Sukses


Contoh-Contoh Soal Materi tentang Teks Ceramah, Lengkap beserta Kunci Jawabannya

Bola.com, Jakarta - Ceramah merupakan kegiatan menyampaikan informasi, pengetahuan, nasihat, dan lain-lain di depan khalayak tentang sesuatu yang bersifat aktual. Ceramah biasanya dilakukan oleh seseorang yang ahli di bidangnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.

Adapun isi teks ceramah biasanya berupa informasi tentang beragam kehidupan baik ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, maupun kesehatan. Isi tersebut bisa memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi pendengarnya

Teks ceramah juga mengandung pesan yang bertujuan untuk memberikan nasihat, petunjuk, atau petuah secara lisan. Ceramah bisa dilakukan secara langsung maupun menggunakan sarana komunikasi, seperti televisi, radio, dan internet.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu ceramah. Bagi kamu yang sedang mempelajarinya, bisa coba mengasah pengetahuan dengan mengerjakan contoh soalnya.

Berikut ini kumpulan contoh soal materi tentang teks ceramah dan kunci jawabannya, dilansir dari Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia, Selasa (22/11/2022).

2 dari 6 halaman

Contoh Soal Materi tentang Teks Ceramah

1. Jenis ceramah yang bertujuan untuk membujuk atau memengaruhi orang lain agar mau menerima ajakan yang disarankan secara sukarela adalah ceramah ...

A. Informatif

B. Persuasif

C. Rekreatif

D. Komunikatif

E. Edukatif

 

2. Cermati kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!

Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan ini saya akan membahas ,“Perlunya Keseimbangan Antara Kebutuhan Jasmani dan Rohani.” (1) Manusia terdiri atas jasmani dan rohani. (2) Jika keduanya terpisah, seseorang tidak dapat dikatakan hidup. (3) Baik jasmani maupun rohani keduanya membutuhkan makanan dan keduanya akan merasakan sakit dan sehat. (4). Makanan jasmani hendaknya sesuai dengan sifat jasmani itu sendiri, yaitu bersifat fisik atau materi, sedangkan makanan rohani, yaitu spiritual atau mental. (5) Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani.

Isu atau pengenalan masalah dalam kutipan tersebut dinyatakan dalam kalimat nomor ...

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

 

3. Kalimat persuasif dalam kutipan tersebut terdapat pada nomor ...

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

 

4. Cermati teks berikut!

Kepala SMA Indonesia Belajar mendapat kehormatan untuk membuka acara lomba pentas seni antarsekolah se-Kabupaten Sabang. Saat membuka acara tersebut, kepala sekolah menyampaikan sambutan,

Kalimat pembuka sambutan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A. Tujuan pelaksanaan lomba pentas ini untuk memeriahkan pekan olahraga dan seni di Kabupaten Sabang. Selain itu, untuk memacu siswa dalam menekuni olahrga dan karya seni.

B. Melalui lomba olahraga dan seni diharapkan pelajar lebih menyukai dan menekuni olahraga dan seni. Olahraga dan seni merupakan bidang yang dekat dengan pelajar.

C. Marilah kita panjatkan kepada Tuhan, atas rahmat dan hidayah-Nya, kita semua yang hadir di sini dapat berkumpul. Saya ucapkan selamat datang atas partisipasi kalian semua untuk memeriahkan acara pekan olahraga dan seni di Kabupaten Sabang tercinta ini.

D. Sedikit yang dapat saya sampaikan, saya selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih atas kehadiran anak-anak, bapak/ibu guru, serta pihak-pihak yang terlibat dalam acara ini.

E. Olahraga dan seni merupakan dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan anak-anak. Oleh karena itu, marilah kita dukung kegiatan anak-anak ini apalagi kegiatan ini sangat berkaitan erat dengan kebudayaan lokal kita.

