Sukses


Bacaan Doa untuk Upacara Bendera Hari Guru Nasional 2022

Bola.com, Jakarta - Doa peringatan Hari Guru Nasional dibacakan saat upacara bendera. Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November atau saat HUT PGRI.

Adapun tema utama peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 adalah 'Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar'.

Peran dan jasa guru dalam pendidikan Indonesia sungguh besar. Satu di antara bentuk penghargaan terhadap jasa guru adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional.

Seperti upacara pada umumnya, satu di antara susunan acara yang ada dalam upacara Hari Guru Nasional adalah pembacaan doa oleh petugas. Pembacaan doa pada upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional 2022 akan dibacakan secara agama Islam.

Teks doa pada upacara Hari Guru Nasional dibacakan dengan tujuan untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari berbagai masalah hidup.

Berikut ini bacaan doa peringatan Hari Guru Nasional 2022 yang bisa dibacakan saat upacara bendera, dilansir dari laman kemdikbud.go.id, Kamis (24/11/2022).

2 dari 2 halaman

Doa Upacara Bendera Hari Guru Nasional 2022

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُكَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

 

Yaa Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Segala puji serta syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan. Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, pada saat berbahagia nan khidmat ini kami berhimpun dalam mengikuti upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022 seraya berdoa dan berserah diri kepada-Mu yaa Rabb.

Ya Allah Ya Aziiz ya Adhim (Zat yang Maha Perkasa lagi Maha Agung)

Jadikanlah Hari Guru Nasional Tahun ini sebagai momentum untuk melakukan refleksi diri agar terus meningkatkan kompetensi serta kualitas pembelajaran semata-mata demi mendidik putra-putri kami menjadi Pelajar Pancasila yang unggul, maju, berbudi pekerti luhur, dan berdaya saing.

Ya Allah ya Jabbar Zat yang Maha Kuasa,

Berikanlah kepada para guru-guru kami petunjuk-Mu yang nyata, ketajaman mata hati, kesabaran yang membaja, kerendahan hati, keikhlasan, dan rasa syukur yang tinggi dalam berkarya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Kukuhkan kesungguhan kami, bersihkan hati kami agar kami mampu mencari solusi dari setiap persoalan dan tantangan, serta bersikap bijak atas kekurangan.

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim

Muliakan guru-guru kami. Kami sangat mendambakan guru-guru kami menjadi pendidik-pendidik sejati yang dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat. Sosok teladan yang selalu mendidik dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, menebar semangat dan inspirasi bagi sekitarnya sehingga terlahir orang-orang hebat untuk mewujudkan peradaban Indonesia yang unggul dan mulia.

Yaa Allah yang Maha Pengampun

Ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa Bapak dan Ibu kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, serta dosa para pendahulu kami. Janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau khilaf, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami, janganlah engkau bebankan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Allahumma Ya Allah Ya Hadi, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk

Tunjukkanlah yang benar itu tampak benar dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat melaksanakannya, dan tunjukkanlah yang salah tampak salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat menjauhinya., sebagaimana jalannya orang-orang yang Engkau berikan kenikmatan dan bukan jalannya orang-orang tersesat yang Engkau hinakan. sehatkan kami, kuatkan dan bahagiakan kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami.

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer