Sukses


Kata Sapaan dalam Bahasa Jepang beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Kata sapaan dalam bahasa Jepang beserta artinya banyak dicari seiring makin tingginya minat terhadap "hal-hal berbau" Jepang di masyarakat Indonesia. 

Sudah sejak beberapa dekade terakhir budaya Jepang makin familier di Indonesia, yang masuk melalui berbagai hal seperti makanan, musik, serial televisi, gaya berpakaian, anime, dan sebagainya.

Kata sapaan tersebut juga bisa menjadi cara untuk belajar bahasa Jepang. Kamu bisa mulai menghafal beberapa kata sapaan yang banyak digunakan sehari-hari, seperti selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam.

Ucapan atau kata sapaan bahasa Jepang disebut aisatsu. Hampir dalam setiap kegiatan, masyarakat Jepang mengucapkan salam kepada orang lain.

Nah, agar kamu makin jago berbicar bahasa Jepang, kamu bisa memulainya dengan kata sapaan.

Berikut beberapa kata sapaan dalam bahasa Jepang beserta artinya, disadur dari Merdeka, Selasa (22/11/2022).

2 dari 5 halaman

Selamat Pagi

Kata ucapan "おはようございます" atau Ohayou gozaimasu berarti selamat pagi.

Biasanya ini diucapkan kepada siapa pun, termasuk tetangga, teman, guru, orang, atasan di kantor atau bahkan orang asing yang sedang berpapasan sekali pun di jalan.

Apabila kamu ingin mengucapkan selamat pagi kepada sahabat dekat, keluarga, atau pun juniormu, bisa dengan mengatakan "おはよう" atau Ohayou tanpa menggunakan kata akhiran Gozaimasu.

Pada umumnya, kata Ohayou ini juga diucapkan mulai dari bangun tidur sampai sebelum waktu menunjukkan jam 12 siang.

 

 

3 dari 5 halaman

Selamat Siang

Ketika waktu sudah menunjukkan siang hari, kamu bisa mengucapkan "こんにちは" atau Konnichiwa. Ini bisa diucapkan dan dilontarkan kepada siapa pun, termasuk kepada orang yang lebih tua atau bahkan senior sekali pun.

Konnichiwa tidak hanya memiliki arti selamat siang saja, tetapi juga berarti hari yang indah atau pun cerah. Pada umumnya ucapan ini akan digunakan ketika hari sudah mulai panas pada sekitar jam 12 siang hingga menjelang malam tiba.

Dalam bahasa Jepang, tidak ada frase yang khusus untuk pengucapan "selamat sore" jadi Konnichiwa juga bisa dilontarkan guna mengucapkan selamat sore kepada orang-orang di sekitarmu.

4 dari 5 halaman

Selamat Malam

Di malam hari, kamu bisa mengucapkan "こんばんは" Konbanwa kepada siapa saja sama selayaknya seperti konnichiwa.

Konbanwa biasanya diucapkan ketika hari sudah mulai terlihat gelap. Apabila di Indonesia biasanya waktu gelap ini dimulai dari sekitar jam 18.00 sampai esok hari. Akan tetapi, salam ini biasanya digunakan hanya untuk menyapa ketika akan memulai pembicaraan.

Perlu diketahui bahwa ucapan ini biasanya dilontarkan untuk membuka suatu percakapan, bukan untuk memberikan ucapan selamat tidur kepada seseorang.

5 dari 5 halaman

Selamat Tidur

Berikutnya adalah bahasa Jepang untuk mengucapkan selamat tidur kepada seseorang, yakni "おやすみ なさい" (Oyasumi Nasai) atau "おやすみ" (Oyasumi) yang dapat diartikan sebagai selamat tidur, atau selamat beristirahat.

Ungkapan atau ucapan ini biasanya digunakan untuk mengakhiri pembicaraan.

Bagi kamu yang ingin mengakhiri sebuah pembicaraan yang sudah dirasa cukup, bisa memberikan imbuhan ucapan ini.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Billy Adytya. Published: 5/7/2021)

Silakan klik tautan ini untuk artikel kata sapaan dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer