Sukses


Macam-Macam Cara Ampuh untuk Menjaga Hubungan dengan Pacar

Bola.com, Jakarta - Dalam menjalin hubungan percintaan dengan kekasih hati atau pacar, tentu kita ingin hubungan tersebut berjalan dengan langgeng, bahkan hingga jenjang pernikahan.

Meski tak dapat dimungkiri, sebuah hubungan percintaan akan diliputi dengan liku, di mana adakalanya kita bahagia, adakalanya kamu bertengkar.

Akan tetapi, yang terpenting adalah tetap menjaga komitmen dan menjaga kepercayaan satu sama lain sehingga hubungan bisa berjalan awet.

Terkadang hal seperti bagaimana Anda berkomunikasi dengan pasangan dan sebaliknya, bisa menyebabkan hubungan rusak sehingga coba untuk mengerti satu sama lain lebih dalam, lebih saling menghormati dan menghargai.

Lalu, bagaimana cara tepat untuk menjaga hubungan dengan pacar agar tetap harmonis dan terhindar dari konflik yang bisa menjadi penyebab kandasnya hubungan?

Berikut macam-macam cara ampuh untuk menjaga hubungan dengan pacar, seperti dikutip dari Lifehack dan Cartedwithlove, Kamis (24/11/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Cara Ampuh untuk Menjaga Hubungan dengan Pacar

1. Selipkan Humor dalam Percakapan

Hubungan yang harmonis dan baik tidak melulu harus diisi dengan hal-hal yang serius saja. Tanpa disadari, terlalu serius bisa membahayakan keharmonisan hubungan yang Anda jalin.

Maka itu, coba untuk lebih sering menyelipkan candaan atau humor ringan yang bisa menambah kedekatan Anda dan pasangan, yang pada akhirnya bisa membuat Anda berdua makin harmonis dan tak terpisahkan.

Lebih dari itu, humor yang baik bisa menjadikan Anda sepasang kekasih yang kompak.

2. Pergi Berlibur

Coba untuk sesekali melakukan perjalanan liburan tanpa pasangan Anda. Mungkin Anda bisa berlibur bersama teman, keluarga, atau kolega terdekat.

Menikmati suasana pantai atau kesejukan udara gunung bisa menurunkan tingkat stres yang Anda miliki. Saat kembali dari liburan, Anda akan lebih antusias bertemu pasangan dan menjalani hubungan dengan lebih romantis serta harmonis.

3. Beri Tahu Pasangan Mengapa Anda Mencintainya

Memberikan kata-kata romantis setiap saat kepada pasangan bisa membuat hubungan yang dijalani menjadi makin lengket dan harmonis.

Katakan pada pasangan Anda bahwa Anda mencintainya, tetapi jangan berhenti di situ. Katakan juga pada pasangan mengapa Anda mencintainya, berikan alasan terbaik maka hubungan akan menjadi lebih hangat dan harmonis sepanjang waktu.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Cara Ampuh untuk Menjaga Hubungan dengan Pacar

4. Berkomunikasi secara Terbuka

Penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi lebih penting daripada komitmen atau janji yang hanya diucapkan. Hal ini sangat memengaruhi keharmonisan hubungan yang sedang dijalani.

Pasangan yang harmonis tidak menghindari konflik, tetapi tahu bagaimana menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. Pasangan harmonis tahu bahwa percakapan terbaik terjadi saat tidak ada rahasia satu sama lain.

5. Menjadi Pendengar yang Baik

Setiap orang pasti menyukai dan mengidamkan pasangan yang bisa mendengarkan dalam setiap kondisi. Hal tersebut bisa membuat pasangan terhindar dari stres dan depresi sehingga terjalin hubungan yang harmonis.

Meski adakalanya Anda dan pasangan sama-sama sibuk dengan pekerjaan masing-masing, coba untuk selalu bertanya keadaan pasangan dan dengarkan keluh kesah pasangan Anda dalam menyikapi kehidupan.

6. Jangan Lupakan Hal-hal Kecil

Mengatakan 'tolong' dan 'terima kasih' seharusnya sudah menjadi hal yang tidak pernah dilupakan. Tata krama itu penting, bahkan dengan orang yang telah bersama Anda, misalnya selama lebih dari 10 tahun.

Berikan rasa hormat yang sama kepada pasangan Anda seperti yang Anda lakukan kepada tamu yang berkunjung. Ucapkan 'tolong' dan 'terima kasih', lakukan percakapan yang sopan dan sesekali Anda bisa membuatkan pasangan secangkir teh hangat. 

Beberapa sopan santun mempertahankan budaya saling menghormati.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Cara Ampuh untuk Menjaga Hubungan dengan Pacar

7. Makan Bersama

Terkadang meja makan adalah tempat yang sangat tepat untuk mengutarakan betapa cintanya Anda kepada pasangan. Terlebih lagi Anda makan bersama dengan keluarga besar.

Ajak sesekali pasangan Anda untuk makan bersama dengan keluarga. Saat makan bersama pada satu meja, berbagai percakapan dan tawa akan terjadi, yang pada akhirnya akan membuat hubunganmu dengan pasangan terjalin makin harmonis.

8. Tepati Janji

Hubungan harmonis bisa dicapai dengan sesederhana, yakni senantiasa menepati setiap janji-janji yang Anda buat. Tidak ada orang yang ingin berurusan dengan seorang pembohong dan pengingkar.

Bila dari awal Anda sudah ragu bisa menepati suatu janji atau tidak, lebih baik jangan paksakan berjanji daripada harus mengingkarinya sekali, dua kali, atau lebih dari itu.

Ketika Anda ingkar janji maka akan selalu ada konsekuensi di baliknya – entah membuat pasangan marah, kecewa, jengkel, hingga yang lebih parah, tidak lagi percaya terhadap Anda.

9. Hindari Ego Satu Sama Lain

Tidak bisa dimungkiri, memiliki ego yang tinggi adalah sifat dasar manusia. Ego yang terlalu tinggi dan tidak bisa dibatasi bisa merusak hubungan dan membuatnya tidak harmonis.

Jika Anda dan pasangan sama-sama memiliki ego yang tinggi, salah seorang dari Anda harus ada yang menghalah. Hal tersebut untuk menghindarkan diri dari pertengkaran yang bisa membuat hubungan menjadi rusak.

 

Sumber: Lifehack, Cratedwithlove

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Mencoba transportasi Doha Metro

Video Populer

Foto Populer