bola di rumah, satu di antaranya dengan ditemani camilan.

Agar tubuh tetap sehat dan jauh dari gangguan kesehatan, tentunya kamu harus cermat dalam memilih camilan.

Ada berbagai camilan sehat yang bisa kamu jadikan pilihan. Selain bisa menjadi teman menonton serunya pertandingan Piala Dunia, camilan ini juga bisa membantu tubuhmu tetap sehat.

Berikut daftar camilan sehat untuk teman nonton Piala Dunia, disadur dari Klikdokter, Senin (21/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Camilan Sehat untuk Teman Nonton Piala Dunia

1. Cokelat Hitam

Apakah kamu pencinta cokelat? Jika ya, ada kabar baik untukmu! Para peneliti menyimpulkan, makan cokelat hitam yang kaya flavanol dalam jumlah yang sedang, baik untuk kesehatan jantung.

Rasanya yang manis pahit membuat cokelat hitam menjadi camilan yang terasa ringan dan tidak membuat enek.

Selain itu, camilan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kakao dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Senyawa dalam kakao yang disebut epicatechin dikatakan dapat meningkatkan nitric oxide, yaitu zat yang berperan untuk kesehatan pembuluh darah.

Namun, jangan sembarangan memilih cokelat. Pastikan pilih cokelat hitam dengan kadar kakao 70 persen. Hindari asupan cokelat susu yang berlebihan karena kandungan gula dan lemaknya tinggi.

2. Yoghurt

Dalam sebuah penelitian menunjukkan, yoghurt menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Yoghurt rendah lemak bisa menjadi pilihanmu untuk camilan selama menonton pertandingan Piala Dunia.

Produk olahan susu ini baik untuk kesehatan karena mengandung bakteri baik yang dapat menunjang kesehatan saluran pencernaanmu.

Dalam memilih yoghurt, pastikan kamu mengonsumsi yoghurt rendah lemak tanpa tambahan gula atau pemanis.

Untuk menambah kenikmatannya, kamu dapat menambah beberapa potong buah segar favorit seperti stroberi dan mangga. Bisa juga ditambahkan kacang-kacangan tanpa bumbu atau granola.

3 dari 4 halaman

Daftar Camilan Sehat untuk Teman Nonton Piala Dunia

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan kaya akan vitamin, mineral, dan kadar lemak jenuhnya rendah. Penelitian menunjukkan, orang yang makan kacang seperti kenari, almond, hazelnut, dan pistachio sebanyak 2-4 kali per minggu memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah dibanding orang yang makan lebih sedikit.

Namun, hindari camilan kacang yang diberikan perasa asin dan gula. Kandungan garam yang tinggi tidak baik bagi pengidap tekanan darah tinggi.

Jadi, pilih kacang yang direbus atau dipanggang sebagai pilihan camilan selama menonton pertandingan Piala Dunia. Ketika membeli camilan kacang di pasaran, teliti dan perhatikan kadar garam atau gula di dalamnya.

4. Apel

Ada pernyataan populer yang berbunyi, "makan satu buah apel per hari membuatmu jauh dari dokter". Ucapan tersebut bukan isapan jempol belaka.

Asupan apel yang rutin baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi apel secara teratur, risiko stroke akan menjadi lebih rendah.

Apel adalah buah yang dapat ditemukan dengan mudah dan terjangkau. Buah ini juga praktis dan dapat dibawa ke mana-mana, termasuk menjadi camilan lezat saat menikmati pertandingan Piala Dunia.

Namun, pastikan apel yang kamu pilih dan konsumsi sudah dicuci bersih agar terhindar dari kuman.

4 dari 4 halaman

Daftar Camilan Sehat untuk Teman Nonton Piala Dunia

5. Tuna dan biskuit

Satu di antara pilihan camilan yang dapat dikonsumsi saat menonton Piala Dunia adalah paduan antara tuna dan biskuit. Kedua hal ini merupakan kombinasi yang tepat dari karbohidrat, protein, dan lemak, yang dapat membuat seseorang merasa kenyang.

Menurut Angel Planells dari Academy of Nutrition & Dietetics, camilan jenis ini juga merupakan pilihan yang sehat.

6. Sayuran dengan hummus

Satu di antara pilihan camilan yang tidak kalah menarik untuk dikonsumsi saat menonton Piala Dunia adalah sayuran.

Sayuran tersebut dapat dikonsumsi secara langsung, tetapi juga dapat dipadukan dengan hummus, yang dapat meningkatkan cita rasa.

Hummus adalah hidangan khas dari kawasan Timur Tengah, berbentuk serupa pasta atau pure. Hidangan serupa bubur yang umumnya dimanfaatkan sebagai cocolan sayuran ini biasanya dibuat dari kacang chickpea yang digiling, dicampur dengan tahini (semacam wijen giling), minyak zaitun, air lemon, garam dan bawang putih.

Untuk membuat menu ini, jenis sayuran yang dapat dipilih mencakup wortel, bayam, brokoli, dan sebagainya. Hidangan ini kaya akan protein dari tanaman dan serat.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 19/12/2019)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer