Sukses


Contoh Surat Pribadi yang Cocok Diberikan saat Peringatan Hari Guru Nasional

Bola.com, Jakarta - Jasa guru yang telah diberikan kepada murid-muridnya begitu besar. Guru bertanggung jawab untuk mendidik murid, tidak hanya dari sisi akademi, tetapi juga agar mempunyai sikap dan berperilaku baik.

Bahkan banyak yang menganggap bahwa guru adalah orang tua siswa saat berada di sekolah. Itulah mengapa sebagai murid, kita harus menghormati guru.

Pada momen Hari Guru Nasional 25 November, tidak ada salahnya untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada para guru tercinta lewat surat pribadi.

Dalam surat pribadi tersebut tentu berisi pesan, kesan, serta makna yang mendalam sehingga dapat membuat para guru terharu saat mendengarnya.

Dengan begitu, para guru menjadi lebih senang dan bersemangat dalam menjalani profesinya sebagai tenaga pendidik.

Berikut ini beberapa contoh surat pribadi yang cocok diberikan untuk menyemarakkan Hari Guru Nasional, dikutip dari laman Gurupenyemangat, Kamis (24/11/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Surat Pribadi untuk Guru 1

Nomor: 001/25/11/2022

Perihal: Surat Cinta untuk Guruku Tersayang

Lampiran: Sekuntum Bunga

Kepada Yth Guruku Terkasih

Di Tempat

 

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh

Dengan hormat,

Tiada kata yang pantas saya ucapkan selain doa tulus untuk kesehatan dan keselamatanmu, duhai Guruku.

Melalui surat sederhana ini, saya ingin menyampaikan ucapan permohonan maaf atas segala sikap, tindakan, serta perilaku yang kurang baik. Saya menyadari bahwa selama dididik oleh Bapak/Ibu guru, sering kali membantah perkataan, ribut di kelas, bahkan sengaja tidak mengerjakan tugas.

Duhai guruku tersayang, bagi saya hal-hal tersebut sungguh sangat sepele, tapi dari hal-hal yang remeh tersebutlah saya bisa belajar tentang pentingnya perilaku disiplin, tanggung jawab, serta melaksanakan amanah.

Duhai guruku tercinta. Tiada ucapan seindah doa untukmu karena engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa. Benar-benar pahlawan yang mengajariku baca tulis hitung, mengenalkan kepadaku tentang luasnya dunia, juga mengajarkanku tentang ketulusan sejati.

Kepada guruku tercinta, demikianlah surat ini saya sampaikan. Sambutlah hari bahagiamu, Hari Guru Nasional dengan penuh sukacita. Semoga Allah Swt. membalas kebaikanmu dengan pahala yang tiada putus-putusnya.

Selamat Hari Guru Nasional untuk guruku tercinta.

Wassalamu'alaykum warahmatulah wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Surat Pribadi untuk Guru 2

Nomor: 002/25/11/2022

Perihal: Surat Ucapan Terima Kasih untuk Guru

Lampiran: Sebait Puisi

Kepada Yth, Guruku Tercinta

Di Tempat

 

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh.

Dengan hormat,

Semoga kebahagiaan dan kesehatan selalu tercurah untuk guruku tercinta di mana pun berada.

Bersama surat ini, saya atas nama ... ingin menyampaikan terima kasih atas segenap jasa dan pengorbanan yang Bapak/Ibu guru berikan. Setiap hari saya dididik, dibina, serta diberi semangat agar lebih dekat menuju impian dan cita-cita.

Hari ini merupakan momen bahagia bagi para pengajar dan pendidik Indonesia dengan tajuk Hari Guru Nasional. Saya berharap, kebahagiaan akan terus mengalir laksana aliran sungai yang memberikan kesejukan dengan tiada putus-putusnya.

Apalah jadinya saya tanpa seorang guru. Sungguh bukan apa-apa diri ini jika tidak ada jasa seorang pelita penerang atas gelapnya impian.

Duhai guruku tercinta, pada momentum yang berbahagia ini, saya pun ingin mengucapkan beribu maaf atas segala kesalahan baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Semoga Bapak/Ibu guru rida untuk memaafkan dan semoga Allah membalas kebaikanmu dengan pahala berlipat ganda.

Demikianlah surat ucapan terima kasih ini saya sampaikan untuk guru tercinta. Surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan tulus dari hati, tanpa ada paksaan dari seorang pun.

Selamat Hari Guru Nasional. Semoga engkau sehat dan bahagia selalu.

Wassalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Surat Pribadi untuk Guru 3

Nomor: 003/25/11/2022

Perihal: Surat dari Murid dalam Rangka Hari Guru

Lampiran: Buket Bunga

Kepada Yth Guruku Tercinta

Di Tempat

 

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh.

Dengan hormat,

Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan untuk guruku tercinta di mana pun berada.

Melalui surat yang amat sederhana ini, saya atas nama Nesya ingin menyampaikan sepatah dua patah ucapan dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional Tahun 2022.

Sebagai muridmu yang nakal dan senantiasa menghabiskan keringatmu, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segunung ilmu yang engkau ajarkan, atas kebaikan yang engkau bagikan, juga atas mulianya adab yang engkau tunjukkan.

Duhai guruku tercinta, engkau telah mengajarkan kami dengan teladan, dengan perilaku yang tidak sekadar kata dan teori, serta tentang pentingnya kesabaran dan ketulusan. Sungguh, engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa yang tiada yang patut ditiru.

Duhai guruku tersayang, sebagai muridmu yang kadang bolos dan enggan mengerjakan PR, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan yang ceroboh, atas kemalasan, serta membentakmu yang sudah rela berlelah-lelah untuk mengajariku. Sungguh, engkaulah lilin yang rela membakar dirimu sendiri demi bisa menerangi kami para siswa.

Duhai guruku, demikianlah sepotong surat sederhana ini saya hadiahkan untukmu. Semoga Ibu sehat selalu dalam perlindungan-Nya. Wassalamu'alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

 

Salam,

 

Nesya

 

Sumber: Gurupenyemangat

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Mencoba transportasi Doha Metro

Video Populer

Foto Populer