 

5. Cermati kutipan berikut!

Hadirin yang terhormat dan adik-adikku tercinta,

Usia remaja adalah usia yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan masa depan kalian. Pada usia remaja kita harus benar-benar hati-hati dalam memilih pergaulan dan pendidikan. Jangan sampai usia remaja kita terbuang begitu saja tanpa makna. Banyak faktor yang memengaruhi remaja dalam pencapaian karakter mereka saat usia dewasa, biasanya faktor ini disebabkan oleh lingkungan atau masyarakat dan juga arah pergaulan mereka. Oleh karena itu, jika kita menginginkan kehidupan kita yang terbaik untuk masa depan adalah menggunakan waktu remaja kita dengan belajar dan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Solusi yang hendak disampaikan dari permasalahan tersebut adalah …

A. Pandai-pandailah dalam bergaul dengan lingkungan dan masyarakat.

B. Jangan sampai waktu kita terbuang dengan percuma dan tanpa makna.

C. Memilih pergaulan dan pendidikan yang sesuai dengan karakter yang dimiliki.

D. Belajarlah dan jangan sampai perkembangan masa depan terpengaruh lingkungan.

E. Gunakan waktu remaja kita dengan belajar dan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

3 dari 6 halaman

Contoh Soal Materi tentang Teks Ceramah

6. Bacalah teks berikut!

Hadirin yang saya hormati.

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Puji dan syukur kita panjakatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.

Topik pidato tersebut adalah …

B. Peringatan Sumpah Pemuda.

C. Mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau.

D. Merenungkan ikrar Sumpah Pemuda.

E. Pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928.

F. Bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.

 

7. Cermati kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 7 dan 8!

(1) Globalisasi berarti proses yang mendunia. (2) Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. (2) Misalnya, di bidang transportasi. (4) Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan yang bermotor, seperti mobil. (5) Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun.

Kalimat fakta dalam kutipan ceramah di atas ditunjukkan pada nomor …

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

 

8. Kutipan ceramah tersebut termasuk ke dalam bagian …

A. Pengenalan isu

B. Argumentasi

C. Saran

D. Rekomendasi

E. Penutup

 

9. Cermati kutipan berikut berikut!

(1) Hadirin yang berbahagia (2) Seperti kita ketahui, Pantai Senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas tersendiri, yaitu teluknya yang indah. (3) Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta dikelilingi pegunungan dengan bukit yang menghijau. (4) Keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru biru (blue coral). (5) Oleh sebab itu, aset yang tidak ternilai harganya kita jaga dan dan lestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Kutipan ceramah tersebut menjelaskan …

A. Pelestarian dan mengembangkan Pantai Senggigi.

B. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.

C. Pantai Senggigi merupakan aset wisata Pulau Lombok.

D. Keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan Pantai Senggigi.

E. Prospek pengembangan objek wisata Pantai Senggigi di Pulau Lombok.

 

10. Cermati kutipan teks berikut!

Indonesia modern tetap membutuhkan kehadiran pahlawan bangsa. Namun, pahlawan yang tidak lagi berperang dengan bambu runcing. Bukan lagi pahlawan yang siap mati untuk sebuah ideologi perjuangan. Akan tetapi, pahlawan yang berikhtiar membawa Indonesia keluar dari keterpurukan dan meningkatkan martabat bangsa. Itulah pahlawan-pahlawan masa depan. Pahlawan yang dinanti-nantikan.

Informasi penting yang disampaikan pada kutipan ceramah tersebut adalah …

A. Indonesia modern membutuhkan kehadiran pahlawan yang meningkatkan martabat bangsa.

B. Indonesia modern membutuhkan pahlawan-pahlawan yang siap untuk sebuah ideologi perjuangan.

C. Pahlawan yang berikhtiar membawa Indonesia keluar dari keterpurukkan dibutuhkan Indonesia modern.

D. Pahlawan-pahlawan masa depan adalah para generasi penerus yang saat ini sedang sibuk belajar.

E. Indonesia modern merindukan pahlawan yang dapat mengatasi segala permasalahan bangsa.

4 dari 6 halaman

Contoh Soal Materi tentang Teks Ceramah

11. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang "sabar". Sabar berasal dari kata "sobaro-yasbiru", yang artinya menahan. Menurut istilah, sabar adalah menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa. Sabar adalah pilar kebahagian seorang hamba, karena dengan kesabaran seseorang akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Sabar merupakan ajaran yang banyak sekali disinggung dalam Al-Qur'an maupun hadis, sehingga manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalam kehidupannya. Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dihadapinya demi mendapat balasan yang baik di akhirat.

Potongan teks ceramah tersebut termasuk struktur bagian …

A. Pendahuluan

B. Isi

C. Penutup

D. Interpretasi

E. Orientasi

 

12. Perhatikan kalimat berikut!

Selamat pagi, audien yang saya hormati dan saya cintai.

Kalimat tersebut termasuk pada struktur bagian …

A. Pendahuluan

B. Isi

C. Penutup

D. Orientasi

E. Abstrak

 

13. Bacalah teks berikut!

Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah Swt. Atas segala nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar adalah nikmat iman dan islam. Selawat serta salam tak lupa kita sanjungkan kepada nabi Muhammad saw.

Teks di atas termasuk pendahuluan yang berupa …

A. Salam pembuka

B. Ungkapan terima kasih

C. Judul

D. Tema

E. Pengenalan topik

 

14. Sesuatu yang tidak perlu disebutkan dalam ceramah adalah …

A. Topik

B. Tema

C. Judul

D. Materi

E. Opini

 

15. Poin yang harus ada dalam penutup, kecuali …

A. Kesimpulan

B. Ungkapan penutup

C. Ungkapan terima kasih

D. Ungkapan pembuka

E. Salam penutup

5 dari 6 halaman

Contoh Soal Materi tentang Teks Ceramah

16. Satu di antara jenis paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca disebut …

A. Informatif

B. Argumentatif

C. Persuasif

D. Rekreatif

E. Konjungsi

 

17. Persuasif artinya …

A. Mengajak

B. Memberitahu

C. Manfaat

D. Perilaku

E. Kehidupan

 

18. Perhatikan teks berikut!

Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya. Wabilahi taufik wal hidayah, waridho wal inayah wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Teks tersebut termasuk struktur bagian …

A. Pendahuluan

B. Isi

C. Penutup

D. Orientasi

E. Abstrak

 

19. Perhatikan kutipan berikut!

(1) Berbahasa santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap orang sejak kecil. (2) Anak perlu dibina dan dididik berbahasa santun. (3) Apabila dibiarkan, tidak mustahil rasa kesantunan itu akan hilang. (4) Jika rasa kesantunan tersebut hilang, anak-anak akan menjadi orang yang arogan, kasar, dan jauh dari nilai-nilai etika dan agama. (5) Tentu saja, kondisi itu tidak diharapkan oleh orangtua dan masyarakat manapun.

Berdasarkan kutipan di atas, yang termasuk kata kerja mental yaitu ...

A. Bahasa

B. Santun

C. Apabila

D. Diharapkan

E. Kesantunan

 

20. Perhatikan ilustrasi berikut!

Jika masuknya budaya asing tidak diimbangi dengan mencintai budaya sendiri, maka budaya Indonesia akan tergerus dan terkikis, hanya meninggalkan jejak. Oleh karena itu, pentingnya kesadaran akan budaya lokal untuk mengukuhkan ketahanan budaya sendiri. Untuk menjaga supaya begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana pengangguran, maka pada kesempatan ini Bapak selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.

Kaidah kebahasaan pada teks di atas adalah ...

A. Kata kerja mental

B. Kata persuasif

C. Hubungan argumentasi

D. Kata ganti jamak

E. Kata-kata teknis

6 dari 6 halaman

Kunci Jawaban

1. B

2. A

3. E

4. C

5. E

6. D

7. D

8. B

9. C

10. A

11. A

12. A

13. B

14. E

15. D

16. C

17. A

18. C

19. D

20. C

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel contoh soal lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer