Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Sering Berbohong yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang senang jika menemukan sahabat, keluarga, teman, atau pasangannya berbohong.

Seperti diketahui, berbohong adalah tindakan tercela. Meski begitu, hampir semua orang di dunia ini, sadar atau tidak, pasti pernah berbohong.

Berbohong biasanya dilakukan seseorang saat terdesak dalam sebuah masalah agar dipuji orang lain atau untuk menutupi kekurangan.

Terlepas dari itu, kebiasaan berbohong akan memberikan dampak buruk dan merugikan diri sendiri serta orang lain. Namun, kita tidak selalu menyadari dampak buruk dari berbohong.

Maka itu, kamu perlu memahami dampak buruk dari kebiasaan berbohong supaya terhindar dari hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Berikut ini macam-macam dampak buruk memiliki kebiasaan berbohong yang jarang diketahui, dikutip dari laman Nibiobank dan Duniamasa, Jumat (25/11/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Memiliki Kebiasaan Berbohong

1. Sulit Dipercaya Orang Lain

Seperti diketahui, tidak ada orang yang suka dibohongi. Orang yang terbiasa berbohong akan dicap buruk dari orang lain. Orang lain enggan mengajaknya bekerja sama, bahkan berteman sekali pun karena sifat suka berbohong itu.

2. Selalu Merasa Cemas

Orang berbohong akan merasa cemas dan khawatir apabila kebohongannya terungkap. Hal itu bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman dan bisa berdampak buruk bagi kondisi mental seseorang, kualitas tidur menurun, produktivitas kerja, sering salah dalam berbicara, dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Memiliki Kebiasaan Berbohong

3. Menjadi Kebiasaan Buruk

Orang yang terbiasa berbohong akan terus merangkai kata palsu agar kebohongannya tidak terungkap. Apabila tidak dicegah, dikhawatirkan akan menjadi kebiasaan buruk dan susah untuk dihilangkan.

4. Menimbulkan Masalah Baru

Tak hanya menimbulkan kebohongan lainnya, sikap berbohong akan memperumit masalah hidup kita. Sebab, setiap perbuatan, baik atau buruk pasti akan berimbas pada hidup kita.

Begitu juga dengan kebohongan, akan menimbulkan masalah baru dalam hidup kita seperti sulit dipercaya, kehilangan teman, dijauhi saudara, karier yang buruk, dan masih banyak lagi. Seperti kata pepatah, hanya karena 'nila settitik rusak susu sebelanga'.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Memiliki Kebiasaan Berbohong

5. Menjadi Agresif

Seseorang yang suka berbohong dalam kesehariannya bisa menjadi penyakit bagi dirinya sendiri. Orang tersebut akan menaruh curiga kepada orang lain, bahkan berhalusinasi. Sebab, ia menganggap orang lain juga akan melakukan kebohongan yang sama terhadap dirinya.

Dari perasaan curiganya ini akan memunculkan sikap agresif yang ditunjukkan kepada orang lain.

6. Jati Diri yang Hilang

Dampak buruk berbohong yang terakhir ialah kehilangan jati diri. Orang yang berbohong biasanya akan lebih memikirkan apa yang menjadi pandangan orang lain sehingga berpikir bahwa harus bisa memenuhi ekspektasi orang lain, meski harus dilakukan dengan cara berbohong.

 

Sumber: Nibiobank, Duniamasa

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Mencoba transportasi Doha Metro

Video Populer

Foto Populer