Sukses


Daftar Makanan Penangkal Kantuk, Cocok buat Begadang Menonton Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - Saat ini Piala Dunia 2022 sedang berlangsung di Qatar. Untuk menyaksikan pertandingan sepak bola empat tahunan tersebut begadang jadi satu di antara keharusan.

Pasalnya, kita baru bisa menikmati pertandingan di malam hari, bahkan dini hari. Namun, keluhan yang kerap dialami seseorang saat begadang menonton pertandingan Piala Dunia 2022 ialah dilanda rasa kantuk.

Kondisi ini wajar terjadi, tetapi bisa bikin jengkel apalagi saat kamu sedang menyaksikan tim kesayangan bertanding.

Agar aktivitas menonton pertandingan Piala Dunia 2022 tak terganggu, perlu cara tersendiri untuk melawan rasa kantuk, satu di antaranya adalah menyiapkan makanan atau minuman yang membuatmu melek.

Mungkin sebagian besar dari kamu berpikir kopi merupakan satu-satunya makanan atau minuman yang dapat membuatmu tetap terjaga. Namun, selain kopi, ada beberapa makanan atau minuman lainnya yang juga dapat membuatmu kuat bedagang.

Berikut ini daftar makanan penangkal kantuk saat begadang menonton pertandingan Piala Dunia 2022, dijamin bikin mata melek, dikutip dari Health dan Medicalnewstoday, Selasa (22//11/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan Penangkal Kantuk

1. Air Putih

Ssatu di antara alasan kenapa rasa kantuk menghampiri adalah karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk itu, kamu perlu mengisi ulang cairan tubuh dengan air putih.

Mengonsumsi air putih dengan jumlah banyak setiap hari akan membantu detak jantung bekerja lebih baik, mengatasi dehidrasi, dan aliran darah menjadi lancar.

2. Yoghurt

Yoghurt bisa bantu menghilangkan kantuk yang kamu rasakan. Kandungan gula alami dan protein dalam yoghurt dapat membuat tubuh jadi lebih segar. Yoghurt juga bermanfaat untuk sistem pencernaan.

3. Apel

Apel ampuh mengusir kantuk. Fruktosa yang dikandung buah apel akan membuat tubuh tetap segar. Kamu pun mendapatkan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan Penangkal Kantuk

4. Teh

Secangkir teh bisa jadi solusi untuk mengusir kantuk. Apalagi jika kamu mengonsumsinya dengan air hangat. Secangkir teh hangat dapat mengaktifkan syaraf-syaraf otak yang kelelahan.

5. Telur

Telur memiliki jumlah kolin yang tinggi dan dapat mempercepat metabolisme tubuh. Hal ini membuatmu memiliki banyak energi untuk melawan kantuk.

6. Pisang

Bila kamu ingin tetap terjaga semalaman, pisang adalah makanan terbaik untukmu. Pisang memberikan energi instan untuk melawan kantuk di malam hari.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Penangkal Kantuk

7. Alpukat

Alpukat yang tidak manis, ideal untuk membuat tubuhmu tetap terjaga dan segar ketika begadang. Alpukat juga memiliki kandungan gula yang sedikit. Jadi, alpukat tidak membuatmu jadi gendut.

8. Kacang Almond

Kacang almond memiliki banyak nutrisi dan manfaat yang baik untuk tubuh. Kacang almond mengandung protein tinggi, serat, dan lemak sehat tak jenuh yang baik untuk kesehatan.

Kacang almond juga mengandung vitamin B yang akan diubah ketika masuk ke tubuh menjadi energi. Mengonsumsi segenggam kacang almond sebagai camilan saat menonton pertandingan Piala Dunia 2022 akan memberikan energi lebih untuk melawan kantuk.

9. Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah satu di antara makanan antikantuk yang bagus. Makin pekat dan hitam cokelat, makin banyak pula kandungan kafeinnya.

Mengonsumsi cokelat hitam juga dapat meningkatkan konsentrasimu, menurunkan hormon stres dalam tubuh, serta meningkatkan energi tubuh secara keseluruhan.

 

Sumber: Health, Medicalnewstoday

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer