Sukses


Cara Ampuh Memulai Bisnis Online yang Bisa Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Saat ini bisnis online menjadi satu di antara tren yang dilakukan banyak orang. Satu di antara daya tariknya, penjual tidak perlu repot-repot mempunyai lapak fisik atau bahkan kios untuk menjual barang dagangannya.

Para penjual juga bisa menjajakan dagangannya dari mana saja, tidak terpaku oleh satu tempat ataupun waktu.

Barang ataupun jasa yang ditawarkan beragam dengan persaingan harga yang terbilang sangat ketat.

Dalam mendirikan bisnis online, seseorang tentu perlu mempelajari caranya agar lancar dalam menjalankan serta mendapatkan hasil secara maksimal.

Ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda jadikan referensi sebelum mendirikan bisnis online, terutama bagaimanan cara agar Anda tidak menghadapi kerugian.

Berikut macam-macam cara ampuh memulai bisnis online yang bisa dipraktikan, dikutip dari laman Duniakaryawan, Rabu (23/11/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Cara Ampuh Memulai Bisnis Online

1. Pilih Sistem Penjualan

Di era digital seperti sekarang tentu memudahkan dalam menjangkau apa pun, tidak terkecuali dalam pembuatan bisnis yang mengharuskan transaksi jual beli.

Satu di antara sistem penjualan yang kini banyak digunakan para pelaku bisnis online di awal usahanya adalah menjadi dropshiper. Sistem ini membuat Anda tidak harus menyimpan stok barang yang dijual. Biarkan suplier atau penjual utama yang melakukannya.

Cara ini hanya mengharuskan Anda untuk mencari pembeli, sedangkan urusan dalam pengiriman barang sepenuhnya menjadi urusan distributor.

2. Bangun Website

Jika pada awal memulai bisnis tidak memiliki modal yang banyak, Anda bisa memilih untuk tidak menggunakan sistem dropshiper.

Anda bisa memilih untuk melakukan stok dan pengiriman Anda sendiri. Hal itu bisa membuat kredibilitas dan kepercayaan Anda dari pelanggan menjadi tinggi.

Untuk itu, Anda harus mulai membangun website yang menjadi etalase jualan Anda di dunia online. Website merupakan pusat dari aktivitas bisnis online Anda serta menjadi tempat penyimpanan data konsumen yang suatu saat pasti akan Anda butuhkan.  

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Cara Ampuh Memulai Bisnis Online

3. Tetapkan Produk yang Akan Dijual

Sebelum memulai sebuah bisnis online, Anda perlu menentukan barang apa yang akan dijual. Carilah produk yang menarik dan paling dicari oleh masyarakat luas.

Anda bisa mencari inspirasi dengan melakukan riset kecil-kecilan atau menanyakan orang di sekitar, barang apa yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang.

Namun, perlu diingat, persaingan untuk menjualnya pasti tidak akan mudah karena ada banyak orang yang punya pemikiran sama. Itulah mengapa, pikirkan dengan matang produk yang akan Anda jual sebagai penambah penghasilan.

Anda dapat memilih barang dengan dua kategori. Pertama, barang yang sedang tren, dan kedua, barang yang tidak mudah basi atau penggunaannya yang bersifat long time.

4. Pilih Rekan yang Tepercaya

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memilih rekan yang tepercaya serta memiliki pandangan yang sama dengan yang Anda miliki. Selain itu pilihlah orang yang berkualitas. Makin berkualitas rekan yang Anda pilih, makin mudah pula Anda menjalankan bisnis online.

Samakan presepsi dan visi-misi dalam menjalankan bisnis, hal tersebut bisa menghindarkan Anda dari keributan ketika bisnis sudah mulai berjalan.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Cara Ampuh Memulai Bisnis Online

5. Buat Rekening Baru Khusus Bisnis Anda

Banyak orang yang memulai bisnis online dengan mencampuraduk keuangan dalam satu rekening. Hal tersebut akan membuat usaha Anda sulit untuk maju karena Anda akan sulit untuk mengetahui seberapa jauh penghasilan yang Anda dapat dari bisnis.

Maka itu, saat memulai bisnis online, buatlah rekening baru yang Anda khususkan hanya untuk bisnis. Bedakan dengan rekening payroll atau tagihan bulanan Anda.

6. Memiliki Komitmen

Setelah berbagai persiapan yang Anda lakukan untuk membuat bisnis online, jangan lupa untuk memiliki komitmen yang tinggi, terlebih lagi ini bukan pekerjaan Anda satu-satunya.

Saat Anda harus tetap bekerja di kantor dan di waktu yang bersamaan harus menjalankan bisnis online, Anda perlu berkomitmen untuk membagi waktu.

Selain itu, waktu libur di akhir pekan Anda akan berkurang karena bisnis online tidak mengenal waktu libur dan terus berjalan setiap saat.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Cara Ampuh Memulai Bisnis Online

7. Membuka Jaringan Media Sosial

Setelah membuat website untuk bisnis online yang akan dijalankan, hal yang perlu dilakukan adalah membuka jaringan media sosial.

Media sosial menjadi tempat di mana Anda mempromosikan barang-barang yang akan dijual di website. Media sosial menjadi cara paling mudah dalam menjaring banyak pelanggan.

Buatlah akun dengan nama toko online atau website Anda. Jangan hanya di satu media sosial, tetapi di banyak platform. Media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dan YouTube.

8. Sebarkan Barang di Marketplace

Tidak cukup hanya melalui media sosial dan website, untuk memperlancar dan memperluas jaringan bisnis, Anda perlu menyebarkan barang dagangan di berbagai macam marketplace.

Saat website Anda belum banyak diketahui publik, marketplace menjadi alat yang pas untuk mendongkrak penjualan sekaligus menjadi sarana untuk membuat masyarakat menyadari kehadiran toko online milik Anda.

Pastikan produk yang Anda jual dan pajang di marketplace mendorong pelanggan untuk mendatangi dan membuka website yang Anda miliki.

 

Sumber: Duniakaryawan

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer