Sukses


Macam-Macam Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Bola.com, Jakarta - Macam-macam penyakit akibat kolesterol tinggi perlu kamu ketahui sehingga kamu dan orang-orang terdekatmu bisa menghindarinya.

Kolesterol tinggi atau dislipidemia adalah ketakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol.

Kolesterol dalam bahasa awam disebut juga dengan lemak darah. Kolesterol diperoleh tubuh melalui makanan, tetapi bisa juga diproduksi sendiri di dalam tubuh dalam jumlah tertentu.

Belakangan ini makin banyak orang terkena kolesterol tinggi. Selain disebabkan genetik atau faktor keturunan, gaya hidup makin memperbesar peluang terkena kolesterol tinggi.

Gaya hidup tersebut termasuk pola makan yang tidak sehat dan kurang berolahraga.

Kolesterol dalam jumlah pas dibutuhkan tubuh sebagai bahan baku pembuatan hormon, membran sel, vitamin D, dan cairan empedu. Sebaliknya, kadar kolesterol yang terlalu tinggi tidak baik karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Maka itu, penting bagi kamu untuk menjaga kadar kolesterol, terutama LDL, di batas aman.

LDL adalah kolesterol jahat yang merupakan penyebab utama dari penyakit jantung koroner. Kolesterol jahat ini dapat menempel pada dinding pembuluh darah.

Berikut macam-macam penyakit akibat kolesterol tinggi, disadur dari Klikdokter, Senin (28/11/2022).

2 dari 3 halaman

Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

1. Ateroskerosis

Satu di antara komplikasi yang dapat terjadi pada pengidap kolesterol tinggi adalah plak lemak (dalam dunia kedokteran disebut aterosklerosis).

Awalnya, plak lemak terbentuk karena tingginya kadar LDL dalam darah. LDL ini akan menumpuk di dinding pembuluh darah, dan akan bertambah sampai menyumbat pembuluh darah.

2. Penyakit Jantung Koroner (PJK)

PJK terjadi ketika sumbatan plak lemak membuat diameter pembuluh darah menyempit sehingga oksigen dan makanan yang dapat melalui pembuluh darah untuk sampai ke otot jantung menjadi menipis.

Akibatnya, ketika melakukan aktivitas sedang-berat yang memerlukan asupan oksigen dan makanan yang lebih banyak, otot jantung mengalami kekurangan oksigen (iskemia) sehingga menimbulkan nyeri angina yang khas di dada. 

Ketika sumbatan tersebut menjadi total maka terjadilah kematian otot jantung yang menyebabkan serangan jantung, sehingga terjadilah penyakit jantung koroner yang membutuhkan perawatan dokter.

 

3 dari 3 halaman

Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

3. Penyakit Arteri Perifer

Jika terjadi di pembuluh darah tungkai, dapat terjadi penyakit arteri perifer.

Gejalanya adalah nyeri pada satu atau kedua paha setelah beraktivitas, kesemutan dan lemah pada kaki, dingin pada kaki, perubahan warna pada kaki, disfungsi ereksi pada pria, dan lainnya.

4. Stroke

Sumbatan pada pembuluh darah akibat kolesterol tinggi dapat terjadi di pembuluh darah seluruh tubuh, termasuk di otak. Jika sumbatan terjadi pada otak maka dapat terjadi stroke.

5. Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi juga berhubungan dengan kolesterol tinggi. Ketika pembuluh darah mengeras dan menyempit akibat adanya plak kolesterol, jantung berusaha untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Pada akhirnya, tekanan darah menjadi tinggi.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/5/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel kesehatan dari berbagai tema lain.

 

Video Populer

Foto Populer